Membandingkan Label Privasi di Google Play Store dan Apple App Store

Membandingkan Label Privasi di Google Play Store dan Apple App Store

Anda sedang membaca artikel tentang Membandingkan Label Privasi di Google Play Store dan Apple App Store

Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Label privasi memastikan bahwa sebelum mengunduh aplikasi dari Google Play Store atau Apple App Store, Anda tahu tanpa ragu apakah itu mengumpulkan data Anda atau tidak, jenis data apa yang dikumpulkan, bagaimana data yang Anda kumpulkan diproses, dan jika dibagikan dengan pihak ketiga pesta pesta.

Namun, bagaimana perbandingan label privasi aplikasi di Google Play Store dan App Store? Apakah implementasi satu platform lebih baik, dan dapatkah Anda mempercayainya? Mari lihat.

Apa itu Label Privasi di Google Play Store atau Apple App Store?

Label privasi adalah bagian informasi yang tersedia di Play Store atau App Store yang merinci apakah suatu aplikasi mengumpulkan data, berbagai jenis data yang dikumpulkannya, cara menangani data pengguna, dan tujuan pengumpulan data tersebut.

Tema utama di balik label privasi aplikasi adalah membuat praktik pengumpulan data aplikasi menjadi transparan bagi Anda sebelum menekan tombol unduh. Sebelum diperkenalkan, pengembang hanya diminta untuk mencantumkan praktik data mereka dalam kebijakan privasi di situs web atau di dalam aplikasi mereka. Namun, kebijakan privasi ini seringkali panjang dan sulit diikuti, sehingga sulit untuk dipahami.

Google dan Apple menambahkan label privasi aplikasi untuk mengatasi masalah ini dengan menghadirkan praktik pengumpulan data aplikasi secara jelas dan ringkas.

Label Privasi Google Play Store vs Apple App Store

Label privasi adalah salah satu cara Google dan Apple memberikan transparansi seputar pengumpulan data oleh aplikasi di toko aplikasi mereka. Namun, kedua perusahaan menggunakan pendekatan yang sedikit berbeda untuk mencapai tujuan yang sama.

Informasi Apa yang Mereka Butuhkan

Di Google Play Store, label privasi aplikasi merinci empat detail utama: apakah aplikasi membagikan data dengan pihak ketiga, apakah aplikasi mengumpulkan data (dan jenis data yang dikumpulkan, jika ada), apakah aplikasi mengikuti praktik keamanan data terbaik , dan apakah Anda dapat meminta data Anda untuk dihapus.

Anda dapat melihat semua informasi ini sekilas di bawah Keamanan Data bagian di laman cantuman aplikasi. Di sini, developer juga dapat mencantumkan apakah data yang dikumpulkan bersifat wajib (bergantung pada apakah aplikasi memerlukan data agar berfungsi) atau opsional.

Di App Store Apple, label privasi dibagi menjadi tiga kategori: data yang digunakan untuk melacak Anda, data yang ditautkan ke Anda, dan data yang tidak ditautkan ke Anda. Anda dapat melihat kategori ini di halaman daftar aplikasi di bawah Privasi Aplikasi.

Mirip dengan Google, memahami label privasi App Store Apple mengharuskan Anda mengambil langkah ekstra dengan mengetuk Lihat rincian untuk melihat informasi komprehensif seperti data persis yang dikumpulkan dan tujuan pengumpulan data.

Namun, label privasi Apple melewatkan informasi lain yang tersedia di Play Store, seperti apakah aplikasi mengikuti praktik keamanan terbaik saat menangani data Anda, apakah Anda dapat meminta data Anda dihapus, atau apakah data yang dikumpulkan bersifat opsional atau wajib.

Apakah Label Privasi Aplikasi Diverifikasi?

Jauh dari perbedaan halus, pertanyaan kritisnya adalah label privasi platform mana yang dapat dipercaya. Jawaban singkatnya adalah tidak keduanya. Di kedua platform, label privasi dilaporkan sendiri, dan baik Google maupun Apple tidak memverifikasi apakah informasi yang dinyatakan akurat atau menyesatkan.

Seperti Google, label privasi aplikasi Apple mungkin tidak akurat untuk perusahaan yang disebut-sebut berada di garis depan dalam memperjuangkan privasi pengguna. Oleh karena itu, Anda tidak perlu terkejut melihat aplikasi yang bersumpah untuk tidak mengumpulkan data apa pun melakukan hal yang sebaliknya.

Selain itu, menurut kebijakan Google dan Apple, pengembang dapat memilih untuk tidak mencantumkan data sebagai data yang dikumpulkan atau dibagikan dalam beberapa kasus, meskipun mereka mengumpulkan dan berbagi.

Jangan Percayai Label Privasi Aplikasi

Label privasi aplikasi di Android dan iOS menyediakan cara mudah untuk melihat praktik pengumpulan data aplikasi. Ada beberapa perbedaan halus di Android dan iOS, dan label privasi Google menonjol karena lebih detail.

Namun, baik Google maupun Apple tidak memverifikasi data yang dinyatakan oleh pengembang, yang membuat label privasi menjadi kurang berharga. Jadi sebelum Anda mengunduh aplikasi karena label privasi mewahnya yang bersumpah untuk tidak mengumpulkan data Anda, verifikasi terlebih dahulu dengan memeriksa kebijakan privasinya.

sumber artikel: www.makeuseof.com

Dapatkan update berita seputar teknologi, Aplikasi, Tutorial setiap hari dari pikiranwarga.com.


Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *