Cara Mengatur Kesehatan Digital di Android

Cara Mengatur Kesehatan Digital di Android

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Mengatur Kesehatan Digital di Android, Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Seharusnya tidak mengherankan bahwa banyak dari kehidupan kita sebagian besar didorong oleh perangkat yang berbeda yang terus-menerus bersaing untuk mendapatkan perhatian kita. Banyaknya notifikasi saja adalah salah satu alasan utama mengapa jam tangan semakin populer, bersama dengan banyak manfaat kesehatan yang mereka berikan. Tetapi bahkan jika Anda memiliki jam tangan pintar, itu tidak berarti Anda akan benar-benar menggunakan ponsel Anda lebih sedikit, terutama jika pemberitahuan yang dapat ditindaklanjuti muncul.

Apa itu Kesehatan Digital?

Selama beberapa tahun terakhir, Apple dengan iOS dan Google dengan Android telah ditingkatkan dengan beberapa fitur yang dirancang untuk meningkatkan “Kesejahteraan Digital” Anda. “Takut ketinggalan” adalah masalah nyata saat ini, dan kenyataannya adalah bahwa terus-menerus terganggu dapat menyebabkan kehilangan hal-hal penting yang terjadi di dunia sekitar Anda.

Di luar kotak, sulit untuk menentukan aplikasi apa yang paling sering Anda gunakan, dan mana yang pada dasarnya merupakan “kejahatan yang diperlukan” seperti email atau pesan teks. Berkat penerapan Digital Wellbeing di Android, Anda sebenarnya bisa mendapatkan gambaran umum tentang berapa banyak waktu yang Anda habiskan di ponsel Anda. Lebih jauh lagi, Anda dapat menggunakan Digital Wellbeing di Android untuk menghentikan diri Anda dari membuka aplikasi yang mengganggu, dan memastikan bahwa ponsel Anda tidak mengganggu Anda saat Anda tidur.

Cara Mengatur Kesehatan Digital di Android

Untuk menyiapkan Kesehatan Digital di Android, sebenarnya cukup mudah. Meskipun secara teknis diberi label sebagai fitur “beta”, ini tersedia langsung di aplikasi Pengaturan di hampir semua ponsel Android yang dirilis setelah 2019. Langkah-langkah di bawah ini akan membawa Anda ke proses penyiapan:

  1. Buka Pengaturan aplikasi di ponsel Android Anda.
  2. Gulir ke bawah dan ketuk Kesehatan Digital & kontrol orang tua.
  3. Jika ini pertama kalinya Anda mengakses Kesehatan Digital, Anda akan diminta untuk menyiapkan profil.
  4. Ikuti langkah-langkah di layar untuk membuat profil Anda.
  5. Setelah selesai, gulir ke bagian bawah Digital Wellbeing Dashboard.
  6. Ketuk sakelar di sebelah Tampilkan ikon di daftar aplikasi ke Pada posisi.

Terlepas dari kenyataan bahwa Digital Wellbeing Dashboard dapat diakses dari aplikasi Pengaturan, tidak ada aplikasi sebenarnya untuk ini yang tersedia secara default. Di situlah langkah terakhir dalam proses di atas, karena Google memungkinkan Anda untuk menambahkan Pintasan Aplikasi untuk mengakses Kesehatan Digital dengan cepat tanpa membuka aplikasi Pengaturan.

Setelah mengatur Kesehatan Digital untuk pertama kalinya, Anda akan disajikan dengan grafik di bagian atas halaman, memberi Anda rincian tentang berapa lama Anda telah menggunakan aplikasi yang berbeda. Area halaman ini juga menunjukkan berapa menit ponsel Anda telah digunakan, berapa kali dibuka, dan berapa banyak notifikasi yang diterima.

Siapkan Pengatur Waktu Aplikasi Kesehatan Digital

Setelah Anda mulai mendapatkan ide yang lebih baik tentang aplikasi apa yang “membuang waktu Anda”, Anda mungkin ingin memeriksa menggunakan Pengatur Waktu Aplikasi dalam Kesehatan Digital. Penting untuk dicatat, bahwa Anda tidak akan mendapatkan rincian lengkap tentang waktu penggunaan aplikasi sampai setelah Digital Wellbeing diaktifkan, dan Anda terus menggunakan ponsel Anda.

Dengan mengingat hal itu, setelah satu atau dua hari, Anda akan ingin mengunjungi kembali Digital Wellbeing Dashboard untuk melihat seperti apa hasilnya. Tentu saja, Anda mungkin sudah tahu aplikasi apa yang paling sering Anda gunakan. Dengan menggunakan Pengatur Waktu Aplikasi, Anda dapat membantu mengekang “kecanduan aplikasi” Anda, dan berikut ini cara mengatur Pengatur Waktu Aplikasi:

  1. Buka Pengaturan aplikasi di ponsel Android Anda.
  2. Gulir ke bawah dan ketuk Kesehatan Digital & kontrol orang tua.
  3. Di bawah Cara untuk memutuskan sambungan bagian, ketuk Dasbor.
  4. Temukan aplikasi yang ingin Anda atur timernya dalam daftar di bawah bagan yang ditampilkan.
  5. Ketuk pengatur waktu ikon di sebelah kanan aplikasi.
  6. Dari kotak dialog yang muncul, pilih lama waktu yang Anda inginkan untuk dapat menggunakan aplikasi.

Saat Anda mengatur timer aplikasi, Anda akan dapat menggunakan aplikasi itu selama waktu yang disediakan. Setelah waktu yang ditentukan tercapai, ikon aplikasi akan tampak abu-abu di Layar Beranda Anda, dan Anda harus memasukkan kode sandi ponsel Anda untuk melewati pengatur waktu aplikasi.

Atur Mode Waktu Tidur Kesehatan Digital

Salah satu penyebab terbesar bagi mereka yang berjuang untuk mendapatkan tidur malam yang baik adalah smartphone Anda (atau perangkat elektronik lainnya). Bunyi dengungan dan bunyi bip yang terus-menerus dapat menyebabkan kecemasan, dan menatap cahaya yang dipancarkan dari ponsel Anda dapat membuat Anda merasa gelisah. Google juga memikirkan hal ini, karena ada Mode Waktu Tidur yang tersedia untuk diatur dalam Kesehatan Digital.

Ada beberapa opsi dan pengaturan yang berbeda untuk diubah, jadi Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda melalui masing-masing untuk mengatur Mode Waktu Tidur dengan benar untuk kebutuhan Anda.

  1. Buka Pengaturan aplikasi di ponsel Android Anda.
  2. Gulir ke bawah dan ketuk Kesehatan Digital & kontrol orang tua.
  3. Di bawah Cara untuk memutuskan sambungan bagian, ketuk mode waktu tidur.
  4. Gulir ke bawah dan ketuk Rutinitas sebelum tidur drop-down.
  5. Pilih salah satu dari berikut ini:
    • Gunakan jadwal
    • Nyalakan saat mengisi daya
    • Tidak ada
  6. Setelah dipilih, ketuk Sesuaikan drop-down.
  7. Beralih Jangan Ganggu untuk mode Waktu Tidur aktif atau nonaktif jika Anda ingin mengaktifkan Jangan Ganggu saat mode Waktu Tidur diaktifkan.
  8. Mengetuk Opsi layar pada waktu tidur.
  9. Sesuaikan opsi berikut:
    • Grayscale – Mengubah layar menjadi hitam putih
    • Jaga agar layar tetap gelap – Matikan tampilan selalu aktif
    • Redupkan wallpapernya
    • Tema gelap – Gunakan latar belakang hitam. Jika Anda memilih opsi ini, Tema gelap hanya digunakan saat Mode Waktu Tidur aktif.
  10. Setelah Anda selesai, ketuk <- ikon di pojok kiri atas.
  11. Beralih Matikan mode Waktu Tidur di alarm berikutnya hidup atau mati.
  12. Ketuk <- ikon di pojok kiri atas.

Bagi banyak orang, mengatur Rutinitas Waktu Tidur sangat penting untuk meningkatkan peluang Anda untuk tidur saat Anda membutuhkannya. Setelah semuanya diatur, Anda akan mendapatkan notifikasi setiap malam berdasarkan jadwal, memberi tahu Anda bahwa sudah waktunya untuk mulai mereda. Ini juga sesuatu yang kami lihat di beberapa jam tangan pintar dan pelacak kebugaran, seperti Fitbit dan Apple Watch.

Atur Mode Fokus dalam Kesehatan Digital

Ketika Apple mengumumkan Mode Fokus untuk iOS 15, ada banyak kegembiraan karena ini pada dasarnya Jangan Ganggu pada steroid. Apa yang mungkin tidak Anda ketahui adalah bahwa Google telah menerapkan mode Fokusnya sendiri langsung dari Dasbor Kesehatan Digital. Inilah cara Anda dapat melalui dan mengatur Mode Fokus di Android:

  1. Buka Pengaturan aplikasi di ponsel Android Anda.
  2. Gulir ke bawah dan ketuk Kesehatan Digital & kontrol orang tua.
  3. Di bawah Cara untuk memutuskan sambungan bagian, ketuk Mode fokus.
  4. Di bawah Pilih aplikasi yang mengganggu bagian, buka daftar dan ketuk kotak di sebelah setiap aplikasi yang ingin Anda jeda dan sembunyikan notifikasinya.
  5. Setelah dipilih, gulir kembali ke bagian atas halaman.
  6. Ketuk Tetapkan jadwal atau Nyalakan sekarang tombol.
  7. Jika mengatur jadwal, masukkan Awal dan Akhir waktu.
  8. Pilih hari dalam seminggu agar jadwal Mode Fokus diaktifkan.
  9. Ketuk Mengatur tombol.

Dari sini, aplikasi apa pun yang Anda pilih tidak akan dapat mengganggu Anda atau mengirim pemberitahuan saat Mode Fokus diaktifkan. Kami masih berharap untuk melihat fungsi ini diperluas, mirip dengan apa yang telah dilakukan Apple dengan Filter Fokus di iOS 16. Namun, ini masih merupakan titik awal yang baik bagi mereka yang hanya ingin tetap fokus sepanjang hari, tanpa terganggu oleh aplikasi tertentu. di telepon mereka.

sumber artikel: www.technipages.com

Dapatkan update berita seputar teknologi, Aplikasi, Tutorial setiap hari dari pikiranwarga.com.


Posted

in

, , , ,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *