Cara Cepat Mengatasi Android Hotspot Tidak Bisa Terhubung ke Laptop Windows 10

Cara Cepat Mengatasi Android Hotspot Tidak Bisa Terhubung ke Laptop Windows 10

Cara Cepat Mengatasi Android Hotspot Tidak Bisa Terhubung ke Laptop Windows 10

 

Jika Anda pengguna laptop Windows 10 (OS) dan sering menghadapi masalah tidak dapat terhubung ke hotspot Android, Anda dapat menyelesaikannya dengan beberapa cara yang akan diulas di bawah ini.

 

Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa fitur Personal Hotspot yang ada di HP Android juga bisa disambungkan ke laptop (Windows 7 atau Windows 10). Cara ini akan sangat berguna pastinya, misalnya ketika Anda sedang bekerja di luar kantor dan Anda diminta untuk mengirim file pekerjaan di laptop Anda, maka Anda dapat mengaktifkan hotspot di ponsel Android Anda agar laptop Anda dapat terhubung ke internet.

 

Tetapi bagaimana jika hotspot android tidak dapat terhubung ke laptop Windows 10? Jangan bingung dahulu karena disini kami telah mengumpulkan berbagai sumber yang membahas untuk mengatasi masalah seperti ini.

 

Cara Menyelesaikan Masalah Laptop Tidak Bisa Connect ke Android Hostspot

 

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mem-bypass atau mengatasi laptop Windows 10 yang tidak bisa terhubung ke wifi atau hotspot dari ponsel Android, di antaranya sebagai berikut:

 

1. Izinkan perangkat terhubung

Cara Cepat Mengatasi Android Hotspot Tidak Bisa Terhubung ke Laptop Windows 10

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah cek dulu settingan hotspot Android di bagian Allowed devices, caranya sebagai berikut:

  • Buka Pengaturan, lalu pilih Koneksi nirkabel lainnya
  • Setelah itu aktifkan Personal Hotspot dan pilih ikon tiga titik di kanan atas lalu pilih Perangkat Allowed Devices
  • Tab baru akan muncul dan Anda dapat langsung menonaktifkannya terlebih dahulu di “Hanya perangkat yang diizinkan, lalu pilih Mulai lagi”

Anda dapat langsung mencoba lagi untuk menghubungkan laptop Anda ke hotspot wifi android dan jangan lupa untuk menambahkan desktop atau laptop yang terhubung ke daftar perangkat yang diizinkan.

2. Manajemen Koneksi

Pada beberapa HP Android/terutama yang masih menggunakan Android 10 terdapat pengaturan connection management dengan 3 fungsi yaitu blacklist, maksimum koneksi yang diperbolehkan dan pembatasan data.

 

  • Koneksi maksimum yang diizinkan

 

Fitur ini membatasi jumlah perangkat yang dapat terhubung ke hotspot Android, sehingga ketika Anda mengaturnya menjadi dua dan sudah menggunakan slot, laptop yang baru saja Anda sambungkan tidak dapat terhubung secara otomatis.

 

Solusinya adalah mengubah jumlah maksimum koneksi yang diizinkan menjadi lebih dari 2 dan maksimal 10 perangkat.

 

  • Pembatasan data

 

Fungsi dari fitur ini adalah untuk membatasi jumlah kuota data/internet yang digunakan oleh semua perangkat yang terhubung dengan hotspot. Ketika kuota internet/data maksimum terlampaui, internet tidak bisa diakses secara otomatis dan harus diubah menjadi unlimited agar hotspot android tidak bisa konek ke laptop windows 10 masalah tidak muncul lagi.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi masalah hotspot android tidak bisa konek ke laptop, tapi jika settingan di hp android sudah benar tapi laptop tetap tidak bisa konek, maka kemungkinan yang bermasalah adalah laptopnya. Anda bisa mengikuti cara mengatasi laptop yang tidak bisa konek ke Wifi yang sudah pernah dibahas secara detail pada artikel ini hotspot android tidak bisa connect ke laptop windows 10.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *