Memecahkan Bluetooth Tidak di Pengelola Perangkat

Mengatasi Bluetooth Tidak Berfungsi di Pengelola Perangkat

Anda sedang membaca artikel tentang Mengatasi Bluetooth Tidak Berfungsi di Pengelola Perangkat, Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Perangkat bluetooth yang ada di laptop bisa berfungsi karena ada program mengemudi, program ini disebut driver. Ketika Bluetooth mengalami masalah seperti tidak bisa mengirim file atau tidak bisa terhubung dengan perangkat lain seperti headset dan speaker, memeriksa driver adalah langkah pertama yang harus dilakukan.

Namun terkadang yang terjadi adalah driver Bluetooth juga bisa hilang dari Device Manager. Ini biasanya disebabkan karena driver dihapus. Alasan lain mengapa Bluetooth tidak ada di Device Manager juga bisa terjadi karena laptop atau PC yang Anda gunakan tidak memiliki perangkat Bluetooth.

Masalah seperti ini sudah sering terjadi, jika anda datang ke postingan ini karena mengalami hal yang sama, pada tutorial kali ini Winpreso akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi Bluetooth missing from Device Manager pada Windows 7/8/10.

Bagaimana mengatasi Bluetooth tidak di Device Manager

1. Unduh dan instal CPU-Z . program

Untuk mendapatkan informasi tentang perangkat keras pada komputer kita membutuhkan sebuah aplikasi yang bernama CPU-Z. Aplikasi ini akan mendeteksi model dan seri motherboard. Informasi ini akan digunakan nanti untuk menemukan driver Bluetooth yang sesuai.

Unduh dan instal program CPU-Z di sini: Unduh

2. Lihat nomor seri motherboard melalui CPU-Z

Kemudian jalankan program CPU-Z, tunggu hingga program selesai mendeteksi semua hardware di komputer anda. Setelah selesai program akan menampilkan informasi pada aplikasi.

Klik tab Papan utamaperhatikan bagian Model dan Versi BIOS.

Catat informasinya di notepad.

Seperti pada contoh di atas, informasi Model dan Versi BIOS pada laptop adalah 167E 68SRR Ver. F.05

3. Temukan driver Bluetooth yang sesuai

Setelah mendapatkan model dan versi motherboard yang digunakan, langkah selanjutnya adalah mencari driver yang sesuai di internet.

Buka Google, lalu ketik kata kunci:

driver bluetooth

Contohnya seperti ini:

driver bluetooth HP 167E 68SRR Ver. F.05

Hasil pencarian akan muncul, lalu unduh driver Bluetooth yang sesuai untuk laptop Anda. Sesuaikan dengan versi Windows yang digunakan apakah Windows 7/8/10 dan arsitekturnya 32-bit atau 64-bit.

4. Instal driver Bluetooth

Setelah mendapatkan driver yang tepat, instal ke komputer seperti biasa.

Jika ternyata file driver berformat zip maka anda bisa menginstallnya secara manual, simak langkah-langkahnya disini :

Cara menginstal driver format zip

5. Nyalakan kembali komputer

Setelah menginstal driver, restart komputer Anda, lalu periksa lagi, Bluetooth sekarang akan muncul lagi di Device Manager.

#2 Tampilkan perangkat tersembunyi di Pengelola Perangkat

Alasan lain mengapa Bluetooth dapat hilang dari Pengelola Perangkat adalah karena ditandai sebagai perangkat tersembunyi. Jika langkah pertama masih tidak berhasil maka Anda perlu mencoba langkah-langkah berikut.

Pertama buka Device Manager dengan menekan tombol Windows+X pada keyboard > pilih Pengaturan perangkat.

Setelah program Device Manager terbuka, klik menu Melihat > pilih Tampilkan perangkat tersembunyi.

#3 Pastikan Layanan Bluetooth di laptop berjalan

Layanan Bluetooth yang berhenti di Windows 10 juga bisa menjadi penyebab fungsi tidak berjalan. Untuk memperbaikinya kita harus memastikan Layanan Bluetooth berjalan.

Ikuti langkah ini:

Buka Manajer Layanan dengan menekan tombol Windows+R pada keyboard > lalu ketik services.msc > klik Oke.

Setelah program terbuka, temukan layanan bernama Layanan Dukungan Bluetooth > lalu klik dua kali.

Kemudian klik tombol Mulai > OK.

Terakhir restart komputer Anda. Setelah itu cek apakah Bluetooth sudah bisa berjalan normal dan sudah muncul kembali di Device Manager.

#4 Mulai ulang layanan Bluetooth

Jika pada # 3 di atas Anda menemukan Layanan Dukungan Bluetooth di laptop Anda berjalan, maka yang perlu Anda lakukan hanyalah memulai ulang.

Cara klik kanan Layanan Dukungan Bluetooth > pilih Mengulang kembali.

#5 Jalankan Pemecah Masalah

Troubleshooter adalah fitur yang dapat kita gunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah di Windows, termasuk masalah yang terjadi pada Bluetooth. Fitur ini akan berusaha mendeteksi sumber masalah dan memberikan rekomendasi perbaikan yang dapat dilakukan.

Untuk menjalankan Pemecah Masalah Bluetooth di Windows 10 ikuti langkah-langkah ini:

  1. Klik tombol Windows
  2. Klik Pengaturan (ikon roda gigi)
  3. Pilih menu Perbarui & Keamanan
  4. Klik pada tab Pemecahan Masalah
  5. Klik menu Pemecah masalah tambahan
  6. Pilih Bluetooth
  7. Klik tombol Jalankan pemecah masalah

Troubleshoot akan mendeteksi penyebab masalah pada Bluetooth Anda, Anda akan melihat hasilnya beserta rekomendasi perbaikan yang bisa dilakukan. Ikuti prosesnya sampai selesai.

#6 Pembaruan Windows

Anda mungkin juga perlu memperbarui Windows 10 untuk memperbaiki driver Bluetooth yang hilang.

Pada proses update, Windows akan mendeteksi jika ada driver yang belum terinstall dan mendownloadnya secara otomatis. Begitu juga jika ada update driver. Semua proses akan dilakukan secara otomatis.

Ikuti langkah ini:

  1. Pastikan laptop terhubung dengan jaringan internet yang stabil
  2. Buka menu Pengaturan
  3. Pilih Perbarui & Keamanan
  4. Klik tombol Periksa pembaruan
  5. Tunggu hingga proses download dan install selesai

Setelah menyelesaikan pembaruan, mulai ulang komputer Anda agar perubahan diterapkan dengan sempurna.

#7 Jalankan Pemeriksa Berkas Sistem

System File Checker (SFC) adalah fitur di Windows 10 yang berfungsi untuk memindai file sistem untuk mendeteksi jika ada kerusakan dan kemudian memperbaikinya secara otomatis.

Fitur ini sangat berguna untuk mengatasi berbagai error yang muncul akibat kerusakan file sistem. Masalah Bluetooth yang tidak muncul di Pengelola Perangkat juga dapat disebabkan oleh file sistem yang rusak, jadi langkah ini patut dicoba.

Ikuti langkah ini:

Pertama buka Command Prompt dengan izin akses administrator, caranya klik tombol Windows > ketik cmd > klik Jalankan sebagai administrator.

Setelah program Command Prompt terbuka, ketik perintah berikut diakhiri dengan menekan enter:

sfc /scannow

Tunggu hingga proses pemindaian selesai. Jika terjadi kerusakan pada sistem anda bisa melihat keterangannya di cmd. Proses perbaikan akan dilakukan secara otomatis sehingga Anda hanya perlu menunggu sampai selesai.

#8 Gunakan adaptor Bluetooth eksternal

Seperti yang disebutkan sebelumnya, driver Bluetooth yang tidak ada di Device Manager juga bisa disebabkan oleh perangkat Bluetooth yang tidak ada di laptop atau PC yang Anda gunakan.

Beberapa model laptop dan motherboard di PC tidak memiliki Bluetooth, jika demikian maka wajar jika tidak ditemukan di Device Manager. Penyebab lainnya bisa juga karena perangkat Bluetooth sudah rusak sehingga tidak terdeteksi lagi oleh sistem.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan adaptor Bluetooth eksternal atau disebut juga dengan Bluetooth USB dongle. Anda bisa membeli adaptor Bluetooth di toko komputer terdekat, harganya juga tidak terlalu mahal.

Perangkat ini biasanya digunakan secara plug and play, artinya dapat langsung digunakan setelah terhubung ke port USB, tanpa harus menginstal driver dan program lainnya secara manual.

sumber artikel: winpreso.com

Dapatkan update berita seputar teknologi, Aplikasi, Tutorial setiap hari dari pikiranwarga.com.


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *