Awas Diblokir, Berikut Jadwal dan Cara Ganti Kartu ATM Magnetik Menjadi Chip di 11 Bank

Awas Diblokir, Berikut Jadwal dan Cara Ganti Kartu ATM Magnetik Menjadi Chip di 11 Bank

Awas Diblokir, Berikut Jadwal dan Cara Ganti Kartu ATM Magnetik Menjadi Chip di 11 Bank

 

Apakah kartu debit Anda masih berupa strip magnetik? Segera ganti dengan chip saat ini. Jika tidak, bersiaplah untuk diblokir.

Hal ini sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Bank Indonesia (BI). Melalui Publikasi No. 17/52/DKSP tentang Penerapan Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan 6 digit NPWP untuk Kartu ATM atau Debit yang diterbitkan di Indonesia.

Dengan kata lain, semua bank, baik milik negara atau swasta, konvensional dan sah, diwajibkan untuk menerapkan standar tersebut. Termasuk penggunaan PIN 6 digit.

Batas waktu penggantian kartu debit versi lama hingga 31 Desember 2021. Oleh karena itu, masih ada waktu 6 bulan untuk menggantinya dengan kartu baru yang berteknologi chip.

Awas Diblokir, Berikut Jadwal dan Cara Ganti Kartu ATM Magnetik Menjadi Chip di 11 Bank

Perbedaan antara kartu debit magnetik dan chip

Kartu diskon dengan strip magnetik, ada strip memanjang hitam di bagian belakang kartu. Fungsinya untuk menyimpan data informasi akun Anda.

Saat Anda melakukan transaksi dengan cara menggesekkan kartu ke EDC, perangkat akan membaca, dan menautkan informasi nasabah ke bank.

Saat menggunakan kartu dengan teknologi chip, chip yang disematkan mirip dengan kartu SIM seluler di bagian depan. Chip ini berfungsi sebagai sistem keamanan.

Chip ini menghasilkan kode setiap kali digunakan saat melakukan transaksi. Dalam setiap transaksi, kode yang dihasilkan berbeda-beda sehingga tiruannya lebih aman dan tidak mudah untuk ditiru.

 

Manfaat kartu debit chip

Kartu debit atau kartu ATM dengan teknologi chip memiliki keunggulan dibandingkan magnetic stripe, antara lain:

  • Memiliki lebih banyak kapasitas penyimpanan
  • Proses transaksi lebih cepat
  • Memiliki perlindungan ganda untuk meningkatkan keamanan transaksi
  • Dijamin tidak mudah ditiru, jadi lebih aman dari skimming dan pelanggaran lainnya.

 

Risiko tidak mengganti kartu debit dengan chip

Selain rentan terhadap kejahatan, jika Anda tidak menukar atau menukar kartu debit Anda dalam batas waktu yang diberikan, ada risiko kartu Anda akan diblokir atau dinonaktifkan.

Jadi, jika diblokir oleh bank, Anda tidak dapat menggunakan kartu ATM untuk menarik uang atau transaksi apa pun.

Padahal, tenggat waktu yang ditetapkan BI hingga akhir tahun ini. Namun, setiap bank memiliki batas waktu sendiri.

Padahal, kartu ATM magnetik masih bisa digunakan meski hanya dalam waktu terbatas setelah 31 Desember 2021. Namun hanya untuk menabung itupun maksimal saldonya Rp 5 juta sesuai kesepakatan nasabah dan pihak bank.

Awas Diblokir, Berikut Jadwal dan Cara Ganti Kartu ATM Magnetik Menjadi Chip di 11 Bank

Jadwal penggantian kartu atm di bank

Berikut jadwal penggantian kartu ATM lama dengan chip ATM di beberapa bank:

  • Bank BCA. 

Bank BCA menetapkan waktu penggantian kartu ATM paling lambat 1 Januari 2022. Penggantian kartu dapat dilakukan melalui mesin BCA CS Digital atau kantor cabang di seluruh Indonesia.

Syaratnya adalah membawa buku tabungan, kartu ATM lama dan KTP (KTP/Paspor).

 

  • Bank Mandiri

Pemblokiran Kartu ATM Magnetic Stripe Bank Mandiri memasuki Tahap Ketiga. Kartu debit yang habis masa berlakunya pada tahun 2026-2030 akan dibanned mulai 1 Juli 2021.

Segera ganti kartu ATM lama Anda di kantor cabang Bank Mandiri terdekat sebelum diblokir secara otomatis dan permanen. Dokumen yang dipersyaratkan adalah KTP untuk WNI atau paspor untuk WNA/bukan penduduk, serta kartu ATM lama.

  • Bank BRI

Maksimal penggantian kartu ATM Bank BRI lama paling lambat tanggal 31 Desember 2021. Nasabah dapat mengunjungi kantor cabang BRI di seluruh Indonesia dengan membawa kartu ATM dan KTP lama.

  • Bank BNI

Untuk nasabah Bank BNI, kartu debit magnetic stripe dapat ditukarkan dengan chip hingga 30 November 2021. Jika tidak ditukarkan dengan batas waktu tersebut, maka akan dinonaktifkan.

Ganti kartu debit Anda dengan yang baru di kantor cabang BNI terdekat atau melalui perangkat BNI Sonic. Saat Anda menukarkannya, Anda dapat menikmati cash back untuk transaksi pertama Anda, baik di e-commerce atau melalui EDC di merchant atau toko.

  • Bank BTN

Larangan penggunaan kartu ATM Bank BTN non-chip telah diterapkan sejak 7 Juni 2021. Namun, Anda tetap bisa menukarkan kartu lama Anda di seluruh outlet atau kantor cabang BTN.

Tidak termasuk Penggantian Kartu ATM Bansos, Kartu Tanda Mahasiswa KTM, dan Kartu ATM Cermat.

  • Bank Permata

Mulai tanggal 7 Juli 2021, kartu debit magnetic stripe Bank Permata tidak dapat digunakan untuk transaksi apapun. Segera tukarkan dengan kartu berbasis chip di kantor cabang Bank Permata terdekat atau hubungi PermataTel 1500111.

  • Bank Danamon

Bank Danamon menargetkan untuk penggantian kartu debit dengan chip akan selesai hingga 31 Desember 2021. Dalam prosesnya, nasabah dapat menukarkannya di kantor cabang terdekat.

  • Bank Mega

Kartu debit mega-chip juga dapat ditukarkan dari bank di kantor cabang terdekat. Batas waktu adalah 31 Desember 2021.

  • Bank Mayapada

Bank Mayapada akan melarang kartu ATM magnetic stripe dan layanan myMOBILE yang terpasang pada kartu pada 16 Juli 2021.

Oleh karena itu segera ganti dengan kartu chip ATM di kantor cabang Bank Mayapada terdekat dengan membawa kartu identitas diri serta kartu atm yang lama,

  • Maybank Indonesia

Kebijakan pelarangan kartu ATM magnetik lama Maybank Indonesia akan diterapkan mulai 1 Juli 2021. Anda dapat menukarkannya melalui aplikasi M2U ID dari ponsel Anda atau di kantor cabang terdekat dengan membawa KTP (WNI), paspor (WNA) dan ATM lama kartu.

  • Bank Muamalat

Nasabah Bank Muamalat dapat menukarkan kartu debit chip sampai dengan 31 Desember 2021. Pemegang Kartu harus datang langsung ke kantor cabang dan tidak dapat diotorisasi atau dikuasakan.

Ganti kartu debit magnetik lama Anda secara gratis ا

Anda tidak perlu khawatir mengganti kartu debit magnetik lama Anda dengan chip, akan ada biayanya. tentu saja tidak. Penggantian kartu ATM ini gratis, tanpa membayar sepeser pun.

Jadi tunggu apa lagi. Periksa kartu ATM Anda secara instan. Jika masih termagnetisasi dan memiliki PIN 4 digit, ganti dengan PIN atau chip baru dan PIN 6 digit sekarang agar Anda dapat aman dan nyaman.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *