Cara Memilih Kamera HP yang Bagus, Panduan Sebelum Membeli HP

Cara Memilih Kamera HP yang Bagus, Panduan Sebelum Membeli HP

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Memilih Kamera HP yang Bagus, Panduan Sebelum Membeli HP, Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Fitur kamera HP menjadi salah satu poin penting yang harus diperhatikan saat membeli ponsel. Meski sebuah ponsel memiliki banyak fitur canggih, terkadang ada yang tidak membelinya karena spesifikasi kamera HP yang disematkan di dalamnya dinilai rendah.

Wajar saja, karena kamera HP saat ini dibutuhkan untuk berbagai keperluan, baik pengambilan foto maupun video untuk berbagai keperluan. Apalagi jika Anda aktif di media sosial, tentunya Anda harus sering-sering membagikan foto atau video menarik hasil jepretan kamera HP.

Spesifikasi HP sangat erat kaitannya dengan fitur yang disematkan pada kameranya. Terkait hal tersebut, ada beberapa fitur kamera yang keberadaannya sangat penting. Sobat harus memastikan fitur-fitur tersebut ada pada kamera HP yang akan dibeli. Apa saja fitur-fitur ini? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

9 Fitur Penting Yang Wajib Ada Pada Kamera HP

1. Ada Fitur Autofocus

Keberadaan fitur autofokus pada ponsel sangatlah penting. Bahkan bisa dikatakan menjadi salah satu fitur wajib yang harus ada. Sebab, keberadaannya sangat membantu kamera ponsel dalam menghasilkan foto yang bagus.

Dengan fitur ini, kamera HP bisa mengunci atau fokus pada objek yang disorot kamera. Oleh karena itu, jika fitur ini tidak ada, tentunya hasil jepretan kamera akan terlihat buram dan tidak jelas untuk dilihat.

Ukuran megapiksel yang besar pada kamera ponsel bukan satu-satunya faktor penentu kualitas hasil jepretan. Tetap saja hasilnya akan mengecewakan jika tidak didukung fitur autofokus.

2. Perhatikan aperture

Pada kamera HP terdapat lubang kecil yang keberadaannya memungkinkan cahaya dari luar masuk ke lensa kamera. Nah, lubang kecil itu disebut aperture. Oleh karena itu, aperture ini berperan penting dalam membantu menghasilkan foto dengan kualitas terbaik.

Dengan aperture, dimensi foto dengan latar belakang yang agak kabur bisa ditambahkan. Jadi, sobat tetap bisa mendapatkan tangkapan gambar yang bagus, meski dalam kondisi minim cahaya.

3. Memiliki LED Flash

Keberadaan fitur LED Flash pada kamera ponsel juga sangat penting. Oleh karena itu, pastikan fitur ini ada pada kamera HP yang akan Anda beli. Perhatikan juga bagaimana pencahayaan yang dimilikinya.

Mengapa keberadaannya begitu penting? Jawabannya karena saat ingin memotret objek di ruangan dengan pencahayaan yang kurang, fitur LED Flash akan membuat hasil jepretan menjadi lebih cerah.

4. Memiliki Kualitas Perekaman 4K

Cara memilih kamera HP yang bagus selanjutnya adalah dengan memperhatikan keberadaan fitur rekam 4K di dalamnya. Pastikan fitur ini ada pada kamera HP yang akan Anda beli. Sebab, fitur ini akan sangat mendukung aktivitas Anda dalam membuat video.

Jika sebelumnya kualitas video HD (1080p) dianggap yang terbaik, maka kualitas video yang dihasilkan dengan kamera yang memiliki fitur 4K ini pun semakin tajam dan jernih. Oleh karena itu, keberadaan fitur ini tidak bisa dianggap sepele.

5. Fitur HDR

Keberadaan fitur HDR (High Dynamic Range) pada sebuah kamera juga sangat penting. Maka dari itu, saat ingin memiliki ponsel dengan kamera berkualitas, pastikan fitur ini ada di dalamnya.

Fitur HDR akan membantu kamera mengambil gambar dengan rentang pencahayaan yang luas dan dinamis, dibandingkan kamera HP yang tidak memiliki fitur HDR.

Jika Anda memotret suatu objek menggunakan mode HDR, kamera akan dapat mengambil gambar secara bersamaan dengan pencahayaan yang berbeda. Setelah itu, semua hasil jepretan tadi akan digabungkan menjadi satu foto dan hanya akan dipilih bagian terbaik dari foto tersebut untuk setiap foto yang diambil.

Oleh karena itu, jangan heran jika kamera HP membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk mengambil gambar saat Anda mengaktifkan fitur HDR pada kamera.

6. Fitur Sensor

Kehadiran fitur sensor pada kamera HP juga berperan penting dalam menghasilkan bidikan yang baik. Oleh karena itu, salah satu cara memilih kamera HP yang bagus adalah dengan memastikan fitur ini terdapat pada kamera HP yang ingin Anda beli.

Sobat tentunya tahu kan bahwa resolusi kamera pada Apple iPhone terbilang “rendah” jika dibandingkan dengan resolusi 48MP atau lebih pada ponsel Android. Namun nyatanya, pengambilan gambar kamera iPhone justru lebih baik.

Mengapa demikian? Jawabannya terletak pada kualitas sensor yang digunakan. Pasalnya, Apple iPhone menggunakan sensor berkualitas tinggi pada ponsel terbaru yang dirilisnya. Misalnya saja iPhone 13 Pro Max yang disematkan sensor Sony IMX 7-series yang ketangguhannya tidak perlu diragukan lagi.

Sayangnya, tidak mudah mengetahui kualitas sensor yang digunakan pada sebuah produk HP karena jarang tertera di spesifikasinya. Sebelum membelinya, Anda bisa mengetahuinya dari berbagai review di internet, atau mengecek langsung dengan orang yang sudah menggunakannya.

7. Fitur zoom

Jika Anda memiliki hobi memotret objek dari jarak jauh, maka keberadaan fitur zoom sangatlah penting. Maka dari itu, pastikan fitur ini ada pada ponsel yang akan kamu beli.

Namun sebelum itu perlu anda ketahui bahwa zoom terbagi menjadi 2 yaitu digital dan optical. Keduanya sangat mempengaruhi kualitas bidikan yang dihasilkan nantinya. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui jenis zoom yang disematkan pada kamera HP.

8. Fitur OIS

Cara memilih kamera HP yang bagus selanjutnya adalah dengan memastikan memiliki fitur OIS. Tapi pertama-tama, apa itu OIS?

Harap dicatat bahwa OIS adalah singkatan dari Optical Image Stabilizer atau Optical Image Stabilization. Fungsi utamanya adalah untuk menstabilkan gambar. Saat sobat ingin mengabadikan gambar atau video menggunakan kamera HP, fitur ini akan memastikan gambar atau video yang diambil tetap stabil.

Fitur OIS ini ditempatkan pada lensa kamera. Kehadirannya sangat penting dalam membantu menghindari hasil foto dan video yang terlalu goyang.

9. Video gerak lambat

Jika Anda seorang videografer atau seseorang yang aktif membagikan video buatan sendiri di media sosial, tentunya keberadaan fitur Slow-motion video pada kamera HP yang akan digunakan sangatlah penting. Karena dengan fitur ini sobat sudah bisa merekam video slow motion. Untuk membuat video dengan adegan sinematik, fitur ini sangat dibutuhkan.

Adanya fitur ini memungkinkan kamera HP menyajikan rekaman video dengan objek yang bergerak 32 kali lebih lambat dari video biasa. Jika Anda sering membuat video dengan adegan slow, tentunya fitur slow motion sangat dibutuhkan.

Itulah cara memilih kamera HP yang bagus pada postingan kali ini. Semoga dapat memberikan gambaran tentang masalah ini. Meskipun keberadaan fitur-fitur tersebut di atas sangat penting, ada baiknya Anda memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

sumber artikel: www.androidponsel.com

Dapatkan update berita seputar teknologi, Aplikasi, Tutorial setiap hari dari pikiranwarga.com.


by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *