Cara Buka Toko di Shopee Lewat Hp Terlengkap, Pemula Pasti Bisa!

Cara Buka Toko di Shopee Lewat Hp Terlengkap, Pemula Pasti Bisa!

Cara Buka Toko di Shopee Lewat Hp Terlengkap, Pemula Pasti Bisa!

 

Bagaimana cara membuka toko di Shopee dengan HP? 

Mereka yang ingin memulai bisnis jual beli online pasti ingin melakukannya dengan benar. Seperti yang kita ketahui, Shopee merupakan salah satu marketplace terpopuler bagi konsumen Indonesia bersama dengan Tokopedia, Bukalapak dll. Tidak hanya untuk pembeli, Shopee juga dapat diandalkan untuk penjual, baik yang sudah memiliki brand yang kuat, maupun yang baru memulai. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Shopee merupakan e-commerce yang menjadi salah satu tempat berjualan yang paling efektif bagi kamu yang ingin menjual barang secara online.

Hanya saja, tak sedikit orang yang bingung bagaimana cara membuka toko Shopee via ponsel atau hp. Bahkan, hanya dibutuhkan beberapa langkah mudah untuk membuat toko Anda sendiri. Apakah Anda salah satunya? Dengan cara buka toko di Shopee lewat hp terlengkap kamu bisa langsung membuka toko online. Mulai dari membuat akun, mengoptimalkan toko, hingga tips berjualan online agar merchandise atau barang jualan kamu cepat laku. Simak Cara Buka Toko Shopee via HP untuk langkah lainnya yang kami rangkum di bawah ini.

Apakah Anda sudah memutuskan ingin menjual produk sendiri, menjadi penjual, menjadi Reseller atau dropship?

 

Ada baiknya sebelum membuka toko, Anda harus memutuskan dulu jenis merchandise atau barang yang akan dijual. Apakah Anda akan menjual produk sendiri, menjadi distributor untuk pemasok besar, atau memutuskan untuk menjadi penjual dropshipper? Setiap kategori memiliki kelebihan dan kekurangan. Lihat perbedaan di bawah ini sebelum mencari tahu cara menjual ke Shopper tanpa modal.

1. Jual produk Anda sendiri

Jika Anda memiliki produk sendiri, maka tentunya Anda sudah mengetahui kelebihan menjual produk Anda sendiri dibandingkan produk pesaing atau apa yang membedakannya dengan produk mereka. Tentunya Anda sudah memiliki departemen produksi yang bisa beroperasi dan siap diandalkan. Anda mungkin pernah menjual secara offline atau langsung menjual secara online.

Berbagai keuntungan menjual produk sendiri adalah persediaan barang mudah diatur, kualitas produksi dapat dikontrol, dan Anda dapat menarik penjual dan pembeli untuk membantu penjualan.

Kekurangannya hanya butuh tenaga dan modal untuk membuat atau memproduksi produk, mencari pasar, dan memperkuat brand melalui kegiatan pemasaran, hingga resiko kerugian jika barang yang dijual tidak mengembalikan investasi.

 

2. Menjadi distributor

Penjual dapat didefinisikan sebagai menjual produk orang lain. Misalnya, produk dari pemasok utama yang sudah memiliki pasar dan reputasi yang baik di mata pelanggan. Tugas Anda adalah menjual kembali produk tersebut dengan syarat Anda terlebih dahulu membeli produk mereka dengan minimum order.

Nantinya Anda akan mendapatkan potongan harga dari distributor kemudian menjualnya dengan margin harga tertentu, sesuai kesepakatan dengan pemasok. Keuntungannya adalah Anda tidak perlu membangun merek dari awal, inventaris mudah dikelola, dan kenaikan harga biasanya lebih tinggi. Kerugiannya adalah modal yang dikeluarkan untuk membeli produk minimum order sangat besar.

 

3. Dropshipper

Mau coba cara jualan ke shopee tanpa stok barang? Anda bisa mencoba dropshipper atau menjual produk supplier tanpa harus melakukan stock up terlebih dahulu. Anda hanya perlu mencari pelanggan yang siap memesan, lalu mengirimkan data pesanan tersebut ke pemasok. Selain itu, Anda bisa mendapatkan komisi penjual di Shopee dengan cara ini.

Keuntungannya kamu bisa berjualan di Shopee tanpa stok dan tanpa modal dengan cara ini. Cukup untuk memasarkan secara aktif dan baik. Kekurangannya adalah Anda tidak dapat mengelola inventaris Anda sendiri, kualitas gambar produk tergantung pada pemasok, dan keuntungannya tidak sebesar distributor.

Ketika Anda sudah mengetahui jenis barang dagangan yang akan dijual, Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan kondisi modal dan kepribadian Anda. Kemudian, Anda dapat melanjutkan ke cara membuka toko di Shopee melalui HP.

 

Cara membuka toko online di Shopee

Cara buka toko di Shopee lewat hp terlengkap, pemula pasti bisa!
Gambar: Shopee

 

Toko online di Shopee Indonesia bisa dibuka melalui aplikasi Shopee di HP karena caranya lebih mudah. Berikut cara buka toko di Shopee dengan HP 2021:

  • Pertama kali yang perlu dilakukan adalah Anda dapat mengakses situs Shopee atau mengunduh aplikasi Shopee dari Play Store atau App Store
  • Kemudian tekan Daftar
  • Masukkan nomor ponsel yang aktif (pastikan belum terdaftar di Shopee sebelumnya), kode captcha, dan kode verifikasi, lalu klik Daftar
  • Selanjutnya cek SMS lalu masukkan kode verifikasi pada kolom yang disediakan. Klik Lanjutkan
  • Anda dapat memasukkan nama pengguna Anda (tergantung pada merek toko) dan kata sandi. Konfirmasikan kata sandi di bawah ini dan klik Lanjutkan
  • Selesai

Cara melengkapi profil toko

Cara buka toko di Shopee lewat hp terlengkap, pemula pasti bisa!
Gambar: ilustrasi toko shopee

Apa yang harus dilakukan setelah mengetahui cara membuka toko di Shopee melalui HP? Tentunya melengkapi profil toko agar calon pembeli dapat melihat dengan jelas informasi dan deskripsi toko. Profil toko dapat diselesaikan melalui aplikasi atau melalui pusat penjual (browser PC). Berikut beberapa data yang harus Anda lengkapi:

  • Nama toko : Lengkapi nama toko sesuai dengan merk yang diinginkan. Gunakan nama yang mudah diingat dan menonjol di telinga pendengar
  • Deskripsi toko: Jelaskan toko dengan kata-kata yang mudah dipahami. Dari produk yang dijual, jam buka toko, dan opsi pengiriman, hingga kupon yang Anda tawarkan
  • Gambar deskripsi toko: Berikan gambar yang menggambarkan merek Anda. Bisa dalam bentuk program promosi dan kupon yang diadakan.

 

Cara melengkapi profil melalui aplikasi

  • Pertama, buka aplikasi Shopee melalui smartphone
  • Pilih saya lalu toko saya
  • Selanjutnya, pilih Asisten Penjualan > Profil Toko > Nama Toko Lengkap > Deskripsi Gambar > Deskripsi
  • Klik kode verifikasi di pojok kanan atas menu

 

Cara melengkapi profil melalui Seller Center (browser komputer)

  • Masuk ke Seller Center dan pilih Store Profile > Full Store Name > Image Description > Description lalu klik Save
  • Pilih nama toko yang unik dan mudah diingat
  • Masukkan deskripsi untuk gambar. Unggah hingga 5 foto dan video untuk memberi toko Anda identitas merek yang kuat
  • Buat deskripsi toko dengan penjelasan singkat dan ringkas untuk menarik pembeli mengunjungi toko. Anda dapat menambahkan berbagai informasi seperti riwayat toko, jenis produk, atau waktu respons obrolan.

 

Cara Membuka Toko dan Menjual Produk Pertama Anda di Shopee untuk Pemula

Setelah mengetahui cara membuka toko di Shopee melalui HP, Anda juga harus mempelajari cara berjualan di pasar atau marketplace tersebut. Tunjukkan produk pertama yang ingin Anda jual agar Anda tahu bagaimana rasanya berjualan di Shopee. 

Metode ini adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Shopee atau Seller Center (seller.shopee.co.id)
  • Klik saya >> mulai menjual
  • Klik Tambahkan Produk Baru
  • Lengkapilah berbagai informasi dari produk yang anda ingin jual seperti nama produk, deskripsi produk, kategori produk, harga produk, stok produk (dalam pcs), variasi produk (warna, ukuran, dll), berat produk (dalam kg), kondisi produk (baru/bekas) , jasa pengiriman yang Anda gunakan (JNE, J&T, dll) ke rekening bank Anda
  • Setelah semuanya selesai, klik Simpan dan Tampilkan

 

Bagaimana cara mengubah akun Shopee menjadi penjual atau seller

Jika awalnya Anda menjadi pembeli dan kemudian ingin berjualan di Shopee, Anda tidak perlu membuat akun baru. Apalagi jika kamu sudah melakukan verifikasi ID karena satu ID hanya untuk satu akun Shopee. Cukup ubah nama Anda menjadi nama toko yang akan digunakan di Shopee. Kemudian, cukup unggah produk yang ingin Anda jual baik melalui aplikasi atau melalui pusat penjual di situs web pembeli. Apakah Anda tahu cara mendaftar Shopee sebagai penjual atau seller?

 

Cara mengganti username dan nama toko di Shopee

Nama pengguna dan nama toko sangat penting untuk sebuah merek di media sosial. Jika Anda sudah menggunakan nama pengguna dan nama toko yang tidak mencukupi atau kurang kuat, Anda memiliki kesempatan untuk mengubahnya. Cari tahu langkah-langkahnya di bawah ini:

 

Cara mengganti nama pengguna di Shopee

Perubahan nama pengguna hanya dapat dilakukan satu kali, terutama bagi pengguna baru yang belum mengetahuinya. Cara mengganti username Shopee dapat dilakukan melalui aplikasi. Berikut caranya:

  • Buka aplikasi Shopee
  • klik saya
  • Pilih Pengaturan Akun
  • Pilih profil saya
  • Klik pada nama pengguna
  • Setelah itu, akan muncul pemberitahuan pop-up: “Anda dapat mengubah nama pengguna Anda hanya sekali. Harap perhatikan bahwa nama pengguna ini akan ditampilkan kepada calon penjual atau pembeli” > Klik Lanjutkan
  • Silakan ubah nama pengguna Anda > klik simpan

 

Jika Anda tidak dapat mengubah nama pengguna dengan cara di atas, kemungkinan akun Anda telah mencapai batas perubahan atau tidak memenuhi syarat untuk mengubah nama pengguna.

Catatan: Nama pengguna terbaru tidak boleh menggunakan merek dagang/merek dan spasi seperti Nike dan Toko Saya. Gunakan “_” sebagai pemisah atau pengatur jarak.

 

Cara mengganti nama toko di Shopee

Selain username, nama toko di Shopee juga bisa diubah. Anda hanya dapat mengubah nama toko setiap 30 hari sekali. Ikuti langkah ini:

  • Cara mengganti nama toko di Shopee melalui aplikasi
  • Buka aplikasi Shopee di smartphone kamu
  • Pilih Saya > Toko Saya
  • Klik Asisten Penjualan
  • Pilih Profil Toko > Nama Toko
  • Masukkan nama toko yang sesuai
  • Klik ikon hash

 

Cara mengganti nama toko di Shopee melalui Seller Center

  • Pilih Pengaturan Toko
  • Klik pada Profil Toko
  • Pilih Nama Toko > Masukkan nama toko yang sesuai
  • Pilih Simpan

 

catatan: Anda hanya dapat mengubah nama toko setiap 30 hari sekali

Jika Anda ingin mengubah nama toko lebih dari sekali dalam 30 hari, Anda dapat menghubungi Layanan Pelanggan Shopee untuk bantuan dalam mengubah nama toko

Perubahan nama pengguna dan nama toko Anda akan ditinjau terlebih dahulu oleh tim Shopee. Jadi harus menunggu maksimal 2 x 24 jam setelah proses pengajuan aplikasi 

 

Cara Jualan di Shopee Agar Cepat Laris

Cara buka toko di Shopee lewat hp terlengkap, pemula pasti bisa!
Gambar: ilustrasi penjualan laris

Anda juga harus mempelajari berbagai strategi penjualan di Shopee setelah mengetahui cara membuka toko di Shopee melalui HP. Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Shopee sehingga konsumen yang ingin berbelanja online juga akan tertarik untuk membelinya. Berikut cara berjualan di Shopee bagi pemula agar cepat laku.

1. Daftar Gratis Pengiriman XTRA

Setiap pembeli pasti akan dengan senang hati menerima bonus seperti gratis ongkos kirim. Shopee memiliki program dimana penjual dan pembeli bisa mendapatkan gratis ongkos kirim bersubsidi dengan beberapa syarat dan ketentuan. Tentunya program ini sangat menguntungkan kedua belah pihak. Anda harus tahu apa saja kriteria program Shopee Gratis Ongkos Kirim, yaitu:

  • Toko Anda memiliki produk yang aktif, minimal satu produk dengan stok minimal 1
  • Toko masih menerima pesanan dalam 7 hari terakhir
  • Toko masih aktif dan fitur toko liburan belum diaktifkan
  • Toko telah mengaktifkan salah satu layanan pengiriman berikut: Shopee Express Standard, Shopee Express Sameday, SiCepat REG, J&T Express, Ninja Express
  • Poin hadiah Toko Anda tidak mendapatkan lebih dari 3
  • Toko tidak memiliki riwayat gangguan pesanan (tidak normal), tidak ada pelanggaran akun, atau pelanggaran lainnya

Apakah toko Anda memenuhi kriteria di atas? Jika demikian, yang terbaik adalah mendaftar di Program Gratis Pengiriman XTRA. Metode ini adalah sebagai berikut:

  • Masukkan aplikasi
  • Pilih Menu Gratis Ongkos Kirim XTRA
  • Pilih Menu Semua Gratis Ongkos Kirim
  • Gulir ke bawah ke bagian bawah layar, dan pilih Rekam Sekarang
  • Setelah itu, akan ada beberapa dokumen yang harus diunggah: nomor KTP Anda, foto e-KTP Anda, foto close-up Anda memegang e-KTP Anda
  • Cek syarat dan ketentuan yang dikirim, klik submit

Jika sudah terdaftar, tunggu saja review dari Shopee.

 

2. Upload gambar produk minimal 10 kali setiap hari

Cara berjualan di Shopee untuk pemula selanjutnya dengan cara upload produk setiap hari minimal 10 kali sehari. Tujuannya agar toko Anda selalu aktif untuk memperbarui etalase setiap hari hingga sistem mendeteksi bahwa toko tersebut aktif. Perlu anda ketahui juga bahwa toko yang aktif baik dari segi penjualan, review dan rating produk serta dengan mengupload produk setiap hari minimal 10 produk akan menambah dan meningkatkan tampilan produk kita di search engine Shopee.

 

3. Menawarkan harga yang kompetitif

Setiap pembeli harus memantau harga pesaing untuk mengatur harga pasar dan menjaga persaingan antar pemilik toko. Jika hanya mengandalkan harga yang murah, tentu hasilnya akan kurang efektif. Ada harga, tentu ada kualitas, pilih divisi pembeli yang tepat agar tidak harus menjual produk dengan margin keuntungan yang kecil.

 

4. Berikan informasi produk yang akurat

Bagaimana pelanggan bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang produk yang dijual? Anda harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini

  • Product Title : Buat judul dengan format “Merek + Model Produk + Spesifikasi + Ukuran”
  • Foto Produk: Ambil foto yang jelas dengan latar belakang yang bersih, sebaiknya latar belakang putih
  • Deskripsi Produk: Jelaskan produk dengan jelas mulai dari spesifikasi, tujuan penggunaannya, dan informasi produk lainnya
  • Kategori dan Variasi: Pilih kategori yang sesuai dengan produk. Bila perlu berupa jenis bahan, warna dan perbedaan lainnya
  • Gunakan fitur peningkatan produk

Cara menjual barang di Shopee untuk penjualan lebih banyak dengan meningkatkan produk di hasil pencarian Shopee, hingga 5 produk per 4 jam. Caranya sangat mudah, buka aplikasi > klik Saya > klik lagi Toko Saya > gulir ke bawah dan pilih produk yang ingin Anda tingkatkan > klik tambah produk.

 

5. Tambahkan berbagai produk

Seperti disebutkan di atas, keragaman produk sangat penting. Tujuannya untuk memudahkan pembeli memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhannya. Menurut Shopee, semakin banyak variasi produk tentunya semakin besar peluang mendapatkan pembeli. Perbedaan yang dimaksud bisa berupa penambahan warna dan ukuran.

 

6. Tambahkan kupon toko

Kupon promosi juga dapat menarik perhatian pembeli. Caranya sangat mudah yaitu Buka Aplikasi > Klik Saya > Klik lagi Toko Saya > Pilih Promosi Saya > Klik Voucher. Selanjutnya, buat kupon toko Anda, mulai dari jenis, diskon, jumlah maksimum produk, durasi promosi, dll.

 

7. Promosikan di media sosial

Cara Berjualan di Shopee Bagi pemula, manfaat media sosial untuk berinteraksi dengan calon pelanggan. Ketika ada komunikasi yang luas, akan lebih mudah bagi Anda untuk membawa mereka ke halaman produk Shopee Anda. Jadi jangan lupa sertakan link toko di bio kamu di media sosial seperti Instagram atau Facebook.

 

Pertanyaan yang sering diajukan tentang cara membuka toko di Shopee

Cara buka toko di Shopee lewat hp terlengkap, pemula pasti bisa!
Ilustrasi: Bingung

 

Jika ada yang masih kurang jelas, kamu bisa cek daftar pertanyaan umum cara buka toko di Shopee di bawah ini.

1. Apakah saya harus membayar untuk membuka toko di Shopee?

Jika Anda membaca deskripsi cara buka toko di Shopee melalui HP dengan lengkap pada kalimat di atas, maka tentunya Anda tahu bahwa buka toko di pasar atau marketplace ini gratis. Anda hanya perlu mendaftar dan kemudian Anda dapat membuat toko. 

2. Dapatkah saya memiliki dua atau lebih toko di Shopee?

Setiap akun hanya dapat membuat satu toko, sedangkan setiap pengguna dapat memiliki maksimal 5 akun, menggunakan ponsel/komputer atau rekening bank yang sama. Syaratnya 1 KTP/KITAS bisa digunakan oleh 5 akun berbeda untuk mendaftar program Shopee Free Shipping. Jika pengguna ingin memiliki lebih dari 5 toko, toko keenam dan seterusnya akan dibatasi secara bertahap mulai dari toko dengan jumlah penjualan paling sedikit.

3. Bisakah Berjualan di Shopee Menguntungkan?

Menjadi salah satu marketplace terbesar di Indonesia, menjual barang di Shopee dapat menguntungkan karena memiliki jutaan pembeli dan penjual. Keuntungan atau kerugian dalam penjualan tergantung pada bagaimana penjual mengelola barang dagangannya. Ditambah lagi, berjualan di Shopee juga gratis, jadi penjual tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk cara membuka toko di Shopee dan mencari produk untuk dijual.

 

Bagaimana Anda sudah tahu cara membuka toko ponsel Shopee di atas? Padahal, cara buka toko di Lazada, Tokopedia atau Shopee caranya tidak jauh berbeda. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk pasar langkah demi langkah di mana Anda ingin menjual barang dagangan. 

 


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *