Cara Rawat Kaca Film Mobil Agar Tetap Bagus dan Awet

Cara Rawat Kaca Film Mobil Agar Tetap Bagus dan Awet

Cara Rawat Kaca Film Mobil Agar Tetap Bagus dan Awet

 

Kaca film biasanya diabaikan oleh pemiliknya, dan setelah dipasang, mereka tidak akan mau repot lagi memperhatikan atau mengurusinya.

 

Padahal kaca film juga bisa kotor, seperti saat dipegang dengan tangan kotor. Oleh karena itu, tidak ada salahnya konsumen memeriksa dan membersihkan kaca film mobilnya.

 

Padahal, kuncinya terletak pada pemasangan kaca film itu sendiri. Jika pemasangannya benar, rapi dan sesuai prosedur, risiko kerusakan kaca film bisa dihilangkan. Seperti tidak ada gelembung udara di antara kaca film dan kaca depan, atau tepi kaca film terpasang kuat sehingga tidak mudah terkelupas. Selain itu, pastikan kaca film tersebut merupakan produk original dan terjamin kualitasnya.

 

Cara membersihkan kaca film

 

Langkah selanjutnya adalah cara membersihkannya, menurut Auto2000, saat membersihkan kaca mobil yang dilapisi kaca film, jangan asal-asalan atau tertukar dengan pembersihan kaca mobil biasa. Hindari penggunaan pembersih kaca yang biasa digunakan untuk membersihkan bagian luar jendela mobil karena kandungan kimianya cukup kuat untuk mengikis permukaan kaca film dan berpotensi merusaknya.

 

Jika kotorannya berupa debu dapat dilakukan pembersihan ringan seperti saat mencuci mobil, cukup gunakan kain microfiber untuk membersihkan kaca film. Lakukan ini dengan gerakan satu arah agar tidak menimbulkan goresan. 

 

Untuk menghilangkan kotoran, Anda bisa menggunakan kanebo atau chamois dan air secukupnya. Setelah diangkat, bersihkan dengan kain microfiber. Pastikan sudah kering agar tidak meninggalkan noda air.

 

Bagaimana jika kotoran tidak terangkat dari kaca film? 

 

Cara yang paling efektif dan aman adalah dengan menggunakan sampo yang memiliki pH seimbang atau kandungan kimia berbahaya yang minimal. Prosesnya mirip dengan mengangkat kotoran dengan air dan menyeka chamois atau kanebo. Segera bilas dengan air biasa saat kotoran sudah hilang dan keringkan dengan kain mikrofiber.

 

Periksa karet penutup kaca depan, terutama pada jendela yang dapat dinaikkan dan diturunkan dimana terdapat celah dimana kotoran dapat menempel. Segera bersihkan dengan kain microfiber agar tidak merusak kap jendela saat mengoperasikan jendela. Selain itu, berhati-hatilah saat membawa benda tajam ke dalam mobil agar tidak menggores permukaan kaca film.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *