Solusi untuk Hotspot Android Tidak Bisa Connect ke Laptop Windows 10

Solusi untuk Hotspot Android Tidak Bisa Connect ke Laptop Windows 10

Solusi untuk Hotspot Android Tidak Bisa Connect ke Laptop Windows 10, Hotspot bawaan pada semua perangkat Android modern sangat berguna untuk berbagi data internet Wi-Fi. Namun, terkadang laptop Windows 10 tidak dapat terhubung dengan hotspot seluler di Android. Hal ini dapat menyebabkan frustrasi dan menghambat produktivitas Anda. Berikut adalah beberapa penyebab dan solusi ketika laptop Anda tidak dapat terhubung dengan hotspot Android.

Penyebab Hotspot Android Tidak Bisa Connect ke Laptop Windows 10

Masalah pada driver jaringan khusus pada PC Windows, yang mungkin sudah usang atau rusak, adalah penyebab umum ketika hotspot Android tidak dapat terhubung ke laptop Windows 10. Selain itu, hal ini mungkin juga disebabkan oleh konflik dengan perangkat keras atau sistem operasi Windows 10 Anda. Alasan lainnya termasuk titik akses internet yang kewalahan atau pengaturan aplikasi Windows 10 yang salah.

Cara mengatasi Hotspot Android Tidak Bisa Connect ke Laptop Windows 10

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda coba untuk memperbaiki masalah ketika laptop tidak terhubung ke hotspot ponsel Android Anda:

1.Lakukan Pemeriksaan Awal

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan laptop Windows 10 dan perangkat Android sudah di-restart. Periksa juga apakah sakelar WiFi di laptop Anda dalam posisi aktif dan nonaktifkan firewall Windows 10 untuk sementara waktu, karena hal ini dapat menyebabkan konflik saat menyambung ke jaringan. Kemudian, periksa koneksi Anda dengan mengklik Pengaturan > Jaringan & Internet > WiFi dan matikan sakelar Set as metered connection. Jika masalah tetap terjadi, hapus (lupakan) jaringan WiFi yang menyebabkan masalah dan tambahkan kembali.

2.Jalankan Troubleshoot Koneksi Internet

Jika laptop Windows 10 Anda tidak terhubung ke jaringan, langkah pertama adalah memecahkan masalah dan menentukan penyebab masalah. Klik Mulai dan pilih Pengaturan Pembaruan dan Keamanan. Dari panel kiri, klik Troubleshoot, klik Koneksi Internet, dan klik Run Troubleshoot.

3.Gunakan Jaringan Terbuka

Coba gunakan jaringan terbuka (tanpa kata sandi) sebagai gantinya, karena jaringan terenkripsi (dengan enkripsi WAP dan kata sandi) dapat menyebabkan masalah koneksi. Buka Pengaturan Jaringan dan Internet, pilih Hotspot Seluler, klik Setel hotspot seluler, dan konfirmasikan tindakan. Setelah itu, coba sambungkan lagi.

4.Ubah Band Wi-Fi

Koneksi antara laptop Windows 10 dan hotspot seluler Android dapat dipengaruhi oleh frekuensi Wi-Fi. Jika perangkat Android Anda membagikan Wi-Fi melalui band 5GHz dan kartu Wi-Fi tidak mendukungnya, maka koneksi tidak akan berhasil. Dalam kasus ini, Anda perlu mengubah frekuensi dari 5GHz menjadi 2.4GHz dan mencoba koneksi lagi. Caranya adalah dengan membuka Pengaturan Jaringan dan Internet Hotspot Seluler, lalu pilih 2,4GHz di bawah Network Band dan simpan perubahan.

5.Masalah Adaptor Jaringan

Jika Anda mengalami masalah dengan adaptor jaringan nirkabel atau lainnya, langkah yang bisa dilakukan adalah mencoba menemukan dan memperbaiki masalahnya. Klik Mulai, lalu pilih Pengaturan Pembaruan dan Keamanan. Dari panel kiri, klik Troubleshoot, lalu klik Network Adapters untuk mengembangkannya dan jalankan pemecah masalah.

6.Perbarui Driver Adaptor Jaringan

Driver adaptor jaringan yang tidak kompatibel atau ketinggalan zaman bisa menyebabkan laptop Anda tidak terhubung ke hotspot Android. Jika Anda baru-baru ini memperbarui Windows 10 atau driver, pastikan driver tersebut cocok dengan versi Windows terbaru. Caranya adalah dengan membuka Device Manager, klik Network Adapters untuk memperluas daftar, lalu periksa adaptor jaringan Anda, klik kanan padanya, dan pilih Perbarui driver. Klik Cari secara otomatis untuk mencari perangkat lunak driver yang diperbarui dan ikuti instruksi di layar. Setelah itu, restart komputer untuk melihat apakah koneksi pulih.

7.Cek Mode Kompabilitas

Jika Anda sudah mengunduh driver adaptor jaringan untuk laptop Windows 10 dan masalah koneksi masih belum teratasi, coba instal dalam mode kompatibilitas. Caranya adalah dengan mengunduh driver dari situs produsen perangkat, klik kanan pada file setup, pilih Properties, klik tab Kompatibilitas, dan centang kotak “Jalankan program ini dalam mode kompatibilitas”. Dari menu tarik turun, pilih versi Windows sebelumnya dan instal driver. Kemudian restart komputer dan periksa koneksi.

8.Gunakan Command Prompt Windows 10

Anda dapat mengonfigurasi beberapa pengaturan melalui Command Prompt dan memeriksa koneksi internet setelah menjalankan setiap perintah. Caranya adalah dengan mengetikkan CMD di kotak pencarian, klik Command Prompt> Run as administrator, lalu ketikkan setiap perintah yang dibutuhkan dan tekan Enter sambil memeriksa koneksi internet.

Jalankan step dibawah:

  • netsh winsock reset
  • netsh int ip reset
  • ipconfig /release
  • ipconfig /renew
  • ipconfig /flushdns
  • reg delete HKCRCLSID{988248f3-a1ad-49bf-9170-676cbbc36ba3} /va /f
  • netcfg -v -u dni_dne

Atur Ulang Pengaturan Jaringan Android

Jika Anda mengalami masalah dengan koneksi hotspot Android, cobalah mengatur ulang pengaturan jaringan perangkat Android Anda. Pastikan firmware diperbarui dan kemudian setel ulang pengaturan jaringan yang asli. Namun, harap dicatat bahwa ini akan menghapus SSID yang mungkin telah Anda simpan, perangkat yang dipasangkan Bluetooth, dan pengaturan data seluler,

Nonaktifkan Firewall

Firewall dapat memblokir koneksi ke hotspot seluler Android, terutama jika pengaturan firewall Anda ketat. Untuk sementara, Anda dapat menonaktifkan firewall untuk memeriksa apakah masalah teratasi. Pastikan untuk mengaktifkan kembali firewall setelah menyelesaikan tes koneksi.

  1. Klik Mulai dan pilih Pengaturan> Update & Security> Windows Security.
  2. Di panel kiri, klik Firewall & network protection.
  3. Klik opsi jaringan yang sedang digunakan (misalnya, Wi-Fi) dan matikan firewall dengan menggeser tombol di bawah “Windows Defender Firewall” ke posisi “Off”.
  4. Coba sambungkan ke hotspot seluler Android Anda dan periksa apakah koneksi berhasil. Jangan lupa untuk mengaktifkan kembali firewall setelah melakukan tes.

Hapus dan Instal Ulang Perangkat Wi-Fi

Jika semua langkah di atas belum berhasil, coba hapus perangkat Wi-Fi dari komputer Anda dan instal ulang.

  1. Buka Device Manager dan perluas daftar Network adapters.
  2. Klik kanan perangkat Wi-Fi Anda dan pilih Uninstall device. Pastikan untuk memilih kotak centang “Delete the driver software for this device” saat diminta.
  3. Setelah perangkat Wi-Fi dihapus, klik tombol “Scan for hardware changes” di bagian atas jendela Device Manager untuk mencari perangkat Wi-Fi dan menginstal ulang driver-nya.
  4. Nyalakan kembali komputer dan coba sambungkan ke hotspot seluler Android Anda.

Jika masalah masih terjadi, mungkin ada masalah dengan kartu Wi-Fi di laptop Anda. Anda mungkin perlu membawanya ke pusat servis atau menghubungi produsen untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Kesimpulan

Ketika laptop Windows 10 Anda tidak dapat terhubung ke hotspot seluler di ponsel Android Anda, beberapa faktor dapat menjadi penyebabnya. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mudah dan mendapatkan kembali koneksi internet di laptop Windows 10 Anda. Jika semua upaya Anda gagal, Anda dapat meminta bantuan dari teknisi komputer profesional untuk memperbaiki masalah tersebut.


Posted

in

, ,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *