Plat Nomor Kendaraan W dan Daftar Area Kode Belakang

Plat Nomor Kendaraan W & Daftar Area Kode Belakang

kamu lagi membaca tulisan mengenai Plat Nomor Kendaraan W & Daftar Area Kode Belakang, Pikiranwarga telah memutuskan sumber tulisan yang juga dapat dipercaya, Simak berita secara lengkap.

Menjadi yang sangatlah identik dari seluruh jenis kendaraan bermotor, plat nomor atau nomor polisi (Nopol) biasanya juga dikenal sebagai Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Berdialog terkait fungsinya, plat nomor tentu mempunyai manfaat yang penting bagi suatu kendaraan.

Plat nomornya terbuat dari aluminium & sampai saat ini menjadi tanda kendaraan bermotor di bermacam negara, terbilang Indonesia. Mengingat pentingnya mempunyai plat nomor, pastikan plat nomor kendaraan kamu sudah terdaftar di kantor Samsat. Berikut ialah daftar komplit plat nomor W & daftar kode di belakangnya yang perlu kamu pahami.

Plat Nomor W & Daftar Kode Di Belakang

Pemakaian plat nomor kendaraan bermotor di Indonesia contohnya terutama di Pulau Jawa sebagai warisan sejak zaman Hindia Belanda yang memakai kode wilayah atau seri berdasarkan pembagian tempat tinggal. Sebab sebagai hal yang identik dari suatu kendaraan bermotor, sejumlah plat nomor memakai nomor yang berbeda, bahkan bisa dapat disebutkan begitu unik.

Dibuat di kantor Samsat, plat nomor pastinya tak bisa dibuat sembarangan & harus segera sesuai dengan aturan yang berlaku. Hal ini disebabkan seluruh plat nomor kendaraan bermotor mempunyai serinya masing-masing, khususnya untuk plat nomor seri “W” yang sebagai plat nomor yang ditujukan untuk wilayah Karesidenan Jawa Timur, kecuali Surabaya. Di umumnya plat nomor dibuat dengan cetakan dua garis.

  • Baris pertama memperlihatkan kode area, nomor plat, & kode area atau seri terakhir.
  • Baris ke-2 memperlihatkan bulan & tahun berlaku plat nomor, yang masing-masing dua digit. Contohnya 01.25 yang artinya plat nomor berlaku sampai Januari 2025.

Kembali ke poin awal, berikut plat nomor W & daftar kode di baliknya yang harus kamu pahami:

kota kabupaten Kode Kembali Contoh
Wilayah. Gresik T/O/P/Q/R/S/T/U/V/W/X/Y/Z W 1234 ZK
Wilayah. Sidoarjo A/B/C/D/E/F/G/H/I/J/K/L/M W 1234 LM
Plat nomor W untuk wilayah Sidoarjo dan Gresik
Plat nomor W untuk wilayah Sidoarjo & Gresik

Plat nomor kendaraan dengan seri “W” dengan kode dibelakangnya mempunyai peranan penting, sebab hal ini juga akan menolong pemakai atau pemilik kendaraan bermotor untuk memperoleh bukti diri wilayah dari kendaraan itu. Oleh jadi, jika plat nomor kendaraan kamu sudah mati atau sudah kadaluarsa, maka butuh diperpanjang kembali.

Dengan demikian kamu tak juga akan kesulitan saat memakai kendaraan di jalan raya. Ketidaksamaan kode seri atau plat nomor kendaraan juga ditunjukkan untuk memudahkan proses identifikasi.

Sebagai informasi tambahan, paling tidak ada 33 provinsi di Indonesia, dimana tiap provinsi yang ada masih dibagi menjadi sejumlah wilayah lagi, atau biasa disebut-sebut kabupaten. Tentunya hal ini berdampak di bukti diri suatu kendaraan bermotor.

Diketahui, di jalan raya dari waktu ke waktu semakin banyak kendaraan bermotor, baik roda dua atau empat, memakai nomor yang berbeda. Plat nomor sebagai bukti diri kendaraan yang tentunya mempunyai arti tersendiri.

Paling tidak ada banyak bagian plat nomor kendaraan yang penting untuk diketahui, terbilang bagian depan yang memperlihatkan luas suatu area. Lalu ada bagian numerik atau bagian tengah yang memperlihatkan arti dari kode personal. Berikutnya ialah seri belakang yang memperlihatkan spek kawasan.

Terutama untuk Wilayah Karesidenan Jawa Timur mempunyai sejumlah kabupaten. Area ini juga akan memperlihatkan spek seri belakang di plat nomor kendaraan. Akan tetapi Karesidenan Jawa Timur terbagi menjadi dua kabupaten, kecuali Surabaya.

Itu dia informasi mengenai plat nomor W & daftar kode di belakangnya. Mudah-mudahan informasi di atas berguna.

sumber tulisan: www.autobild.co.id

Dapatkan update berita tentang teknologi modern, Aplikasi, Tutorial sehari-hari dari pikiranwarga.com.


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *