Cara Mudah Cek IMEI Samsung Semua Tipe (100% Offline)

Cara Mudah Cek IMEI Samsung Semua Tipe (100% Offline)

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Mudah Cek IMEI Samsung Semua Tipe (100% Offline). Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Terkadang, kita memang perlu mengetahui nomor IMEI untuk beberapa keperluan penting, seperti misalnya mengecek HP Samsung apakah asli atau replika, mengetahui identitas ponsel, mengecek garansi, dan lain sebagainya.

Cara cek IMEI Samsung sendiri bukanlah hal yang sulit karena pihak developer telah menyediakan beberapa opsi yang bisa Anda gunakan dengan sangat mudah, bahkan untuk pengguna pemula sekalipun.

Nah buat kamu yang belum tahu cara cek IMEI HP Samsung, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara yang sering digunakan dan paling mudah untuk dilakukan. Silahkan lihat dan praktekkan di hp samsung anda.

Cara Mengetahui IMEI Samsung

Sekedar info, IMEI kependekan dari Identitas Peralatan Seluler Internasional yang merupakan kumpulan kode unik yang terdiri dari 14 hingga 16 digit angka.

Seperti halnya alamat IP, nomor IMEI juga unik dalam arti hanya dimiliki oleh satu perangkat. Jadi, setiap ponsel Android pasti memiliki IMEI yang berbeda-beda.

Baiklah, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui IMEI HP Samsung:

Kode USSD

Ini adalah cara yang paling sering digunakan untuk memeriksa IMEI. Bukan hanya HP Samsung saja, tapi merk HP lain juga bisa menggunakan cara ini. Kodenya sama baik untuk Samsung maupun ponsel lainnya.

Berikut cara cek IMEI dengan kode USSD:

  1. Pertama silahkan buka aplikasinya Telepon di HPmu.
  2. Setelah itu ketikkan kodenya *#06# dan tunggu beberapa saat, Anda akan dibawa ke halaman yang menampilkan nomor IMEI.
  3. Selesai.

Beberapa mungkin bertanya, “Kenapa ada 2 nomor IMEI, kok cuma 1?”. Jumlah IMEI tergantung pada slot SIM card di hp kamu, jika slotnya 2 maka akan ada 2 IMEI, begitu juga jika slotnya hanya 1 maka hanya ada 1 IMEI.

Untuk menggunakan semua layanan Samsung seperti Galaxy Themes dan Galaxy Store, Anda harus terlebih dahulu masuk ke Akun Samsung Anda. Jika Anda belum memilikinya, silakan baca cara membuat akun Samsung.

Pengaturan

Di pengaturannya kita bisa menemukan berbagai tools dengan fungsi yang berbeda-beda, salah satunya tentang handphone yang bisa digunakan untuk melihat HP IMEI (semua merk HP, termasuk Samsung).

Berikut cara cek IMEI Samsung dengan pengaturan:

  1. Pertama silahkan buka aplikasinya Pengaturan di HPmu.
  2. Setelah itu, klik Tentang telepon (Tentang perangkat). Nah, pada halaman tersebut kamu bisa melihat nomor IMEI Samsung kamu.
  3. Selesai.

Bila sudah klik About Mobile tapi belum menemukan nomor IMEI, maka Anda harus masuk ke halaman Status. Jadi, prosesnya adalah Pengaturan Tentang > Status Seluler > di sinilah IMEI Anda berada.

Jika hp samsung anda hilang silahkan baca cara melacak hp samsung tanpa imei. Mengapa tidak ada IMEI? Karena prosesnya rumit, kita harus bekerja sama dengan pihak berwenang.

Cek Fisik

Cek fisik yang saya maksud disini adalah melihat kotak HP anda. Silahkan cek di samping kotak, biasanya akan tertera detail IMEI dan beberapa detail lainnya.

Pada ponsel dengan baterai yang dapat dilepas (bukan baterai implan), Anda juga dapat melihat bagian bawah baterai. Jadi, Anda hanya perlu membuka casing dan baterai untuk melihat nomor IMEI yang digunakan.

Sedangkan untuk ponsel dengan baterai built-in, Anda bisa melihat nomor IMEI di bagian belakang ponsel Anda. Hampir semua ponsel dengan baterai built-in menyertakan informasi IMEI di casing belakang.

Info IMEI

Sebenarnya cara ini tidak wajib alias opsional tentu saja, Anda bisa melakukannya atau tidak. Fungsi dari cara ini lebih untuk memastikan apakah IMEI tersebut benar-benar dari Samsung atau bukan.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, buka situsnya imei.info.
  2. Setelah itu, masukkan nomor IMEI yang Anda dapatkan pada langkah 1-3 ke dalam kolom yang disediakan oleh situs web. Jangan lupa centang captcha lalu klik Memeriksa.
  3. Jika iya maka anda akan melihat detail informasi dari IMEI, lebih tepatnya informasi mengenai handphone yang digunakan seperti gambar dibawah ini.
  4. Selesai.

Kecocokan nomor IMEI dengan informasi HP yang muncul menandakan bahwa IMEI tersebut benar-benar dari Samsung. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ponsel yang Anda gunakan adalah ponsel Samsung asli.

Nah itulah beberapa cara cek IMEI Samsung yang bisa kamu gunakan. Cara-cara di atas sebenarnya semua mudah, namun kebanyakan orang lebih suka menggunakan cara yang pertama, yaitu menggunakan kode USSD.

Mungkin cukup sekian artikel yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

 

Dapatkan update berita seputar teknologi, Aplikasi, Tutorial setiap hari dari pikiranwarga.com.


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *