Negara Amerika Tengah Akan Segera Melegalkan Bitcoin

Negara Amerika Tengah Akan Segera Melegalkan Bitcoin

Negara Amerika Tengah Akan Segera Melegalkan Bitcoin

 

Negara El Salvador sepertinya akan menjadi negara pertama yang akan melegalkan mata uang crypto Bitcoin untuk menjadikannya sebagai alat pembayaran yang sah. Karena Presiden Nayib Bukele telah berencana untuk memperkenalkan undang-undang baru yang isinya akan meresmikan tentang mata uang digital Bitcoin tersebut.

Di lihat dalam sebuah video yang berisi konferensi pers di Miami, AS, juga disebutkan bahwa acara tersebut adalah acara Bitcoin yang terbesar dalam sejarah. Beliau telah mengumumkan bahwa negara El Salvador yang terletak di Amerika Tengah itu juga akan bekerjasama  dengan perusahaan dompet digital Strike dalam membangun Ekonomi infrastruktur secara modern dengan  menggunakan teknologi mata uang digital Bitcoin.

 

Bukele juga mengatakan bahwa pada Minggu depan ia akan segera mengirimkan rancangan  RUU ke dalam Kongres RUU yang akan membuat mata uang digital Bitcoin menjadi alat pembayaran yang sah. Selain itu hal itu pun dibenarkan oleh Jack Mallers yaitu selaku pendiri dari platform pembayaran jenis Strike. Dia juga mengatakan bahwa untuk melindungi negara berkembang dari potensi guncangan inflasi mata uang maka dia menganjurkan untuk memegang mata uang Bitcoin atau berinvestasi dalam mata uang digital Bitcoin.

 

Karena itu selama ini negara El Salvador dalam hal cara menyusun ekonominya yaitu dengan cara dominasi transaksi tunai. Dan juga dari sekitar persentase 70% warga di El- Salvador juga tidak memiliki rekening di bank ataupun dalam bentuk kartu kredit.

Untuk itu Remitansi, uang yang telah dikirim pulang oleh para migran, akan menyumbang lebih dari 20% dari produk domestik bruto (PDB) El Salvador. Dengan ini maka Layanan incumbent dapat dikenakan biaya 10% atau juga lebih untuk transfer antar internasional tersebut, selain itu cara itu juga  membutuhkan waktu  berhari-hari untuk bisa tiba dan kadang- kadang  dapat membuat mereka untuk melakukan penjemputan fisik.

Untuk itu negara El-salvador telah membuat tim khusus untuk membentuk negara dalam membangun ekosistem keuangan yang lebih baik dan mudah melalui mata uang crypto Bitcoin. Karena partai dari Nayib Bukele ini ,telah memiliki banyak dukungan yaitu diatas dewan legislatif negara itu yang juga akan memungkinkan RUU itu disahkan.

 

Akan tetapi sejumlah ahli pun sebelumnya telah meminta Para investor untuk lebih mempertimbangkan resiko- resiko yang akan mereka hadapi  terlebih dahulu, ketika mereka hendak berinvestasi kedalam mata uang digital Bitcoin.

 


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *