Perbaiki Laptop Windows 10 Tidak Dapat Menghubungkan WiFi

Perbaiki Laptop Windows 10 Tidak Dapat Menghubungkan WiFi

Anda sedang membaca artikel tentang Perbaiki Laptop Windows 10 Tidak Dapat Menghubungkan WiFi, Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Masalah paling umum yang dialami oleh pengguna Windows 10 adalah WiFi tidak terhubung dengan pesan kesalahan “Tidak dapat terhubung ke jaringan ini“, jaringan tidak terdeteksi, atau bahkan WiFi tidak bisa dinyalakan (dihidupkan) sama sekali. Tanpa mengetahui apa penyebabnya, menangani ini akan cukup merepotkan.

Pada kesempatan kali ini, Winpreso akan mencoba memberikan beberapa solusi yang bisa Anda coba untuk mengatasi PC dan laptop Anda yang tidak bisa terkoneksi dengan WiFi.

WiFi adalah protokol jaringan nirkabel yang dapat kita gunakan untuk terhubung ke internet. Berkat kemajuan teknologi saat ini, mendapatkan akses WiFi bukanlah barang mewah lagi, kita bisa menggunakan smartphone atau modem untuk membuat jaringan WiFi sendiri di rumah.

Selain untuk mengakses internet, jaringan WiFi juga dapat digunakan untuk berbagi file antar perangkat dan berbagi printer. Dengan cara ini pekerjaan akan lebih cepat dan tempat kita bekerja akan lebih rapi karena tidak perlu banyak kabel untuk menghubungkan perangkat tersebut.

Bagaimana mengatasi laptop Windows 10 tidak dapat terhubung ke WiFi

1. Buka Pengelola Perangkat

Masalah koneksi pada WiFi seringkali berkaitan dengan driver, oleh karena itu hal pertama yang perlu kita coba adalah memastikan driver WiFi di laptop berfungsi dengan baik.

Buka Device Manager dengan mengklik tombol Start > ketik pengaturan perangkat di kolom pencarian > klik program Device Manager yang muncul di menu Start.

cara mengatasi wifi windows 10 tidak bisa connect 1

2. Temukan driver WiFi laptop di Pengelola Perangkat

Setelah masuk ke Device Manager, Anda akan melihat semua perangkat dan drivernya di komputer Anda. Klik panah pada Adaptor jaringan lalu temukan driver WiFi Anda.

3. Periksa apakah ada kesalahan pada driver

Driver yang corrupt atau terhapus bisa menyebabkan WiFi hilang di laptop, di Device Manager driver yang bermasalah akan melihat icon tanda seru berwarna kuning. Ini berarti bahwa pengemudi tidak dapat berjalan dengan baik, menyebabkan perangkat yang dikendarainya berhenti bekerja.

Lihat apakah driver WiFi di laptop Anda memiliki ikon kuning. Jika ada, bisa dipastikan pengemudi mengalami masalah.

4. Copot driver WiFi

Untuk memperbaiki driver WiFi bisa dilakukan dengan cara uninstall lalu install ulang drivernya. Dengan cara ini kita akan mendapatkan versi driver yang bersih untuk menghapus file yang rusak.

Klik kanan pada driver WiFi > lalu pilih Uninstall device

5. Nyalakan kembali komputer

Setelah driver di-uninstall, langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah restart komputer. Setelah komputer restart, driver WiFi akan diinstal ulang secara otomatis oleh Windows.

Bagaimana jika cara di atas masih tidak berhasil?

WiFi yang tidak bisa connect di Windows 10 bisa bermacam-macam penyebabnya, jadi solusi untuk memperbaikinya juga akan berbeda-beda, tergantung dari sumber masalahnya.

Untuk bisa mengatasinya sendiri agar berhasil dibutuhkan kesabaran dan ketelitian.

Jika Anda sudah mencoba cara pertama tetapi tidak berhasil, Anda dapat mencoba beberapa solusi di bawah ini.

Aktifkan mode pesawat lalu matikan

Sebelum mencoba yang lain, coba lakukan hal sederhana ini terlebih dahulu. Nyalakan mode pesawat di laptop Anda untuk mematikan semua sinyal yang tersedia lalu nonaktifkan mode pesawat, lalu sambungkan kembali dengan jaringan hotspot.

Cara melakukannya sangat mudah, pertama klik tombol notifikasi di pojok kanan taskbar.

Kemudian klik tombol Mode pesawat.

Tombol Airplane mode akan berubah warna menjadi biru, ini tandanya aktif.

Biarkan selama sekitar satu menit, lalu tekan tombol lagi untuk mematikannya.

Setelah itu coba sambungkan kembali laptop ke jaringan WiFi.

Gunakan IP dan DNS otomatis

Solusi untuk mengatasi koneksi WiFi bermasalah di Windows 10 adalah dengan mengatur IP dan DNS menjadi otomatis. Ini biasanya cukup ampuh untuk mengatasi WiFi yang sudah terkoneksi tapi internet tidak jalan, terutama pada laptop yang sering terkoneksi dengan jaringan hotspot yang berbeda.

Ikuti langkah ini:

Pertama buka Control Panel lalu pilih menu Jaringan dan pusat Berbagi.

Di bagian Jenis akses klik pada jaringan WiFi Anda.

Kemudian klik tombol Properties > pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) > lalu klik lagi tombol Properties.

Dapatkan alamat IP secara otomatis

Dapatkan alamat server DNS secara otomatis

Klik Oke.

Lupakan jaringan lalu sambungkan kembali

Ketika ada masalah dengan jaringan WiFi, melupakan jaringan dan kemudian menghubungkannya kembali adalah solusi yang cukup ampuh. Ini sama dengan me-restart komputer.

Jika WiFi di laptop Anda tidak dapat terhubung, coba langkah-langkah berikut.

Klik kanan pada ikon WiFi di bilah tugas > pilih Buka Pengaturan Jaringan & Internet.

Klik menu Wi-Fi > pilih menu Kelola jaringan yang dikenal.

Anda akan melihat daftar jaringan WiFi yang pernah digunakan di sana, klik WiFi yang bermasalah lalu klik tombol lupa.

Tutup jendela pengaturan, lalu tunggu beberapa saat, setelah itu coba lagi untuk terhubung ke jaringan WiFi yang tidak dapat terhubung.

Kemungkinan besar cara ini akan berhasil, namun jika tidak, lakukan langkah selanjutnya di bawah ini.

Setel ulang pengaturan jaringan

Koneksi WiFi juga bisa bermasalah karena konfigurasi jaringan yang salah pada Windows Anda. Cara terbaik untuk memperbaikinya adalah dengan melakukan reset jaringan, dengan cara ini pengaturan akan kembali ke default, dan Anda dapat menyesuaikan pengaturan lagi sesuai kebutuhan.

Ikuti langkah ini,

Pertama klik tombol Start > klik tombol Settings (ikon roda gigi). Anda juga dapat menekan tombol Windows + i pada keyboard Anda.

Setelah masuk ke halaman Setting > pilih menu Jaringan & Internet.

Klik tab Status > di panel kanan temukan menu Pengaturan ulang jaringan > satu klik > klik tombol Setel ulang sekarang.

Tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Setelah itu pengaturan jaringan di laptop Anda akan kembali ke pengaturan awal. Coba sambungkan ke jaringan WiFi yang bermasalah sebelumnya dan lihat apakah berhasil.

Nonaktifkan IPv6

Anda juga dapat mencoba mematikan versi IPv6 untuk mengatasi masalah ini. Sebagian besar PC dan laptop dapat terhubung ke internet melalui IPv4, jadi sebenarnya IPv6 tidak terlalu dibutuhkan.

Caranya klik kanan icon WiFi di taskbar > pilih Open Network & Internet settings.

Klik menu Change adapter options > cari jaringan WiFi yang ingin diperbaiki > klik kanan > pilih Properties.

Hapus centang pada opsi Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6) > lalu klik tombol OK.

Tutup semua jendela pengaturan dan coba lagi untuk menghubungkan jaringan WiFi di laptop Anda.

Restart modem dan router

Berdasarkan laporan dari banyak pengguna, restart modem dan router yang digunakan terkadang berhasil mengatasi masalah WiFi tidak bisa konek ke laptop.

Jika Anda sudah mencoba semua langkah di atas tetapi belum berhasil, maka masalahnya mungkin ada pada modem dan router Anda, dan memulai ulang adalah cara paling sederhana untuk memperbaiki masalah tersebut.

Cara termudah untuk memulai ulang adalah dengan mematikan perangkat, diamkan beberapa saat, lalu hidupkan kembali. Jika Anda menggunakan hotspot tethering dari ponsel maka restart ponsel.

Setelah itu coba lagi untuk menghubungkan jaringan ke laptop Anda dan lihat apakah masalahnya sudah teratasi.

Gunakan adaptor nirkabel eksternal

WiFi yang tidak bisa konek di laptop juga bisa disebabkan oleh hardware yang rusak. Jika hal ini terjadi maka semua cara di atas tidak akan berhasil sampai hardware diperbaiki.

Jika Anda memiliki waktu luang Anda dapat membawanya ke pusat layanan, tetapi jika Anda sangat sibuk maka menggunakan adaptor nirkabel eksternal adalah cara yang sangat efektif.

Adaptor nirkabel eksternal dapat ditemukan di toko komputer dengan harga murah. Untuk menggunakannya juga sangat mudah, cukup sambungkan ke port usb dan WiFi di laptop Anda akan berfungsi kembali.

Setel ulang PC (tanpa menginstal ulang)

Ada beberapa orang yang menyarankan untuk menyelesaikan masalah WiFi di Windows 10 yang tidak bisa terhubung, Anda harus melakukan instal ulang, tetapi ini bukan pilihan yang bijak. Windows 10 memiliki fitur reset, fitur serupa seperti factory reset pada smartphone yang dapat kita gunakan tanpa harus menginstal ulang.

Dengan mengatur ulang PC, konfigurasi Windows akan kembali ke keadaan setelah menginstal ulang, tetapi Anda dapat memilih untuk tidak menghapus data pada drive C, sehingga hanya program pihak ketiga yang hilang.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk memperbaiki masalah jaringan Wi-Fi atau Hotspot yang tidak bisa terhubung di PC dan laptop Windows 10. Semoga membantu, jika masih tidak bisa, silahkan beri komentar di bawah dan jelaskan masalah seperti apa yang Anda alami.

 

sumber artikel: winpreso.com

Dapatkan update berita seputar teknologi, hiburan, bisnis, saham setiap hari dari pikiranwarga.com.


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *