Cara Memeriksa Memori Ponsel Samsung

Cara Memeriksa Memori Ponsel Samsung

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Memeriksa Memori Ponsel Samsung, Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Bagaimana cara memeriksa memori ponsel Samsung? Anda dapat melakukan ini dengan beberapa cara mudah dan dapat membantu Anda mengetahui berapa banyak memori yang telah Anda gunakan dan berapa banyak yang tersisa. Jadi, jika dirasa sudah penuh, Anda bisa menghapus beberapa data yang menurut Anda tidak terlalu penting atau Anda bisa menghapus data yang sudah ada salinannya di perangkat lain.

Di ponsel Samsung Anda, Anda dapat melihat berapa banyak memori penyimpanan Anda yang telah digunakan dan berapa banyak memori yang telah digunakan. Besarnya memori juga menjadi salah satu nilai jual sebuah ponsel. Semakin besar ruang penyimpanan atau memori sebuah ponsel, maka semakin mahal pula harganya. Dengan kapasitas memori ponsel Samsung yang besar tentunya akan diimbangi dengan performa atau kemampuan ponsel tersebut, untuk menjalankan berbagai aplikasi Android.

Namun, mungkin bagi Anda pengguna ponsel merek Samsung yang baru, Anda tidak tahu cara memeriksa memori ponsel Samsung. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara mengecek spesifikasi RAM HP Samsung Anda agar dapat mengetahui batas penggunaan memori Samsung Anda. Nah mimin akan jelaskan caranya dibawah ini.

Cara Memeriksa Memori Ponsel Samsung

Cara Memeriksa Memori Ponsel Samsung
Cara Memeriksa Memori Ponsel Samsung

Bagi anda yang ingin mengetahui cara cek memori di hp samsung silahkan baca cara dibawah ini. Dengan memeriksa memori di ponsel Anda, Anda dapat melihat bahwa memori di ponsel Anda digunakan untuk aplikasi saja. Jadi, Anda dapat menghapus data di aplikasi yang menggunakan banyak memori.

Cara Memeriksa Memori Ponsel Samsung Melalui Fitur Default Samsung

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengecek memori HP Samsung adalah melalui fitur bawaan Samsung. Biasanya setiap ponsel sudah dilengkapi dengan fitur bawaan, salah satunya adalah fitur bawaan untuk melihat memori. Dimana pada fitur bawaannya anda bisa mengecek sisa memori dan total memori yang sudah terpakai. Biasanya juga terlihat bahwa setiap aplikasi menggunakan berapa banyak penyimpanan. Cara mengecek menggunakan fitur bawaan ini cukup mudah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama silahkan buka aplikasinya Pengaturan atau Pengaturan di ponsel Samsung Anda
  • Kemudian, gulir ke bawah dan klik menu Pemeliharaan Perangkat atau Perawatan Perangkat atau Pemeliharaan Perangkat
  • Kemudian, silakan klik Penyimpanan dan tunggu datanya keluar
  • Selanjutnya akan muncul sisa RAM yang tersedia dan total kapasitas RAM yang dimiliki oleh Samsung
  • Jika RAM Anda penuh dan Anda ingin menguranginya, Anda dapat mengklik Bersihkan Sekarang atau Hapus sekarang
  • Silahkan tunggu sampai berhasil dihapus

Nah, itulah cara mengecek memori Samsung. Mudah, kan? Namun, cara di atas hanya berlaku untuk semua tipe ponsel Samsung yang telah menggunakan antarmuka One UI. Jika Anda masih menggunakan ponsel Samsung yang tidak menggunakan One UI, mungkin Anda bisa mengikuti cara lain di bawah ini.

Cara Cek Memori Handphone Samsung Melalui Aplikasi CPU-Z

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengecek memori di HP Samsung kamu adalah melalui aplikasi tambahan yaitu aplikasi CPU-Z. Nah, Anda bisa mendownloadnya terlebih dahulu jika ingin menggunakan cara ini. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk melihat spesifikasi sebuah handphone secara detail dan lengkap. Jika Anda ingin menggunakan metode ini, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama silahkan download aplikasinya CPU-Z di Google Play Store
  • Kemudian silahkan install dan buka aplikasinya
  • Saat Anda membukanya, klik Perangkat
  • Kemudian akan muncul informasi spesifikasi HP Samsung kamu, seperti model atau tipe, kapasitas memori internal, total RAM, dan sisa RAM.

Aplikasi CPU-Z ini juga memiliki fungsi lain, seperti mengetahui sistem Android pada ponsel yang digunakan, Chipset, GBU yang digunakan, Kesehatan Baterai, dan masih banyak lagi.

Cara Cek Memori HP Samsung Melalui Aplikasi AIDA 64

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengecek memori HP Samsung adalah melalui aplikasi AIDA 64. Aplikasi AIDA 64 ini merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk cek spesifikasi lengkap HP Samsung. Cara menggunakannya cukup mudah, berikut langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama, Anda dapat mengunduh aplikasi AIDA64 di Google Play Store di ponsel Samsung Anda
  • Kemudian silahkan install dan buka aplikasinya
  • Kemudian, pada halaman aplikasi, silakan klik Sistem
  • Selanjutnya akan muncul informasi lengkap mengenai Hp Samsung Anda, seperti kapasitas memori internal, kapasitas RAM, dan juga jenis RAM

Mirip dengan aplikasi CPU-Z, Anda juga dapat mengetahui sistem Android yang digunakan, CPU, GBU, Chipset yang digunakan, Kesehatan Baterai, dan sebagainya. Jika Anda tertarik menggunakan cara ini, silahkan ikuti langkah-langkah di atas.

Cara Cek Memori Hp Samsung Lewat Hp Cardboard

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengecek memori hp samsung kamu adalah melalui kotak hp samsung. Nah, saat pertama kali membeli HP Samsung, tentunya HP kamu disimpan di dalam kardus. Anda dapat melihat jumlah memori ponsel Anda dari karton atau kotak ponsel Anda. Berikut langkah-langkahnya.

  • Silahkan ambil kardus atau box hp samsung anda
  • Kemudian, pada kotak HP kamu bisa melihat jumlah memori yang ada di HP kamu, biasanya berupa stiker yang ditempel di bagian luar kardus.
  • Kemudian, Anda dapat menemukan informasi tentang spesifikasi ponsel Anda dari kotak ponsel

Nah, Anda berhasil melihat informasi tentang ponsel Anda, terutama memori ponsel Samsung Anda. Namun, jika Anda menggunakan metode ini, Anda tidak dapat melihat sisa memori dan total memori yang digunakan.

Cara Cek Memori Handphone Samsung Melalui Situs Resmi Samsung

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengecek memori HP Samsung kamu adalah melalui website resmi Samsung. Di situs resmi ini Anda bisa melihat spesifikasi HP Samsung tipe apa saja. Anda juga bisa melihat spesifikasi lainnya, selain memori. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama silahkan buka aplikasinya Peramban di ponselmu
  • Lalu, sial itu ketik www.samsung.com di kolom pencarian
  • Kemudian, Anda akan masuk ke halaman beranda situs Samsung
  • Selanjutnya, di kiri atas, ada beberapa opsi
  • Tolong pilih Ponsel > Ponsel Cerdas > Pilih Tipe Samsung Anda
  • Setelah itu, Anda akan masuk ke halaman berikutnya dan silahkan scroll ke bawah dan cari tipe ponsel Samsung Anda
  • Jika sudah menemukan tipe hp sampai ketemu gambar hp
  • Silahkan klik Lebih detail yang ada di bawah gambar tipe hp kamu
  • Kemudian Anda akan pergi ke halaman berikutnya dan silakan gulir ke bawah sampai Anda menemukan informasi memori Anda

Nah, kamu bisa menggunakan website resmi Samsung untuk melihat informasi memori di HP Samsung kamu. Sama seperti cara melihatnya di box hp, hanya bisa melihat informasi kapasitas memori saja. Anda tidak dapat melihat sisa memori dan total memori yang telah digunakan.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara cek memori HP Samsung yang sudah Mimin jelaskan. Silakan pilih metode yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga berhasil dan semoga berhasil.

Dapatkan update berita seputar teknologi, Aplikasi, Tutorial setiap hari dari pikiranwarga.com.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *