Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Telepon Tanpa Menghapus Aplikasi

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Telepon Tanpa Menghapus Aplikasi

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Telepon Tanpa Menghapus Aplikasi, Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Meski banyak perangkat masa kini yang menggunakan penyimpanan internal berkapasitas besar, masalah kehabisan ruang penyimpanan masih menghantui kita.

Apalagi Anda juga tidak ingin menghapus berbagai aplikasi yang digunakan untuk pekerjaan rutin, hiburan, percakapan, dan lainnya. Padahal beberapa aplikasi tersebut bisa memakan kapasitas ruang penyimpanan yang besar.

Mau tidak mau, Anda harus mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi sama sekali. Sebagai solusinya, Anda bisa melakukan berbagai hal selain menghapus atau memindahkan file yang sudah tidak penting lagi.

1. Kelola Data Pribadi dan Penting

Kita semua tahu bahwa penyimpanan internal memiliki kecepatan tinggi sehingga banyak file sistem dan aplikasi disimpan di dalamnya. Agar tidak mengganggu kinerja, Anda bisa memindahkan data yang tidak penting lagi ke storage lain.

Biasanya banyak foto, lagu, dan video yang menjadi kenangan, jadi lebih baik dipindahkan ke penyimpanan lain agar bisa kembali lega dan lebih aman.

Selain itu, Anda juga dapat menghapus file foto, video, dan lagu berukuran besar yang dirasa sudah tidak diperlukan lagi karena hanya akan memakan ruang penyimpanan.

2. Cadangkan Foto di Foto Google

Google Photos yang bisa diunduh dari Google Play Store ini biasanya dipasang langsung di berbagai perangkat Android. Selain bisa digunakan untuk mengakses foto yang telah diambil menggunakan kamera perangkat, Anda juga bisa membackup foto langsung ke cloud storage.

Anda dapat mencadangkan setiap foto yang Anda ambil secara otomatis sehingga kapasitas penyimpanan internal perangkat tidak terlalu penuh. Namun perlu dicatat bahwa Google hanya menyediakan kapasitas 15GB untuk akun gratis, jadi Anda perlu berlangganan jika melebihi itu.

3. Hapus Cache Aplikasi

Biasanya sistem akan membuat file cache dan menyimpannya untuk setiap aplikasi yang pernah dijalankan. Cache adalah data sementara yang berfungsi untuk mempercepat akses aplikasi.

Namun seiring dengan pemakaian, ukuran cache akan bertambah dan menumpuk yang tentunya memenuhi penyimpanan internal perangkat. Anda juga dapat menghapus cache setiap perangkat dengan mengunjungi Pengaturan kemudian masuk ke menu aplikasi atau Manajemen Aplikasi.

Setelah memilih aplikasi mana, tekan menu aplikasi Info dan masuk ke menu Penyimpanan penggunaan untuk menemukan tombol jernih cache yang dapat digunakan untuk menghilangkannya.

Perlu dicatat bahwa cache akan dibuat ulang saat Anda membuka aplikasi. Sehingga Anda perlu menghapusnya secara berkala, terutama pada aplikasi sosial media, chatting, atau email yang biasanya memiliki cache yang besar.

4. Gunakan fitur pembersih bawaan

Berbagai perangkat kini telah menyematkan aplikasi Cleaner yang dapat membantu pengguna membersihkan sampah, cache, atau file-file mengganggu lainnya.

Aplikasi Pembersih akan secara otomatis mendeteksi file mana yang dapat dihapus dengan aman. Bahkan jika ada beberapa file berukuran besar, aplikasi akan memberikan saran agar Anda menghapusnya.

Biasanya aplikasi Cleaner akan memindai secara otomatis ketika Anda membukanya sehingga cukup menekan tombol Clean Now atau yang lainnya tergantung yang ingin Anda lakukan.

5. Instal Aplikasi Pembersih Pihak Ketiga

Jika belum tersedia aplikasi cleaner bawaan atau masih kurang, maka solusinya adalah dengan mendownload aplikasi seperti CCleaner, Pembersih Nox dan lebih banyak dari Google Play.

Biasanya aplikasi Cleaner akan langsung menampilkan tombol pembersih di halaman utama dengan icon dan tulisan berukuran besar sehingga akan sangat mudah diakses oleh pengguna awam sekalipun.

Dapatkan update berita seputar teknologi, Aplikasi, Tutorial setiap hari dari pikiranwarga.com.


by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *