Cara memperbaiki hard drive, flash drive, SSD, telepon, atau perangkat USB lain yang tidak terhubung ke Mac Anda atau terputus berulang kali

Cara memperbaiki hard drive, flash drive, SSD, telepon, atau piranti USB lain yang tak mengakses ke Mac kamu atau terputus berulang kali

kamu lagi membaca tulisan mengenai Cara memperbaiki hard drive, flash drive, SSD, telepon, atau piranti USB lain yang tak mengakses ke Mac kamu atau terputus berulang kali

Pikiranwarga telah telah memilih sumber tulisan yang juga dapat dipercaya, Simak berita secara lengkap.

Saat kamu menghubungkan hard drive eksternal, SSD, GPU, camera, iPhone, iPad, ponsel Android, flash drive, atau piranti lain apa pun ke port USB Mac kamu, apakah mereka semua secepatnya memutuskan sambungan serta tak muncul di Finder, desktop, atau yang relevan aplikasi?

Sejumlah contoh piranti USB yang menghubungkan serta memutuskan sambungan secara instan juga dapat menyebabkan gagal piranti, kerusakan data, atau kehilangan data permanen! Pada panduan ini, kami menuliskan penyelesaian untuk memperbaiki piranti USB yang tak mengakses ke Mac kamu serta permasalahan terkait yang lain.

Port USB di Mac modern

MacBook Pro serta MacBook Air model lama mempunyai port USB jenis A, sementara itu model terbaru telah beralih ke port USB jenis C (atau Thunderbolt 3 serta Thunderbolt 4). Desktop Mac seperti iMac, Mac mini, Mac Pro, serta Mac Studio barangkali mempunyai gabungan sejumlah port USB jenis A serta sejumlah port USB jenis C.

Buat menghubungkan piranti eksternal, yang harus kamu kerjakan hanyalah mencolokkannya ke port USB di Mac kamu. Apabila tak ada kompatibilitas port, kamu membutuhkan dongle, seperti hub USB-C ini.

Agar lebih lanjut, lihat ini Artikel Dukungan Apple untuk mengidentifikasi port di Mac kamu.

Bagaimana menghubungkan piranti USB ke Mac

iPhone, iPad, serta iPod

Terapkan langkah-langkah ini untuk menghubungkan piranti iOS serta iPadOS kamu ke Mac yang menjalankan macOS Catalina atau lebih baru:

  1. Hubungkan piranti kamu ke Mac kamu memakai kabel yang sesuai.
  2. Open Finder serta click nama iPhone, iPad, atau iPod kamu dari bilah sisi kiri.
  3. Click Memercayai jika kamu melihatnya. Selanjutnya, open kunci piranti iOS kamu serta ketuk Memercayaidiikuti oleh kode sandi piranti.
  4. iPhone, iPad, atau iPod kamu saat ini mengakses ke Mac kamu serta terlihat di di dalam Finder.

telepon Android

Berikut cara menghubungkan ponsel Android kamu ke Mac:

  1. Instal Google Transfer Berkas Android app di Mac kamu serta open.
  2. Hubungkan ponsel Android kamu ke Mac kamu lewat kabel yang sesuai.
  3. Open pusat notifikasi ponsel Android kamu atau open popup apa pun serta pilihlah Transfer data.
  4. Ponsel Android kamu saat ini mengakses ke Mac kamu, serta kamu juga dapat melihatnya di di dalam aplikasi Android File Transfer di Mac untuk bertukar musik, video, poto, file, dll.

Kartu SD, flash drive, hard drive eksternal, atau SSD

kamu juga dapat dengan gampang menghubungkan piranti storage eksternal ke Mac kamu, cukup terapkan langkah-langkah berikut:

  1. Pakai kabel yang sesuai untuk menghubungkan piranti kamu ke Mac kamu.
  2. Open Finder, serta kamu akan juga menyaksikan drive eksternal di sidebar atau desktop Finder. Apabila tak, terapkan penyelesaian di bawah ini. Catatan: Sejumlah SSD eksternal, seperti Samsung T7, mempunyai perlindungan sidik jari. Pastikan kamu mengautentikasi sebelum coba memakainya di Mac.

Mengapa piranti USB tak mengakses ke Mac

Piranti eksternal barangkali berulang kali terputus atau gagal mengakses serta muncul di Mac kamu sebab permasalahan piranti lunak atau piranti keras, kurangnya kompatibilitas, kelangkaan energi, serta banyak lagi.

Soal piranti lunak termaksud bug serta gangguan di macOS atau permasalahan driver di piranti eksternal. Soal piranti keras barangkali termaksud pin yang rusak di di dalam port USB, kabel yang rusak, gerakan yang tak perlu, serta beberapa hal semacam itu. Kelangkaan energi, di sisi lain, bisa jadi drive eksternal kamu tak memperoleh energi yang cukup untuk memiliki fungsi secara baik, jadi ia memperjuangkan untuk bekerja serta terus mengakses serta terputus atau tak muncul sama sekali!

Cara memperbaiki piranti USB yang tak mengakses ke Mac atau menghubungkan serta memutuskan sambungan secara automatis

Pastikan kamu mengikuti penyelesaian sesuai piranti yang kamu coba pakai dengan Mac kamu.

1. Pastikan piranti eksternal ditampilkan di Finder serta di desktop

  1. Pastikan kamu berada di Finder. Saat kamu berada, Mac kamu memperlihatkan Penemu di sebelah logo Apple () di bilah menu atas.
  2. Tekan Perintah + Koma (,) kunci untuk mengakses Preferensi Finder.
  3. Dari Umum bagian, cheklist kotak untuk Disk eksternal serta CD, DVD, serta iPod untuk memungkinkannya ditampilkan di desktop Mac kamu.
  4. Selanjutnya, menuju ke Bilah samping bagian. Di bawah judul Area, cheklist Disk eksternal serta CD, DVD, serta Piranti iOS. Sesudah ini, piranti yang kamu sambungkan ke Mac kamu akan juga ditampilkan di Finder.

2. Cek apakah piranti mengakses atau tak

Sebelum pindah ke perbaikan berikutnya, penting untuk mengenali apakah piranti mengakses ke Mac kamu atau tak. Berikut cara memeriksanya:

  1. Hubungkan drive USB eksternal atau piranti ke Mac kamu. Tak apa-apa jika kamu tak memperoleh konfirmasi visual.
  2. Sambil memegang Pilihan tombol, click ikon Apple () serta pilihlah Metoda Informasi.
  3. Telah memilih Storage dari bilah sisi kiri.
  4. Di sini, jika kamu menyaksikan drive eksternal, itu bisa jadi piranti mengakses ke Mac kamu, tetapi sebab permasalahan piranti lunak, itu tak juga dapat digunakan. Dalam soal ini, penyelesaian di bawah ini akan juga menolong. kamu juga dapat melewatkan empat penyelesaian cocok di bawah judul ini.
  5. Akan tetapi, jika drive eksternal tak muncul di sini, pastikan kamu mengikuti penyelesaian di sini dengan cermat, termaksud empat yang disebutkan cocok di bawah gambar ini.

3. Cek seluruh koneksi raga serta coba lagi port yang berbeda

Ini cukup mendasar, tetapi penting. Pastikan kamu coba beragam port di dongle Mac atau USB-C kamu. Selanjutnya, fokus di titik koneksi serta pastikan semuanya sempurna. Kadang-kadang, melepaskan piranti USB lain serta menghubungkan hanya satu piranti juga dapat menolong.

4. Simpan piranti USB serta Mac di atas meja atau lantai

Sebagian orang menyimpan ponsel atau piranti USB mereka semua serta risau saat mengakses ke Mac. Tolong jangan kerjakan itu! Sebagai gantinya, simpan Mac serta piranti USB yang mengakses di atas meja atau permukaan yang keras, serta jangan pindahkan. Seringkali, sambungan kabel tak sempurna di sambungan serta terputus dengan gerakan sekecil apa pun.

5. Bersihkan port USB

Apakah port USB Mac kamu penuh debu serta kotoran? Apabila ya, pakai kain kering yang lembut atau ujung Q untuk membersihkan port dengan berhati-hati. Sesudah itu, coba sambungkan kembali piranti.

6. Cek dongle USB-C serta pastikan idak begitu panas

Sebelum bergerak maju, penting untuk pastikan dongle idak begitu panas. Apabila ya, piranti barangkali tak muncul di Mac kamu. Buat mengatasinya, cukup lepaskan hub USB-C serta biarkan dingin.

7. Keluar dari seluruh aplikasi Mac

Pada kasus yang jarang terjadi, app yang terbuka juga dapat menahan piranti eksternal muncul di Mac kamu. Buat menangani ini, simpan pekerjaan kamu yang lagi berlangsung di seluruh aplikasi yang terbuka serta terapkan langkah-langkah ini:

  1. Tekan Perintah + Pilihan + esc kunci.
  2. Tekan Perintah + A untuk telah memilih seluruh aplikasi yang terbuka.
  3. Click Keluar paksa.
  4. Sesudah hingga selesai, sambungkan kembali piranti USB serta lihat apakah itu mengakses ke Mac kamu atau tak.

8. Mengawali ulang Mac kamu

Saat segala sesuatunya tak memiliki fungsi sebagaimana mestinya, mengawali ulang yaitu metode yang andal serta teruji waktu untuk memperbaiki permasalahan. Click ikon Apple () serta pilihlah Mengulang kembali. Sesudah ini, cabut serta pasang kembali piranti USB ke Mac kamu.

9. Mengawali ulang piranti eksternal (jika ada)

Apabila piranti yang kamu coba sambungkan juga dapat dihidupkan ulang (seperti ponsel cerdas), pastikan kamu melakukannya. Terang, penyelesaian ini tak akan juga berlaku untuk thumb stick, SSD, dll.

10. Matikan Mode Energi Rendah serta pilihan hemat energi yang lain di Mac

Sejumlah piranti USB eksternal barangkali tak memperoleh energi yang cukup dari Mac kamu jika Mac berada di dalam Mode Energi Rendah atau mode hemat energi yang lain. Buat mengatasinya, matikan Mode Energi Rendah dengan bergabung ke Preferensi Metoda > Battery > Battery/Adaptor energi.

Apabila kamu memakai aplikasi penghemat battery pihak ke-3 untuk Mac, tutup juga.

Terakhir, jika masih tak memiliki fungsi, sambungkan MacBook kamu ke pengisi energinya saat coba memakai piranti USB. Tidak hanya itu, jika piranti USB, seperti GPU eksternal, mempunyai input energi sendiri, pastikan piranti dicolokkan ke stopkontak.

11. Pastikan drive diformat supaya memiliki fungsi dengan macOS

Tidak seluruhnya hard drive, SSD, pen drive, serta piranti storage akan juga memiliki fungsi di Mac. Sejumlah bahkan barangkali tak muncul sebagai drive yang valid, sementara format lain barangkali hanya menjajakan izin hanya baca serta menahan kamu menambahkan data baru ke drive.

Buat mengatasinya, open posting kami yang bertema cara menghapus serta memformat disk eksternal di Mac kamu. Ini akan juga memberikan tahu kamu mengenai beragam format file serta menolong kamu membuat piranti storage juga dapat digunakan dengan Mac kamu.

12. Jalankan Pertolongan Pertama serta perbaiki disk di Disk Utility

Apabila piranti storage tersambung ke Mac kamu tetapi menghadirkan kesalahan, coba pakai Utilitas Disk untuk memperbaiki permasalahan:

  1. Open Utilitas Disk yang sudah diinstal sebelumnya di seluruh Mac.
  2. Pilihlah drive USB kamu dari bilah sisi kiri.
  3. Click Pertolongan pertama.
  4. Click Lari. Utilitas Disk saat ini akan juga memeriksa drive untuk kesalahan serta memperbaikinya jika di dalam kepiawaiannya.

13. Atur ulang menu setting area serta privacy jika iPhone atau iPad tak mengakses

Tak juga dapat menghubungkan iPhone atau iPad ke Mac kamu? Cukup, open iOS Aplikasi menu setting > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Mengontrol ulang serta pilihlah Setel Ulang Area & Privacy.

Selanjutnya, sambungkan kembali iPhone kamu ke Mac kamu, pilihlah dari sidebar Finder serta percayalah.

Apabila permasalahan berlanjut, lihat 15 penyelesaian ini untuk memperbaiki iPhone tak muncul di Finder di Mac.

14. Uji piranti eksternal di pc lain

Apabila permasalahan berlanjut, coba pakai drive eksternal dengan Mac lain milik teman atau anggota keluarga kamu. Apabila drive memiliki fungsi, kami juga dapat menyimpulkan bahwa masalahnya terletak di Mac kamu.

15. Perbarui aplikasi yang relevan

Kadang-kadang, piranti USB eksternal barangkali hanya muncul di aplikasi tertentu di Mac. Misalkan, banyak ponsel Android barangkali tak muncul sebagai piranti storage di Finder tetapi muncul di aplikasi Android File Transfer atau aplikasi serupa yang lain. Perbarui aplikasi Mac itu supaya juga dapat membaca piranti USB serta membuatnya juga dapat digunakan.

16. Hentikan proses usbd

Apabila permasalahan koneksi USB masih ada, coba hentikan usbd proses memakai Terminal. Ini juga dapat menyebabkan piranti kamu yang mengakses, seperti iPhone, melakukan isi energi dengan lamban lewat Mac kamu, tetapi akan juga pastikan konektivitas yang andal serta menahan piranti terputus secara automatis.

Buat melakukannya, open Terminal serta rekatkan perintah berikut:

sudo killall -STOP -c usbd

Selanjutnya, tekan tombol Kembali serta ketik kata sandi Mac kamu. Saat ini, cabut serta pasang kembali piranti USB serta lihat apakah itu memiliki fungsi atau tak.

Sesudah kamu hingga selesai dengan pekerjaan kamu atau jika perintah di atas tak mengubah apa pun, terapkan langkah yang serupa, tetapi kali ini pakai perintah ini untuk meneruskan usbd proses:

sudo killall -CONT -c usbd

17. Coba sambungkan piranti USB di dalam mode Aman

Apakah kamu juga dapat menghubungkan piranti USB ke Mac kamu tetapi tak dapat akhir-akhir ini? Apabila ya, mengawali Mac kamu di dalam mode Aman serta sambungkan piranti USB. Apabila piranti USB juga dapat digunakan sepanjang mode Aman, kami juga dapat menyimpulkan bahwa sejumlah aplikasi atau aplikasi yang baru diinstal di Mac kamu menyebabkan permasalahan dengan piranti eksternal. kamu juga dapat memperbaikinya dengan menghapus aplikasi yang baru saja kamu dapatkan di Mac kamu. Berikut yaitu seluruh tutorial yang diperlukan:

18. Perbarui Mac kamu

Apakah kamu menjalankan macOS version lama? Apabila ya, menuju ke Preferensi Metoda > Pengembangan piranti lunak untuk menginstalnya macOS build terbaru yang ada untuk pc kamu.

19. Setel ulang SMC serta NVRAM/PRAM

Terakhir, jika tak ada yang sukses sesudah mengikuti seluruh penyelesaian di atas, setel ulang SMC serta NVRAM/PRAM Mac kamu. Mengerjakan tugas-tugas ini tak rumit, serta tutorial kami akan juga memandu kamu lewat prosesnya:

Sesudah kamu mengontrol ulang SMC serta NVRAM/PRAM, piranti USB eksternal akan juga mengakses, muncul, serta memiliki fungsi dengan sempurna di Mac kamu.

Saya harap kamu saat ini juga dapat menghubungkan piranti USB kamu ke Mac kamu serta sukses memakainya. Apakah kamu mempunyai penyelesaian lain yang sukses untuk kamu? Apabila ya, silakan tulis di bagian tanggapanmu di bawah.

 

Dapatkan update berita tentang teknologi modern, Aplikasi, Tutorial sehari-hari dari pikiranwarga.com.


Posted

in

, , , , , , , , , ,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *