3 Cara Membuat Survei atau Polling di Zoom Pada Webinar

3 Cara Membuat Survei atau Polling di Zoom Pada Webinar

Cara Membuat Polling di ZoomMembuat polling adalah cara yang bagus untuk mengumpulkan umpan balik peserta dari rapat Zoom Anda. Zoom memungkinkan Anda membuat survei pilihan ganda atau satu jawaban dan bahkan melihat hasilnya secara langsung. Berikut adalah tiga cara untuk membuat polling dalam rapat Zoom.

Sebelum Pikiranwarga mulai, ada beberapa persyaratan untuk membuat survei untuk rapat Zoom. Pertama, Anda adalah tuan rumah atau host yang merupakan pengguna berlisensi. Kedua, Anda hanya dapat membuat polling untuk rapat terjadwal atau rapat instan di mana Anda menggunakan Personal Meeting Identifier (PMI).

3 Cara Membuat Survei atau Polling di Zoom Pada Webinar

Cara membuat polling di Zoom Pada Webinar

1. Aktifkan survei polling untuk rapat Zoom

Sebelum membuat polling, Anda harus mengaktifkan opsi polling. Di browser web Anda, buka Zoom dan pilih “Pengaturan Akun” di bawah “Manajemen Akun” di grup “Admin” di panel kiri.

Anda sekarang akan berada di tab “Meeting“. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Polling” sekitar setengah jalan di bagian atas layar. Geser penggeser ke kanan untuk mengaktifkan polling.

Dengan mengaktifkan fitur survei, saatnya membuat survei.

 

2. Buat survei

Di portal web Zoom, pilih tab “Meetings”di panel kiri.

Saat ini maka anda telah dapat menjadwalkan rapat Zoom baru, atau memilih rapat yang telah dijadwalkan sebelumnya. Sekarang kami mencoba untuk melanjutkan dan memilih pertemuan yang dijadwalkan.

Gulir ke bagian bawah halaman, dan Anda akan melihat kotak dengan teks yang mengatakan bahwa Anda belum membuat survei. Pilih “Add“.

Jendela “Add a Poll” akan muncul. Langkah pertama adalah memberi nama survei dan memutuskan apakah jawabannya akan anonim. Ini berarti bahwa ketika Anda melihat hasilnya, Anda hanya akan melihat bahwa “Guest” menjawab pertanyaan, bukan pengguna yang sebenarnya.

Selanjutnya, ketik pertanyaan Anda (dalam 255 karakter), pilih apakah itu akan menjadi jawaban pilihan tunggal atau ganda, dan kemudian tuliskan jawaban yang tersedia. Saat ini anda dapat mempunyai sampai dengan 10 jawaban pada setiap pertanyaan.

Anda dapat menambahkan lebih banyak pertanyaan ke survei dengan memilih “Add Question” di bagian bawah jendela, dan ulangi proses di atas. Setelah selesai, pilih “Simpan atau Save“.

Sekarang setelah Anda membuat polling, Anda dapat melihatnya selama rapat Zoom.

3 Cara Membuat Survei atau Polling di Zoom Pada Webinar

3. Mulai survei selama rapat Zoom

Setelah rapat Zoom dimulai dan Anda siap untuk memulai survei, pilih “Polling” di bagian bawah jendela rapat.

Jendela “Polling” akan muncul. Tinjau pertanyaan dan jawaban, lalu pilih “Launch poll”.

Anda akan dapat melihat hasil survei secara real time. Setelah semua orang memilih, pilih Akhiri Pemungutan Suara “End Polling”.

Anda sekarang akan melihat hasil survei. Anda dapat membagikan hasil survei dengan peserta atau meluncurkan kembali survei.

Jika Anda ingin kembali dan ingin melihat hasilnya, pilih rapat di tab “Previous Meetings” di portal web, pilih “Poll Report” di sebelah opsi “Report Type“, dan buat laporan. Anda dapat melihat hasil survei dari pertemuan sebelumnya.

 


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *