Cara Mengakses Penyetel UI Sistem Tersembunyi Android

Cara Mengakses Penyetel UI Sistem Tersembunyi Android

Anda sedang membaca artikel tentang Cara Mengakses Penyetel UI Sistem Tersembunyi Android, Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Meskipun Android tidak menawarkan kustomisasi mendalam seperti dulu, masih ada banyak tweak keren yang dapat Anda buat tanpa rooting. Salah satunya hadir dengan alat System UI Tuner yang tersembunyi.

Tapi apa itu System UI, dan bagaimana Anda bisa menggunakannya untuk keuntungan Anda? Mari lihat.

Apa itu SystemUI di Android?

SystemUI adalah nama dari proses sistem latar belakang yang penting pada perangkat Android Anda. Ini berjalan saat perangkat Anda dinyalakan dan tetap di latar belakang saat ponsel Anda dihidupkan, kecuali jika terjadi kesalahan.

Seperti yang dinyatakan oleh file ReadMe Google untuk SystemUI, prosesnya adalah “semua yang Anda lihat di Android yang bukan aplikasi.” SystemUI ada di balik layar kunci ponsel Anda, tombol navigasi, bilah status, dialog volume, dan banyak lagi.

Jika Anda menggali semua aplikasi yang diinstal pada perangkat Android Anda dan memasukkan aplikasi sistem dalam daftar, Anda mungkin akan melihat beberapa entri yang dimulai dengan com.android.systemui. Ini semua adalah bagian dari proses SystemUI yang menangani aspek penting perangkat Anda ini.

Apa itu Penyetel UI Sistem?

Di Android 6 Marshmallow dan Android 7 Nougat, Google menyertakan alat tersembunyi yang disebut System UI Tuner. Ini memungkinkan Anda untuk mengubah beberapa aspek bilah status ponsel Anda, seperti mengatur ulang ubin Pengaturan Cepat (sebelum ini dimungkinkan sebaliknya) dan menghapus ikon tertentu dari bilah status.

Meskipun System UI Tuner masih menjadi bagian dari Android, Anda tidak dapat mengaksesnya melalui metode lama. Anda harus menggunakan aplikasi atau perintah ADB untuk mengakses menu ini sekarang. Untungnya, mudah untuk menginstal aplikasi dan melihat-lihat opsi yang tersedia di System UI Tuner—kami akan menunjukkan caranya.

Ingatlah bahwa seperti kebanyakan panduan Android, kesuksesan Anda akan bergantung pada pabrikan perangkat dan versi Android Anda.

Cara Mengakses Tuner UI Sistem di Android

Untuk memeriksa System UI Tuner di perangkat Anda, unduh gratis Aplikasi Penyetel UI Sistem dari Play Store. Meluncurkan aplikasi ini akan membuka menu di ponsel Anda, yang merupakan satu-satunya tujuannya.

Di Pixel 4 kami yang menjalankan Android 12, kategori berikut tersedia di System UI Tuner:

  • Status bar
  • Jangan ganggu
  • Tampilan Sekitar
  • Plugin

Ketahuilah bahwa seperti yang dinyatakan oleh menu, opsi ini bersifat eksperimental dan Google mungkin akan menghapusnya di masa mendatang. Berhati-hatilah saat menggunakannya dan jangan mengandalkan apa pun yang menempel selamanya.

Mari kita periksa masing-masing secara bergantian untuk melihat apa yang dapat Anda lakukan dengannya.

Status bar

Di halaman ini, Anda dapat mengontrol ikon mana yang muncul di bilah status di bagian atas layar Anda. Sebagian besar diaktifkan secara default.

Berikut daftar singkat opsi, dengan penjelasan untuk opsi yang tidak jelas. Jika Anda memerlukan info lebih lanjut, lihat penjelasan kami tentang simbol bilah status Android.

  • Layar putar otomatis: Saat putar otomatis dimatikan, Anda akan melihat ikon untuk memperingatkan Anda.
  • Headset: Menampilkan ikon saat Anda menyambungkan headset yang memiliki mikrofon, atau mikrofon mandiri.
  • Profil Kerja: Menandakan saat perangkat Anda menjalankan profil kerja, yang digunakan untuk perusahaan.
  • Pemeran Layar
  • Titik panas
  • Bluetooth
  • Akses Kamera: Muncul saat aplikasi sedang menggunakan kamera Anda, yang merupakan fitur privasi penting.
  • Jangan ganggu
  • Volume
  • Wifi
  • Ethernet
  • Data seluler
  • Mode pesawat
  • Baterai: Pilih dari Selalu tampilkan persentase, Tampilkan persentase saat mengisi dayaatau Jangan tampilkan ikon ini.
  • Alarm
  • Waktu: Pilih dari Tampilkan jam, menit, dan detik; Tampilkan jam dan menit; atau Jangan tampilkan ikon ini.
  • Tampilkan ikon pemberitahuan prioritas rendah: Secara default, pemberitahuan yang Anda tandai sebagai prioritas rendah tidak muncul di kiri atas layar Anda.

Opsi mana yang Anda ubah di sini terserah Anda. Jika ada fitur tertentu yang Anda gunakan sepanjang waktu, seperti Bluetooth, dan tidak ingin ikonnya membuang ruang layar, ini adalah cara praktis untuk mengklaimnya kembali.

Jangan ganggu

Ada satu opsi dalam judul ini, Pintasan tombol volume, tapi tidak jelas apa fungsinya. Di versi Android yang lebih lama, memegang Volume turun ketika volume sudah nol akan mengaktifkan mode Jangan Ganggu. Namun, ini tidak terjadi di Android 12.

Dengan demikian, hasil Anda dengan ini mungkin tergantung pada perangkat Anda. Jangan khawatir, karena Anda memiliki banyak cara untuk mengontrol Jangan Ganggu di Android selain dari sakelar ini.

Di Android 12, Anda masih dapat mengetuk ikon di bagian atas penggeser volume untuk beralih antara mode senyap, dering, dan getar.

Tampilan Sekitar

Jika perangkat Android Anda memiliki layar AMOLED, mengaktifkan fitur ini memungkinkan Anda melihat informasi dasar bahkan saat Anda tidak menggunakan perangkat. Di Pixel 12 kami, ini termasuk waktu dan tanggal, cuaca saat ini, dan ikon notifikasi terbaru.

Meskipun ini dapat menggunakan sedikit lebih banyak baterai, ini adalah penggunaan teknologi layar AMOLED yang efisien, yang dapat mematikan semua piksel selain yang digunakan. Ini berguna sebagai jam nakas, mengawasi pemberitahuan Anda saat perangkat Anda di atas meja, dan sejenisnya.

Plugin

Pada saat penulisan, menu ini kosong di perangkat kami. Sementara dokumentasi Google menyebutkan plugin untuk menu ini, mereka berada di pengembang dan bukan untuk penggunaan umum.

Anda mungkin menemukan plugin SystemUI di tempat lain; kami sarankan untuk berhati-hati dengan apa pun kecuali Anda yakin dengan fungsinya.

Mengakses Opsi SystemUI Tingkat Lanjut

Jika Anda menikmati mengubah pengaturan tersembunyi ini dan ingin melangkah lebih jauh, coba yang bernama sama Aplikasi SystemUI Tuner oleh Zachary Wander. Ini menawarkan lebih banyak opsi, tetapi Anda harus menggunakan ADB (atau memiliki perangkat yang di-root) untuk mengaksesnya. Dengan demikian dibutuhkan sedikit lebih banyak pengaturan, tetapi sepadan dengan usaha jika Anda menginginkan penyesuaian yang lebih dalam. Aplikasi ini akan memandu Anda melalui apa yang Anda butuhkan untuk menggunakannya.

Seperti yang dinyatakan oleh peringatan aplikasi, tidak semua yang ditawarkannya akan berfungsi untuk semua ponsel, dan mengubah pengaturan tertentu dapat menyebabkan masalah. Lanjutkan dengan hati-hati jika Anda mencoba ini.

Tweak Tingkat Lanjut Dengan SystemUI Tuner

Sementara SystemUI adalah proses sistem yang berjalan tanpa masukan Anda, SystemUI Tuner yang tersembunyi menawarkan opsi yang rapi untuk mengutak-atik ponsel Anda. Cobalah untuk menghapus ikon bilah status yang mengganggu dan lihat apa lagi yang tersedia untuk perangkat Anda.

 

sumber artikel: www.makeuseof.com

Dapatkan update berita seputar teknologi, hiburan, bisnis, saham setiap hari dari pikiranwarga.com.


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *