Cara Cek iPhone Asli dengan Mudah!

Cara Cek iPhone Asli dengan Mudah!

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Cek iPhone Asli dengan Mudah!

Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Sebelum Anda membeli smartphone apalagi jika bekas, ada baiknya Anda mengetahui cara cek iPhone asli agar tidak mudah terkecoh.

iPhone merupakan smartphone Apple yang menjadi pesaing Android saat ini. iPhone terus berinovasi dengan teknologinya untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Banyak pengguna Android yang beralih menggunakan iPhone karena spesifikasi dan desainnya yang berkelas.

Namun, sama seperti smartphone Android, iPhone juga banyak ditiru bahkan ditiru sedemikian rupa. Jika saat ini Anda menggunakan iPhone, mungkin Anda bertanya-tanya apakah iPhone Anda benar-benar barang asli atau iPhone palsu yang didesain sedemikian rupa?

Daripada bertanya-tanya, simak saja penjelasannya di bawah ini, kami akan membagikan cara cek iPhone asli yang bisa kamu coba.

metode Cek iPhone Asli Melalui IMEI

Sebenarnya cara cek iphone ori ori asli sangat mudah, namun anda harus benar-benar paham cara cek agar benar benar valid. Cara paling ampuh adalah Anda harus bisa membaca IMEI perangkat.

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk mengetahui apakah iPhone kamu asli atau tidak, kamu bisa melalui cara ini, yaitu dengan mengecek IMEI Apple termasuk iPhone.

Perlu diketahui IMEI adalah nomor seri mesin yang dikeluarkan oleh pabrik sebagai identitas ponsel. Nah, ada beberapa cara untuk mengeceknya, sebagai berikut:

Periksa IMEI iPhone Melalui Menu Pengaturan

Disini kamu bisa masuk ke menu setting atau klik ikon roda gigi di iPhone kamu lalu kamu bisa mencari ponsel. Ada informasi di ponsel beserta nomor IMEI-nya.

Cara lengkap mencari IMEI/MEID atau ICCID anda bisa masuk ke Settings > general dan pilih menu about, lalu cari serial number, scroll ke bawah untuk mencari IMEI iPhone.

Untuk mendapatkan nomor IMEI iPhone untuk keperluan pengecekan, Anda dapat menyentuh dan menahan nomor yang akan disalin, kemudian nomor tersebut akan otomatis tersalin untuk Anda kirimkan.

Jadi, jika ingin mengecek IMEI iPhone yang terdaftar di Kemendagri atau tidak, bisa langsung ke laman https://imei.kemenperin.go.id/ dan rekatkan IMEI iPhone yang Anda dapatkan.

Nantinya, jika IMEI perangkat sudah terdaftar, database Kemenperin akan menunjukkan bahwa perangkat sudah terdaftar di Kementerian Perindustrian yang artinya sudah terdaftar dan bisa digunakan di Indonesia dan juga asli.

Periksa Kartu Kemasan iPhone IMEI

Selanjutnya, Anda bisa mengecek IMEI iPhone atau produk Apple lainnya di kemasan produk. Biasanya IMEI tertera di bagian luar atau di dalam kotak kemasan pembelian.

Jika Anda membeli iPhone bekas, Anda harus benar-benar memeriksa IMEI iPhone baik dari kotak dan juga pengaturannya. Nah sobat coba cari nomor IMEI yang ada di kemasan, jika sudah ketemu silahkan dicocokkan dengan IMEI yang ada di pengaturan perangkat.

Jika cocok atau sama, berarti iPhone tersebut asli dan Anda dapat mempertimbangkan untuk membelinya.

Periksa Informasi iPhone Dengan IMEI Melalui Situs Web

Nah jika anda masih penasaran dengan informasi tentang iPhone asli anda atau tidak, anda bisa mencoba cara mengetahui informasi hp dari IMEI melalui website. Bagaimana caranya?

  • Pertama-tama, silakan kunjungi situsnya imei.info
  • Jika demikian, masukkan nomor IMEI ponsel Anda di bilah pencarian.
  • Jika sudah menuliskan nomor IMEI Hp anda, maka silahkan isi Captcha dan klik tombol “Memeriksa“.
  • Nah sobat harus menunggu beberapa detik, nanti di halaman website akan muncul informasi nomor IMEI yang berisi model, perusahaan manufaktur, tahun rilis, hingga spesifikasi hardware. Di sini Anda dapat mengetahui apakah iPhone Anda asli atau tidak.
  • Selesai!

Cek iPhone Asli dari Layar

Cara cek keaslian iPhone selanjutnya untuk mengetahui apakah iPhone Anda asli atau tidak adalah dengan mengecek layarnya. iPhone sendiri memiliki teknologi bernama Retina Display. Teknologi ini memungkinkan layar iPhone menjadi sangat jernih.

Karena retina display sendiri memiliki matriks yang sangat kecil dan rapat, maka untuk melihat jarak antar matriks atau piksel diperlukan alat zoom seperti kaca pembesar. Hal ini memungkinkan retina display membuat layar iPhone memiliki resolusi tinggi yang tidak dimiliki ponsel lain.

Sekarang iPhone palsu atau imitasi, tidak memiliki teknologi layar seperti itu, alias layarnya tidak sejernih iPhone asli. Silahkan cek dan bandingkan untuk mengetahui iPhone asli atau palsu yang ingin Anda beli.

Cek iPhone Asli Melalui App Store

Cara lain untuk mengetahui apakah iPhone asli atau palsu adalah dengan melihat aplikasi Apps Store. Apps Store sama dengan Play Store di Android. Yang berfungsi untuk mendownload aplikasi dan semacamnya.

Sekarang di HP iPhone palsu, Apps store tidak dimiliki dan kalaupun ada tidak bisa diakses, dan juga banyak Apps Store yang dimodifikasi dari luar, ketika kita masuk ke apps store, kita masuk ke Play Store atau Windows Phone Store .

Bisa dipastikan 100%, iPhone tersebut palsu atau KW, jadi sebelum membeli iPhone bekas, pastikan Anda mengecek keasliannya dengan mencoba mengakses Apps store.

Pemeriksaan Bahan iPhone

Cara memastikan iPhone Anda asli atau tidak selanjutnya adalah dengan memperhatikan bahan yang Anda miliki.

Pada iPhone original, material logam pada casing terasa lebih kuat dan tidak mudah tergores. Dan sebaliknya, pada iPhone palsu, bahan pada casingnya cenderung lebih mudah tergores.

Intinya, iPhone asli akan terlihat sangat kokoh dan premium, sehingga jika Anda memegang perangkat tersebut Anda akan merasa bahwa iPhone tersebut asli atau palsu.

Jika Anda tidak yakin, Anda harus memeriksa keaslian iPhone dengan cara lain yang telah kami sebutkan di atas.

Cek iPhone Asli Melalui Perangkat Lunak iTunes

Cek iPhone asli selain melalui App Store, Anda juga bisa melalui iTunes. Sebagai informasi iTunes adalah software atau aplikasi resmi Apple untuk dapat mengakses dan memasukkan lagu, file, video dan lain sebagainya.

Nah karena iTunes hanya akan membaca atau mendeteksi iPhone asli. Jadi jika iPhone Anda tidak terdeteksi, bisa dipastikan iPhone Anda palsu.

Untuk mengetahui iPhone melalui iTunes, berikut caranya:

  • Pertama, Anda dapat menghubungkan atau mencolokkan iPhone Anda ke PC / Laptop atau Mac Anda.
  • Sobat bisa mendownload iTunes melalui website resminya disini https://support.apple.com/downloads/itunes
  • Jika demikian, silakan instal iTunes di PC Anda.
  • Kemudian buka iTunes, sekarang jika iTunes dapat mendeteksi perangkat iPhone yang Anda sambungkan, Anda dapat memastikan bahwa iPhone yang Anda miliki adalah produk asli. Jika tidak terdeteksi, berarti iPhone Anda palsu.

Cek iPhone Asli Melalui Slot Memori Eksternal

Nah cara terakhir untuk mengetahui iPhone asli atau palsu adalah dengan melihat body iPhone apakah ada slot untuk SD card atau tidak.

Pasalnya, pada iPhone original, perangkat tersebut tidak memiliki slot SD card atau memori eksternal. Jika iPhone Anda memiliki slot untuk SD card, siap-siap kecewa karena ternyata iPhone tersebut palsu atau KW.

Cek Harga dan Bandingkan iPhone Asli dan Palsu

Dengan cara ini sobat bisa mengetahui informasi harga iPhone yang ingin sobat beli. Anda dapat mencari melalui internet di forum dan di toko online, termasuk ecommerce.

Jika iPhone dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari harga pasaran pada umumnya, Anda harus sadar bahwa yang Anda jual adalah iPhone palsu.

Namun sekali lagi, untuk mengecek keasliannya, Anda harus langsung mengecek sendiri seperti yang sudah kami uraikan di atas.

Untuk lebih jelasnya sobat juga bisa menonton video cara membedakan iPhone asli dan palsu atau biasa disebut iPhone HDC, video tersebut dibuat oleh iamcherish Apple Pro Channel, menariknya video tersebut sangat lengkap mengulas bagaimana cara mengetahuinya perbedaan antara kedua ponsel.

Jadi kami sarankan Anda untuk menonton video lengkapnya di bawah ini.

Akhir kata

Bagaimana? Tidak mudah untuk memeriksanya? Silakan periksa iPhone asli atau palsu dengan hati-hati. Jika ternyata iPhone Anda palsu, Anda bisa melaporkannya ke toko tempat Anda membelinya.

Dan ini juga bisa menjadi pelajaran untuk kedepannya bagi sobat dan kita semua untuk berhati-hati sebelum membeli iPhone.

sumber artikel: www.androidponsel.com

Dapatkan update berita seputar teknologi, Aplikasi, Tutorial setiap hari dari pikiranwarga.com.


by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *