Cara Termudah Memasang dan Melepaskan Aki Mobil Bekas Yang Baik dan Benar

Cara Termudah Memasang dan Melepaskan Aki Mobil Bekas Yang Baik dan Benar

Cara Termudah Memasang dan Melepaskan Aki Mobil Bekas Yang Baik dan Benar

 

Dalam kendaraan, mobil aki adalah cadangan listrik yang paling utama yang juga bekerja dalam memenuhi semua kebutuhan listrik dari mobil anda. Komponen Aki yang telah bermasalah tentunya akan mengakibatkan kualitas mobilitas anda terhambat.  Jadi jika anda berkendara dan ternyata aki mobil anda tidak berfungsi dengan baik maka hal itu dapat menimbulkan beberapa masalah, yaitu contohnya  AC yang tiba – tiba tidak sejuk, menurunnya performa mesin mobil, dan juga mesin mobil anda menjadi tidak stabil, dan juga dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat menyala.

Dalam semua permasalahan kelistrikan tersebut hanya dapat diatasi dengan mengganti aki mobil lama tentunya dengan aki baru. Kami akan memberikan beberapa tips atau cara yang pastinya akan membantu anda ketika anda hendak mengganti aki mobil, tentunya tanpa bantuan montir.

Berikut ini ada beberapa tahap dalam proses penggantian Aki mobil yang lama dengan aki mobil yang baru, caranya adalah dengan melepaskan aki yang lama kemudian melakukan proses pembersihan karat serta dilanjut dengan cara pemasangan aki baru.

 

Cara Melepas Aki Lama

 

Untuk langkah awal yang harus anda lakukan yaitu anda harus melepas aki mobil secara benar. Hal itu bertujuan agar lebih aman. 

Caranya yaitu lepaskan kabel, baut dan juga klem pada kutub negatifnya terlebih dahulu, kemudian setelah itu dilanjutkan pada kutub arah positifnya. 

Maka dari itu setelah semua kabel dan klem terlepas, lalu angkat aki tersebut secara tegak lurus Yang bertujuan agar cairan dalam aki tersebut tidak tumpah. Hal ini bertujuan apabila kamu Setelah melepas kabel pada bagian positif terlebih dahulu agar tidak terjadi hubungan arus pendek pada listrik yang telah diakibatkan oleh alat kerja yang tentunya akan jatuh ke terminal positif maupun benda lainnya. 

Jika anda hendak mencabut kabel negatif terlebih dahulu maka akan mengakibatkan hubungan arus listrik pada bodi mobil tersebut terputus dan ketika ada benda logam ataupun benda lainnya yang telah jatuh pada kedua terminal tersebut maka tidak akan mengalami masalah seperti korsleting listrik.

 

Pembersihan Bagian yang Berkarat

 

Langkah selanjutnya adalah anda harus melakukan pemeriksaan pada kabel dan juga klem aki. Apabila nantinya terdapat karat, anda dapat menggunakan cairan anti karat untuk dapat membersihkan karat tersebut. Lalu kamu juga dapat menggosoknya pada bagian yang berkarat agar karat tersebut hilang.  Oleh sebab itu, karat dan juga berbagai kotoran yang akan menempel pada klem dan juga ujung kabel akan menjadi isolator atau disebut juga penghalang masuknya aliran arus listrik yang akan menimbulkan masalah apabila tidak dibersihkan.

 

Cara Memasang Aki Baru

 

Langkah terakhir yaitu memasang aki baru. Dalam cara memasang aki baru ini juga dapat berkebalikan dengan cara anda ketika mencopot aki lama. 

Caranya yaitu Letakkan aki pada dudukan aki secara tegak lurus, Setelah itu anda dapat memasang  kabel positifnya terlebih dulu, baru setelah itu dilanjutkan dengan memasang kabel negatifnya. 

Hal Ini bertujuan  untuk mencegah akan timbulnya  percikan api yang terjadi pada kutub positif. Anda juga dapat memastikan bahwa semua kabel dan juga klemnya juga sudah terkunci dengan sempurna. Kemudian setelah itu anda dapat mencoba menyalakan mesin mobil anda dan apabila semua yang dilakukan berjalan dengan baik, maka anda dapat menutup kap mobil dan bisa melanjutkan perjalanan.

 


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *