Cara Memperbaiki Masalah Aplikasi Android Tidak Berfungsi dalam 14 Cara Terbaik

Cara Memperbaiki Masalah Aplikasi Android Tidak Berfungsi dalam 14 Cara Terbaik

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Memperbaiki Masalah Aplikasi Android Tidak Berfungsi dalam 14 Cara Terbaik, Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Kesulitan menjalankan aplikasi Android favorit Anda? Baca untuk mempelajari cara memperbaiki masalah “Aplikasi Android tidak berfungsi” dengan metode yang terbukti.

Akui! Ponsel Android Anda tidak ada gunanya jika Anda tidak dapat menjalankan berbagai aplikasi di dalamnya. Karenanya, aplikasi dianggap sebagai jalur kehidupan smartphone. Sebagian besar dari kita menggunakan berbagai aplikasi di Android kita, beberapa di antaranya cukup penting untuk kehidupan pribadi dan bisnis kita.

Terkadang, aplikasi Android tertentu mungkin tidak berfungsi, dan Anda perlu mengetahui cara memperbaiki masalah “Aplikasi Android tidak berfungsi”. Lanjutkan membaca karena saya akan membagikan beberapa pendekatan efektif untuk menyelesaikan masalah ini.

Metode 1: Mulai Ulang Aplikasi

Saat aplikasi Android tidak berfungsi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memulai ulang aplikasi. Aplikasi mungkin macet atau macet — dalam kedua situasi tersebut, memulai ulang adalah opsi yang ideal. Namun, Anda mungkin tidak dapat menutup aplikasi, sehingga tidak ada ruang untuk memulai ulang. Dalam hal ini, Anda perlu menghentikan paksa aplikasi sebelum memulai ulang menggunakan langkah-langkah berikut:

  • Temukan aplikasi itu dari laci aplikasi dan ketuk untuk waktu yang lama.
  • ketuk info aplikasi dari opsi.
  • Di layar berikutnya, pilih Paksa berhenti.
  • Aplikasi akan ditutup, dan Anda dapat meluncurkannya lagi untuk melihat apakah berfungsi.

Metode 2: Hapus Cache Aplikasi

Jika Anda tidak terbiasa membersihkan data cache aplikasi secara teratur, Anda mungkin mengalami masalah bernama “Aplikasi Android tidak berfungsi”. Untuk menghapus cache, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka laci aplikasi Android.
  • Ketuk lama aplikasi yang tidak berfungsi dengan baik.
  • ketuk pada info aplikasi atau (i) ikon dan pilih Penyimpanan & tembolok.

Metode 3: Kembalikan ke Versi Lama

Pembaruan aplikasi terkadang bermasalah dan dapat menyebabkan aplikasi Anda tidak berfungsi dengan baik. Jika Anda baru saja memperbarui aplikasi, Anda dapat mencoba mencopot pemasangan pembaruan terbaru untuk memperbaiki masalah tersebut. Namun, mencopot pemasangan fitur pembaruan hanya tersedia untuk aplikasi bawaan Android.

Misalnya, ketuk lama pada ikon Gmail dan ketuk info aplikasi atau (i) ikon. Di halaman Info aplikasi, ketuk tiga titik di pojok kanan atas. Lalu pilih Copot pemasangan pembaruan dan coba gunakan aplikasi tanpa masalah.

Metode 4: Perbarui Aplikasi

Apakah Anda menggunakan aplikasi versi lama? Itu bisa menjadi alasan mengapa aplikasi Android Anda tidak berfungsi. Sebagian besar aplikasi mengharuskan Anda memperbarui versinya secara manual, dan jika tidak, aplikasi mungkin tidak berjalan di perangkat Anda. Untuk memeriksa apakah ada pembaruan yang tersedia, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Buka Google Play.
  • Di bilah pencarian, ketikkan nama aplikasi yang tidak berfungsi.
  • Dari saran, ketuk halaman aplikasi yang tepat.
  • Jika ada pembaruan yang tersedia, Anda akan melihat dua opsi: Pembaruan atau membuka.
  • mengetuk Pembaruan dan tunggu hingga versi terbaru telah diperbarui.

Sekarang, buka aplikasi dan lihat apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Jika Anda tidak dapat memperbaiki masalah, lanjutkan ke metode selanjutnya yang disebutkan di bawah ini.

Metode 5: Instal ulang Aplikasi

Jika Anda sudah menggunakan versi terbaru aplikasi atau jika pembaruan tidak memperbaiki masalah “Aplikasi Android tidak berfungsi”, Anda dapat mencoba mencopot pemasangan dan memasang ulang aplikasi. Untuk mencopot pemasangan, ketuk lama ikon aplikasi di layar beranda ponsel Anda dan pilih Copot pemasangan ketika muncul. Sekali lagi, ketuk Copot pemasangan untuk mengkonfirmasi. Sekarang, kunjungi Google Play dan instal aplikasi lagi.

Metode 6: Periksa Koneksi Internet

Banyak aplikasi Android tidak mendukung mode offline. Artinya, Anda harus memiliki koneksi internet yang aktif dan stabil untuk menjalankan aplikasi tersebut. Setiap kali beberapa aplikasi Android tidak berfungsi, Anda harus memeriksa Wi-Fi atau koneksi internet seluler Anda. Jika memungkinkan, Anda dapat beralih ke koneksi internet lain untuk memeriksa apakah aplikasi berfungsi.

Metode 7: Hentikan Unduhan di Perangkat Android

Jika beberapa unduhan terjadi di ponsel atau tablet Android Anda, beberapa aplikasi yang membutuhkan bandwidth tinggi tidak akan berfungsi karena alasan yang jelas. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memeriksa apakah perangkat Anda mengunduh sesuatu. Jika ya, jeda unduhan dan mulai aplikasi lagi untuk memeriksa fungsinya.

Metode 8: Kosongkan Ruang Penyimpanan Perangkat

Apakah penyimpanan internal Anda memiliki ruang yang cukup untuk menjalankan aplikasi? Setiap kali aplikasi Android tidak berfungsi, Anda perlu memeriksa penyimpanan yang tersedia di ponsel Anda. Jika kehabisan ruang, Anda perlu menghapus beberapa file darinya dan memberi ruang agar aplikasi dapat berjalan dengan baik.

Metode 9: Periksa apakah Aplikasi Berfungsi

Salah satu alasan aplikasi Android tidak berfungsi di perangkat Anda adalah aplikasi itu sendiri mengalami beberapa masalah atau bug. Jika Anda ragu, periksa ulasan terbaru di halaman aplikasi Google Play Store. Anda juga dapat memeriksa Reddit jika orang lain telah melaporkan masalah yang sama.

Metode 10: Mulai Ulang Ponsel Anda

Tidak peduli seberapa umum metode ini terdengar, memulai ulang ponsel Android terkadang menyelesaikan masalah yang berbeda, termasuk “aplikasi Android tidak berfungsi”. Jadi, jika tidak ada perbaikan di atas yang berhasil, Anda dapat mencobanya. Cukup restart atau reboot ponsel.

Setelah perangkat melakukan boot ulang dan menampilkan layar beranda, coba luncurkan aplikasi yang tidak berfungsi sebelumnya. Jika masalah teratasi, itu bagus! Jika tidak, lanjutkan ke metode pemecahan masalah berikutnya.

Metode 11: Perbarui OS Android

Saat OS Android mencapai akhir masa pakainya (EOL), pengembang memperbarui aplikasi mereka untuk versi Android berikutnya yang masih beroperasi. Terkadang, pengembang berhenti mendukung aplikasi mereka untuk sistem operasi EOL.

Saat ini, semua OS Android di bawah Android 10 Queen Cake telah mencapai EOL atau tidak lagi menerima pembaruan keamanan. Akhirnya, pengembang juga berhenti mendukung sistem operasi tersebut. Jika Anda menggunakan Android Pie atau OS yang lebih lama, Anda harus memutakhirkan ke Android 10 atau lebih baru untuk menggunakan sebagian besar aplikasi pasar Google Play dengan lancar. Ikuti langkah-langkah ini untuk memperbarui OS smartphone atau tablet Android Anda:

  • Buka Pengaturan aplikasi dan gulir ke bawah untuk menemukan Pembaruan sistem.
  • mengetuk Pembaruan sistem lalu pilih Periksa pembaruan.
  • Jika Anda melihat peningkatan OS apa pun, terapkan itu.
  • Jika Anda tidak melihat pemutakhiran OS apa pun, itu berarti baik Google maupun produsen perangkat tidak merencanakan pemutakhiran OS lagi untuk perangkat Anda.
  • Anda harus membeli smartphone Android baru untuk menikmati salah satu OS Android terbaru.

Saat Anda pindah ke OS Android terbaru, instal aplikasi Android yang tidak berfungsi di smartphone lama. Anda harus dapat menggunakan aplikasi tersebut tanpa masalah apa pun, dan ini berhasil menyelesaikan masalah aplikasi Android yang tidak berfungsi.

Metode 12: Copot Pembaruan untuk Android System WebView

Android System WebView memfasilitasi berbagai layanan sistem Android termasuk mengizinkan aplikasi pihak ketiga untuk membuka HTML atau halaman web lain di dalam aplikasi. Jika perangkat Android Anda tidak memiliki versi Android System WebView terbaru, mungkin tidak dapat menjalankan aplikasi yang sangat bergantung pada penyedia layanan sistem ini.

Pertama, coba hentikan paksa layanan dan mulai ulang perangkat Anda. Begini cara melakukannya:

  • Buka Android Pengaturan dan ketuk Aplikasi.
  • Sekarang, cari Tampilan Web Sistem Android aplikasi.
  • Setelah Anda menemukan aplikasi di Pengaturan > Aplikasiketuk di atasnya.
  • Pilih Paksa berhenti.
  • Mulai ulang smartphone atau tablet.

Sekarang, Android seharusnya sudah memulai aplikasi Android System WebView. Coba buka aplikasi yang tidak dibuka sebelumnya. Seharusnya itu berjalan baik baik saja. Jika belum berfungsi, hapus instalan pembaruan Android System WebView dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pergi ke Pengaturan > Aplikasi > Tampilan Web Sistem Android.
  • Tap menu kebab atau ikon tiga titik di pojok kanan atas layar.
  • mengetuk Copot pemasangan pembaruan.
  • mengetuk OKE lagi untuk menyetujui tindakan tersebut.

Sekarang, coba jalankan aplikasi yang sebelumnya tidak berfungsi dengan baik. Jika aplikasi berfungsi, itu berarti setiap pembaruan terbaru untuk aplikasi Android System WebView mengandung bug. Anda harus menunggu pembaruan berikutnya. Periksa sering Google Play > avatar Anda > Kelola aplikasi dan perangkat > Lihat rincian di bawah Pembaruan tersedia untuk pembaruan terbaru alat WebView Sistem Android.

Metode 13: Jalankan Android dalam Safe Mode

Cara lain yang mungkin untuk memperbaiki aplikasi Android yang tidak berfungsi pada ponsel cerdas dan tablet adalah dengan memulai perangkat dalam mode aman. Dalam mode aman, sistem Android menghapus semua widget layar beranda. Jadi, catat widget layar beranda yang Anda gunakan atau cukup ambil tangkapan layar layar beranda. Saat Anda me-restart perangkat Android dalam mode normal, Anda dapat merujuk ke tangkapan layar atau catatan itu untuk mendapatkan kembali widget layar beranda Anda.

Berikut adalah petunjuk yang dapat Anda ikuti untuk mem-boot perangkat dalam mode aman:

  • Matikan perangkat Android Anda.
  • Tunggu 10 detik setelah perangkat dimatikan.
  • Sekarang, ketuk tombol daya dengan lembut untuk menghidupkan perangkat Android.
  • Segera setelah animasi startup dimulai atau logo pabrikan muncul, tekan dan tahan tombol volume bawah perangkat.
  • Terus tekan tombol sampai animasi startup berakhir dan perangkat Android melakukan booting ke safe mode.
  • Uji aplikasi yang sebelumnya tidak berfungsi.

Cara lainnya, tekan lama tombol daya saat perangkat hidup untuk menampilkan menu matikan. Ketuk dan tahan Matikan tombol untuk mendapatkan Mulai ulang ke mode aman pilihan. mengetuk OKE untuk mem-boot ulang perangkat ke mode aman.

Metode 14: Atur Ulang Pabrik Ponsel Anda

Reset pabrik harus selalu menjadi pilihan pertama untuk memperbaiki masalah aplikasi Android yang tidak berfungsi. Sebelum melakukan reset perangkat, salin data internal yang besar seperti video, dokumen, foto, dll., ke stik USB, hard drive eksternal, atau komputer. Juga, lakukan pencadangan paksa perangkat untuk menyinkronkan semua pengaturan, kontak, pesan, teks WhatsApp, dll., ke Google Drive.

Untuk memaksa pencadangan langsung, buka aplikasi Pengaturan dan buka Sistem > Cadangan > ketuk Cadangkan sekarang tombol.

Setelah Anda yakin bahwa proses pencadangan telah selesai, buka Pengaturan > Sistem > Setel ulang opsi > Hapus semua data (Reset pabrik) > ketuk Hapus semua data tombol untuk memulai proses.

Kesimpulan

Ini bisa sangat membuat frustrasi ketika aplikasi Android tidak berfungsi. Untuk membantu Anda dalam hal ini, saya telah membagikan metode tentang cara memperbaiki masalah “aplikasi Android untuk bekerja”. Anda dapat mengikuti pendekatan yang disebutkan di sini dan menyingkirkan masalahnya.

Dapatkan update berita seputar teknologi, Aplikasi, Tutorial setiap hari dari pikiranwarga.com.


Posted

in

, , ,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *