Cara Mengatasi Layar Sentuh Android Bergerak Sendiri

Cara Mengatasi Layar Sentuh Android Bergerak Sendiri

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Mengatasi Layar Sentuh Android Bergerak Sendiri, Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Hingga saat ini masih banyak pengguna Android yang mengalami touchscreen bergerak dengan sendirinya meski tidak disentuh. Bagi yang masih belum paham, biasanya akan menganggap touchscreen yang rusak.

Sebenarnya kurang tepat dikatakan rusak, lebih tepatnya error karena kemungkinan tidak ada kerusakan pada touchscreennya. Hal ini sangat wajar terjadi, karena saya pribadi juga pernah mengalaminya.

Banyak sekali hal yang menyebabkan layar sentuh android error. Selain itu, ada beberapa macam error yang sering terjadi, seperti misalnya touchscreen meleset, menekan sendiri, atau melompat saat disentuh.

Penyebab Layar Sentuh Bergerak Sendiri

Seperti yang saya katakan di atas, ada banyak hal yang menyebabkan layar sentuh Android bergerak sendiri. Di bawah ini adalah beberapa penyebab layar error Android dan cara memperbaikinya:

Pengisi Daya Rusak

Sebenarnya ini juga tidak bisa dikatakan bahwa chargernya rusak. Biasanya touchscreen bergerak sendiri karena output charger tidak kompatibel dengan Android, sehingga saat digunakan touchscreen sering loncat saat disentuh.

Agar layar Android Anda tidak ketinggalan, terutama saat digunakan saat mengisi daya, coba gunakan pengisi daya asli atau setidaknya gunakan pengisi daya dengan output yang sama.

Oh ya, selain menyebabkan touchscreen bergerak sendiri, charger yang rusak atau tidak sesuai juga bisa menyebabkan masalah suhu baterai di Android.

Kehabisan Baterai

Saat baterai Android habis, biasanya kinerjanya akan menurun secara otomatis. Sistem Android juga akan menyesuaikan pengaturan untuk menghemat baterai. Biasanya ada beberapa pengaturan yang diubah seperti misalnya kecerahan layar yang diredupkan.

Perlu Anda ketahui bahwa baterai yang lemah di Android juga bisa menyebabkan touchscreen sering error. Tidak jelas mengapa itu terkait. Namun nyatanya, banyak layar sentuh yang kembali normal setelah mengisi daya baterai Android.

RAM penuh

Saat RAM penuh, otomatis kinerja Android juga akan menurun. Biasanya akan terjadi lag atau slow response saat Anda memberikan order. Misalnya Anda memilih aplikasi Instagram, namun respon Android sangat lama. Dan ketika Anda menekan aplikasi lagi, yang membuka aplikasi Facebook sebagai gantinya.

Jadi, ketika RAM penuh sangat mungkin jika touchscreen Android sering meleset saat disentuh. Ini karena sistem Android lag, jadi butuh waktu sedikit lebih lama untuk merespon perintah Anda.

Untuk mengatasinya, silakan tutup aplikasi yang tidak digunakan. Atau jika ingin informasi lebih lengkap silahkan baca cara mempercepat kinerja android.

Pelindung Layar Kotor

Penggunaan screen guard pada layar Android memang bisa dikatakan penting karena dapat melindungi layar agar lebih kuat. Namun, kebersihan screen guard juga perlu diperhatikan. Karena jika kotor justru bisa menimbulkan masalah pada touchscreennya.

Terkadang, debu dan kotoran sering menempel pada pelindung layar sehingga menyebabkan fungsi layar sentuh tidak berfungsi dengan baik. Layar Android sering bergerak sendiri bisa disebabkan oleh screen guard yang kotor. Jadi, rajin-rajinlah membersihkan pelindung layar Anda.

Layar Panas

Layar Android yang panas biasanya disebabkan karena penggunaan yang berlebihan. Jika layar Android panas, biasanya ada komponen Android yang terlalu panas. Perlu diketahui, layar yang panas akan membuat sensitivitas touchscreen berkurang, sehingga sering loncat-loncat dengan sendirinya.

Untuk mengatasinya, gunakan Android secara wajar. Jika harus digunakan dalam waktu lama, silakan gunakan pendingin seperti kipas angin untuk memperlambat proses pemanasan pada komponen Android.

BUG di ROM

Di setiap ROM atau Firmware sering ditemukan bug, terutama pada ROM beta. Jadi, ketika Anda mengalami touchscreen bergerak sendiri setelah memperbarui firmware atau mengubah ROM, maka bisa jadi masalahnya ada di ROM yang digunakan.

Saran saya, ketika ingin mengganti ROM Android, silakan baca komentar di forum atau grup yang menyediakan ROM tersebut. Jika masih ada bug, lebih baik tidak. Namun, jika ROM adalah versi final atau stabilsilahkan gunakan ROMnya.

Layar Sentuh Rusak

Jika berbagai cara telah dilakukan dan Anda tidak dapat menemukan cara lain, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan tempat servis yang terpercaya. Karena kebanyakan tukang reparasi akan langsung bilang rusak ketika ditanya tentang masalah ini.

Touchscreen yang rusak juga merupakan hal yang wajar, apalagi saat digunakan sering terjatuh. Selain itu, layar sentuh juga memiliki batas waktu penggunaan. Jadi jika sudah melewati batas yang ditentukan, maka touchscreen bisa error, salah satunya touchscreen bergerak sendiri.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi touchscreen android bergerak sendiri. Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

 

 

sumber artikel: www.charis.id

Dapatkan update berita seputar teknologi, hiburan, bisnis, saham setiap hari dari pikiranwarga.com.


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *