Cara Memperbaiki File Host Tidak Memiliki fungsi di Mac

Cara Memperbaiki File Host Tidak Memiliki fungsi di Mac

kamu tengah membaca tulisan mengenai Cara Memperbaiki File Host Tidak Memiliki fungsi di Mac, Pikiranwarga telah telah memilih sumber tulisan yang dapat juga dipercaya, Simak informasi secara lengkap.

File host di Mac

Sejumlah user Mac telah menemukan bahwa file host di MacOS tampaknya tak memiliki fungsi, atau perubahan di file /etc/hosts di Mac tampaknya diabaikan. Mengingat bahwa file host digunakan untuk memetakan alamat IP ke nama host, & kerap kali dimodifikasi oleh user tingkat lanjut, ini sebagai permasalahan yang mengusik.

Ini yaitu permasalahan yang cukup terang saat itu terjadi, sebab sesudah mengedit file host di Mac dari baris perintah atau bahkan dengan TextEdit, & membersihkan cache DNS, tampaknya tak ada perubahan di host.

Perubahan di file host yang diabaikan, atau pengeditan di file host yang tak memiliki fungsi, sebenarnya yaitu kejadian yang cukup umum, khususnya dengan version modern dari piranti lunak metoda MacOS. Untungnya itu juga biasanya sebagai perbaikan yang begitu gampang.

Cara Perbaiki Perubahan File Host Diabaikan / File Host Tak Bekerja di MacOS

Alasan yang sangatlah barangkali mengapa file host tak memiliki fungsi di Mac yaitu sebab file itu telah rusak, atau bukan lagi format file ASCII. Ini kadang-kadang dapat juga terjadi saat coba mengedit file host dengan editor Bacaan Kaya atau aplikasi pihak ke-3, atau jika jenis file yang salah disimpan saat memakai vim/vi/nano dll.

Pertama, kamu akan juga mencadangkan/memindahkan file host lama dengan mengubah namanya, ini memungkinkan kamu untuk mengembalikan perubahan jika diinginkan:

sudo mv /etc/hosts /etc/hostsbackup

Salin kontent file hostsbackup ke clipboard kamu, cara gampang untuk melakukannya yaitu dengan memakai cat & sesudah itu telah memilih bacaan & menyalinnya ke clipboard kamu:

cat /etc/hostsbackup

Saat ini buat file host baru dengan nano:

sudo nano /etc/hosts

Tempelkan kontent file host asli ke file host yang baru kamu buat.

Tekan Control+o & Control+X untuk menyimpan & keluar dari nano.

Selanjutnya, kamu barangkali mau membersihkan cache DNS supaya perubahan diterapkan.

sudo dscacheutil -flushcache; sudo killall -HUP mDNSResponder

Itu sebaiknya cukup untuk membawa perubahan host, & kamu tidak usah meluncurkan kembali peramban atau aplikasi lain yang mengakses ke internet.

CATATAN: Sejumlah user Mac melaporkan butuh mengawali ulang Mac mereka semua supaya file host baru dapat juga dikenali, ini jarang terjadi tetapi barangkali berlaku untuk sejumlah Mac yang menjalankan macOS Catalina atau lebih baru.

Juga ada tampaknya bahwa kamu barangkali butuh mengaktifkan account root di Mac OS sebelum kamu dapat juga memodifikasi file host, tergantung di seberapa kokoh instalasi macOS kamu.

Sejumlah user terus alami permasalahan dengan file host yang diabaikan di macOS Monterey & macOS Ventura terutama, dalam soal ini kamu juga dapat juga memakai aplikasi pihak ke-3 seperti gasmask untuk mengelola file host di Mac, atau bahkan ekstensi peramban untuk memodifikasi host jika kamu mau melaksanakan ini di tingkat peramban. Misalkan, untuk Google Chrome, ekstensi Chrome seperti LiveHost melaksanakan pekerjaan.

Sudah pernahkah kamu alami permasalahan dengan file host di MacOS sebelumnya? Apakah penyelesaian di atas untuk membuat file host baru dari baris perintah merampungkan permasalahan untuk kamu? Apakah kamu menemukan penyelesaian lain? Bagikan pengalaman kamu dengan kami di tanggapanmu!

 

sumber tulisan: osxdaily.com

Dapatkan update berita tentang teknologi modern, Aplikasi, Tutorial sehari-hari dari pikiranwarga.com.


by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *