cara mengembalikan kesehatan baterai iphone ke 100 persen kembali

cara mengembalikan kesehatan baterai iphone ke 100 persen kembali

Kinerja baterai yang cepat menurun merupakan keluhan umum dari pengguna iPhone. Baterai yang cepat habis atau boros tentunya sangat mengganggu kenyamanan penggunaan ponsel. Namun, jika Anda mengalami masalah ini, jangan panik terlebih dahulu. Ada cara untuk mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 persen.

Ponsel iPhone memiliki fitur persentase kesehatan baterai yang jarang tersedia dalam ponsel lain. Fitur ini berfungsi untuk memeriksa kesehatan baterai pada iPhone Anda. Dengan adanya fitur ini, Anda dapat melihat performa baterai ponsel Anda. Namun, jika performa baterai menurun, jangan buru-buru memutuskan untuk mengganti baterai iPhone atau membeli ponsel baru. Ada cara mudah untuk mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 persen, yaitu dengan melakukan kalibrasi ulang.

Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100 Persen

Langkah-langkah kalibrasi ulang baterai iPhone yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

Charge iPhone hingga 100%

Anda perlu mengisi daya baterai iPhone hingga penuh atau 100%. Pastikan Anda menggunakan charger original agar pengisian daya lebih cepat dan maksimal.

Gunakan iPhone hingga baterai habis

Anda perlu menggunakan iPhone Anda sampai dayanya habis atau mati total. Untuk mempercepat penghabisan daya baterai, Anda bisa menjalankan program berat, seperti bermain game, memutar video, menyetel musik, melakukan videocall, dan sebagainya.

Charge baterai hingga penuh

Setelah baterai iPhone Anda mati atau habis, selanjutnya Anda perlu mengisi dayanya kembali. Pastikan Anda mengisi daya menggunakan charger original dan tunggu sampai ponsel menyala kembali dan biarkan mengisi daya sampai penuh kurang lebih selama 3 jam.

Nyalakan iPhone

Selanjutnya, nyalakan iPhone dengan kondisi charger yang masih terhubung. Untuk menyalakannya, Anda tinggal menekan tombol ‘Power’ dan tunggu hingga tombol ‘Apple’ muncul. Setelah itu, lepaskan colokan charger.

Ulangi proses kalibrasi

Apabila baterai Anda sudah dinyalakan dengan baterai terisi penuh, Anda perlu mengulangi proses awal tadi. Gunakan iPhone Anda sampai mati total atau baterai 0%. Kemudian isikan daya lagi hingga baterai kembali 100%.

Proses ini memang memakan waktu yang cukup lama, jadi Anda harus bersabar dan menahan diri untuk tidak memakai iPhone Anda terlebih dahulu. Namun, perlu diingat bahwa cara tersebut tidak selalu berhasil mengembalikan kesehatan baterai Anda kembali normal 100 persen.

Cara Menjaga Kesehatan Baterai iPhone

Selain melakukan kalibrasi ulang, ada sejumlah cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan baterai iPhone Anda tetap baik, antara:

Charge iPhone sebelum baterai habis

Pastikan Anda selalu mengisi daya iPhone Anda sebelum baterai habis atau mencapai level lowbat. Penggunaan iPhone hingga daya menipis atau lowbat bisa merusak kesehatan baterai. Saat baterai lowbat atau berada di persentase 20%, biasanya akan muncul peringatan untuk menghemat daya.

Gunakan charger original iPhone

Pastikan Anda selalu mengisi daya menggunakan charger original dari iPhone. Penggunaan charger bawaan iPhone akan membuat arus isi daya menjadi stabil dan menjaga kesehatan baterai tetap baik. Kondisi sebaliknya akan terjadi ketika Anda menggunakan charger KW atau bukan original.

Hindari mengisi daya saat iPhone dalam suhu panas

Pastikan Anda mencharger baterai saat iPhone dalam suhu rendah. Jangan langsung mengisi daya ketika suhu iPhone Anda sedang panas. Biarkan terlebih dahulu hingga suhunya mendingin. Pengisian saat suhu panas akan membuat arus listrik mengalir secara tidak stabil, sehingga membuat baterai cepat habis.

Matikan fitur yang tidak digunakan

Jangan biarkan fitur-fitur yang tidak digunakan tetap menyala, seperti Wi-Fi, Bluetooth, atau GPS. Fitur-fitur ini memakan daya baterai yang cukup besar, jadi pastikan Anda selalu mematikannya jika tidak digunakan.

Aktifkan mode hemat baterai

Jika baterai Anda sudah mulai menipis, aktifkan mode hemat baterai. Fitur ini akan mematikan fitur-fitur yang tidak digunakan dan memperpanjang umur baterai.

Kesimpulan

Mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 persen dapat dilakukan dengan melakukan kalibrasi ulang. Selain itu, Anda juga dapat memperpanjang umur baterai iPhone dengan meminimalkan penggunaan fitur yang membutuhkan banyak daya baterai, menggunakan charger original, menghapus aplikasi yang tidak terpakai, dan mematikan fitur yang tidak digunakan. Dengan melakukan perawatan secara rutin dan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat memperpanjang umur baterai iPhone dan menghindari masalah baterai yang cepat habis.


Posted

in

, ,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *