Mengatasi Hp Oppo Tidak Bisa Download Aplikasi Di Play Store

Mengatasi Hp Oppo Tidak Bisa Download Aplikasi Di Play Store

Anda sedang membaca artikel tentang Mengatasi Hp Oppo Tidak Bisa Download Aplikasi Di Play Store,

Pikiranwarga telah memilih sumber artikel yang dapat dipercaya, Simak info selengkapnya.

Playstore adalah platform gratis yang dapat diakses menggunakan semua perangkat android. Di sana, siapa pun dapat menemukan berbagai jenis alat, hanya memerlukan akses ke akun gmail. Tapi terkadang masalah tetap ada, beberapa pengalaman ponsel tidak bisa Unduh Aplikasi. Bagaimana cara mengatasi hp oppo tidak bisa download aplikasi google play store?

Sebagai alternatif, Anda juga dapat mengunduhnya dalam bentuk file Apk, lalu instal file tersebut hingga petunjuk penginstalan selesai. Tapi itu tidak menyelesaikan masalah, Anda akan terus mengunduh menggunakan file apk.

Disinilah pentingnya segera mengatasi Hp Oppo tidak bisa download aplikasi di Playstore. Tetapi Anda juga harus memeriksa beberapa kondisi penting seperti:

Harus terhubung ke internet. Pastikan ponsel Oppo Anda memiliki paket data yang cukup untuk mengakses Play store.

Periksa Memori Internal Oppo, Pastikan memiliki ruang kosong yang cukup sebagai media penyimpanan file instalasi. Berikut pembahasan selengkapnya.

Mengatasi Hp Oppo Tidak Bisa Download Aplikasi Di Play Store

Ada beberapa cara dan aplikasi saat mengalami masalah hp oppo tidak bisa download aplikasi play store. Tentu saja dan penyebab serta solusi masalahnya.

Jangan khawatir, sebagian besar kasus ini tidak mengacu pada perangkat keras. Tapi kesalahannya ada di pengaturan, aplikasi atau sistem.

Inilah cara mengatasi hp oppo tidak bisa download aplikasi di play store.

1. Perbarui Play Store.

Sangat penting perbarui Aplikasi Playstore, dimana ketika anda tidak bisa mendownload karena beberapa masalah karena bug atau peran dari google play anda tidak bisa berjalan dengan baik mengakses setiap aplikasi yang akan di download.

Buka menu > Buka Google Play Store > ketuk > Lainnya > Setelan > lalu ketuk versi Playstore.

Jika pembaruan tersedia, Play Store akan memulai proses pembaruan otomatis, tunggu hingga selesai.

Namun, jika Anda sudah menggunakan Play Store versi terbaru, Anda akan melihat pesan “Versi Google Play Store sudah yang terbaru.”

2. Bersihkan file cache dan akumulasi data pada layanan Google Play, Google Play Store, dan Kerangka Layanan Google.

Kesalahan dapat dipengaruhi oleh file proses yang terdapat dalam sistem atau aplikasi. Jika masalahnya tidak dapat mengunduhnya dari sana, Anda dapat mulai membersihkan file sampah di setiap aplikasi.

Anda perlu tahu dengan proses pembersihan cache dan data aplikasi maka Akun Google Anda mungkin akan logout setelah otomatis.

Sebaiknya pastikan Anda mengingat email dan kata sandi untuk login kembali sebelum menghapus data cache ponsel Oppo Anda.

  • Caranya, masuk ke menu lalu pilih [Pengaturan] > lalu cari dan pilih [Manajemen Aplikasi] .
  • Selanjutnya, ketuk opsi [Tampilkan Proses Sistem] > Temukan aplikasi [Google Play services].
  • Setelah itu klik [Penggunaan Memori] > lalu pilih [Hapus Cache] > lanjutkan ketuk [Hapus Data].

Sementara dalam proses lainnya, Anda hanya perlu mengulangi langkah-langkah ke aplikasi Google Play Store dan Google Services Framework.

Sedangkan pada beberapa tipe Oppo mungkin bisa masuk ke menu > Setting > Additional Setting > All > Google Play Services > Clear Cache > Delete Data.

3. Periksa Koneksi Internet Oppo.

Terkadang tidak menyadari aplikasi play store gagal memuat dan tidak dapat mengunduh aplikasi Justru dari masalah yang paling sederhana.

Anda harus mencoba untuk memastikan paket internet Anda memiliki kuota data lagi sehingga Anda dapat mengunduh Apps Play store.

Setidaknya kamu bisa cek kecepatan internet juga, karena tidak hanya dipengaruhi oleh kuota. Internet bisa jalan salah satunya dipengaruhi jaringan, saat sinyal lemah bisa menjadi kendala saat loading play store.

Ada banyak cara memperkuat sinyal Nah, untuk mengembalikan jaringan menjadi normal kembali, Anda bisa melakukan reboot ponsel atau menonaktifkan sementara jaringan menggunakan fitur flight mode.

Setelah semuanya kembali normal silahkan buka kembali play store dan download aplikasi di hp oppo anda sesuai keinginan.

4. Periksa Preferensi Unduhan Aplikasi

Setelah melakukan prosedur di atas dalam upaya mengatasi Hp Oppo tidak bisa download di Google Play, Anda juga harus memastikan pengaturan preferensi download diperbolehkan di semua jaringan.

Masuk ke menu lalu pilih aplikasi Google Play Store > tap More > Settings > App Download Preferences dan pilih Via Any Network.

5. Ubah pengaturan izin jaringan pada layanan Google Play, Google Play Store, dan Kerangka Layanan Google.

Kemudian Anda juga dapat memastikan bahwa layanan Google Play Services, Play Store, Google Service Framework dapat diunduh dalam mode saluran internet Wi-Fi atau paket data.

Metode:

Silakan buka ponsel Oppo Anda dan masuk ke Pengaturan > Dual SIM & Jaringan Seluler > lalu ubah jaringan Menggunakan Wi-Fi & Jaringan Seluler > Layanan Google Play dan pilih Wi-Fi dan Data Seluler.

Kemudian ulangi langkah-langkah di atas pada aplikasi Google Play Store dan Google Services Framework.

6. Periksa Penyimpanan Internal ponsel Oppo.

Sistem mampu membaca kondisi penyimpanan ponsel Anda, sehingga ketika ruang penyimpanan tidak mencukupi, setiap unduhan akan berhenti.

Termasuk ini penyebab HP Oppo tidak bisa download di Play Store. Setidaknya Anda harus menyediakan ruang kosong untuk mengunduh dan menginstal aplikasi yang berukuran 1GB.

Silakan periksa memori internal ponsel, lalu mulailah membersihkan file, foto, aplikasi, apk, video yang tidak digunakan dan sebagainya.

7. Reboot ponsel Oppo.

Ini adalah metode paling sederhana untuk memperbaiki sistem dari kesalahan kecil. Jika masalah tidak dapat mengunduh aplikasi di play store disebabkan oleh kesalahan kecil pada sistem, maka me-reboot adalah solusi terbaik.

Caranya seperti biasa, tinggal tekan tombol power dan pilih reboot. Sampai ponsel Oppo restart dan siap digunakan, terus buka play store lagi.

8. Atur Ulang Pengaturan Sistem telepon Oppo

Saya kira ini adalah opsi terakhir dari pemulihan telepon ketika mengalami masalah dengan mengunduh di play store. Dengan mengatur ulang pengaturan pabrik, pengaturan perangkat akan dikembalikan ke default.

Semuanya akan kembali normal dan Anda dapat mulai mengunduh aplikasi di play store.

Berikut caranya:

Pada ponsel Oppo dengan ColorOS 3.2 ke atas, silakan masuk ke menu dan pilih Pengaturan > Pengaturan Tambahan > lalu ketuk Cadangkan dan Atur Ulang.

Langkah terakhir pilih Reset to Factory Settings > dan pastikan untuk memilih [Reset Pengaturan Sistem Saja] agar file data tidak terhapus permanen.

Itulah beberapa cara mengatasi hp oppo tidak bisa download aplikasi di play store. Pastikan Anda mencoba pemecahan masalah di atas satu per satu, kemudian dapat dikonfirmasi.

Saya pikir masalah ini harus diselesaikan tanpa harus mem-flash ulang. Tapi, jika masih tidak sembuh tidak ada cara lain selain memperbaiki secara lengkap dengan Hard reset atau flash ulang. Jika perangkat masih dalam garansi, kunjungi pusat layanan Oppo.

sumber artikel: www.imeandroid.com

Dapatkan update berita seputar teknologi, hiburan, bisnis, saham setiap hari dari pikiranwarga.com.


Posted

in

, , ,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *