Jangan Kaget Karena Diskon Listrik Tidak lagi Diperpanjang Oleh Pemerintah

Jangan Kaget Karena Diskon Listrik Tidak lagi Diperpanjang Oleh Pemerintah

Jangan Kaget Karena Diskon Listrik Tidak lagi Diperpanjang Oleh Pemerintah

 

Bagi anda yang telah mendapatkan bantuan pemerintah dalam bentuk diskon biaya listrik harus menyiapkan kembali anggaran untuk pengeluaran biaya listrik. Hal ini karena pemerintah akan menghentikan diskon biaya Listrik.

Pemerintah saat ini mulai merencanakan pada bulan Juli 2021 akan segera menghentikan stimulus tarif listrik selama pandemi COVID-19. 

Hal ini dilakukan dengan alasan bahwa Pemerintah melihat tren pertumbuhan ekonomi sejak akhir tahun lalu hingga tiga bulan pertama pada tahun 2021 yang mulai mengalami kemajuan dalam hal pertumbuhannya.  

Kemudian pemerintah akhirnya telah memutuskan untuk menghentikan stimulus listrik yang selama ini diberikan kepada masyarakat. Karena menurut data pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2021 memperlihatkan bahwa ada kebijakan pemulihan ekonomi nasional yang masih terus berlanjut dan juga menunjukan hasil yang positif untuk saat ini. 

Dari daftar pertumbuhan ekonomi positif ada 10 provinsi yang menurut data Badan Pusat Statistik, walaupun mengalami kontraksi, pertumbuhan dari ekonomi triwulan I 2021 sudah tercatat minus 0,74 persen secara tahunan (yoy) dan juga telah membaik dibandingkan pada pertumbuhan triwulan IV 2020 sebesar minus dari 2,19 persen pada tahun sebelumnya. Dan juga untuk saat ini telah memasuki awal tahun yang ternyata terdapat 10 provinsi yang mencatatkan pertumbuhan ekonomi secara positif. 

Karena hal itu Pemerintah  segera memutuskan untuk tidak lagi memperpanjang diskon tarif listrik yaitu untuk golongan 450 VA dan juga  900 VA bersubsidi. Maka dari itu bantuan yang telah diberikan yang selama ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat yang juga terdampak oleh pandemi COVID-19 mulai di tiadakan pada bulan Juli 2021.

Selaku,  Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, yaitu Rida Mulyana mengungkapkan, bahwa pemerintah telah memberikan bentuk bantuan yang dimulai dari lalu dan juga besaran diskonnya kemudian akan mengalami penurunan. Ia juga  mengatakan, bahwa bantuan ini pun akan segera berakhir usai kuartal II atau juga terakhir diperpanjang sampai dengan Juni 2021.

Rida Mulyana juga mengatakan, bahwa keputusan untuk menyudahi bantuan pemerintah dalam bentuk diskon listrik merupakan keputusan yang diambil secara nasional dan dia pun juga mengatakan bahwa stimulus atau diskon listrik ini tidak lagi diperpanjang. Demikian artinya untuk para pelanggan yang telah memenuhi kriteria tidak akan lagi dapat menerima bantuan tersebut.

Mudah-mudahan masyarakat yang sebelumnya sudah mendapatkan diskon listrik tidak terlalu berdampak terhadap pemberhentian diskon listrik tersebut.

Baca Juga :  Jadwal dan Titik Lokasi Perbaikan Tol Jagorawi, Simak Agar Tidak Mengalami Kemacetan