Begini Cara Menambahkan GIF di Aplikasi WhatsApp Dengan Mudah

Begini Cara Menambahkan GIF di Aplikasi WhatsApp Dengan Mudah

Whatsapp adalah salah satu layanan pesan populer yang ada di masyarakat. Sekarang whatsapp memberikan fasilitas ke penggunanya untuk dapat mengirimkan pesan Graphics Interchange Format (GIF) atau Format Pertukaran Grafis kepada orang lain sesama pengguna whatsapp. 

Arti GIF

GIF merupakan format gambar bitmap yang dapat menghasilkan animasi-animasi sederhana. GIF menjadi salah satu cara bagi pengguna whatsapp untuk mengekspresikan diri dalam melakukan obrolan di media online.

Saat ini format GIF sendiri dapat mengirimkan pesan video pendek berulang bagi pengguna whatsapp agar konten yang dikirim unik serta menarik

Kamu juga bisa menyimpan GIF yang sudah dikirimkan dari pengguna lain untuk kamu gunakan jika diinginkan.

Cara Menambahkan GIF WhatsApp

Berikut ini cara untuk menambahkan GIF pada aplikasi WhatsApp.

Cara untuk menambahkan GIF pada aplikasi whatsapp sangat mudah dilakukan yaitu dengan cara menjadikan GIF yang dikirim oleh pengguna whatsapp lainnya kepada kamu untuk disimpan sebagai favorit.

GIF yang sebelumnya sudah di tandai sebagai favorit akan muncul pada keyboard kamu saat mengetik pesan untuk orang lain. Kamu menjadi lebih mudah untuk mencari file GIF yang ingin kamu kirim. Berikut caranya:

  1. Silahkan kamu cari file GIF yang ingin kamu jadikan sebagai favorit, misalnya saja file GIF yang sudah dikirim oleh teman kamu.
  2. Ketuk pada layar kemudian tahan file GIF tersebut dan pilih opsi Tambah ke Favorit.

Cara membuat GIF sendiri di WhatsApp

Selain kamu bisa menambahkan GIF yang dikirim pengguna lain menjadi favorit, kamu juga bisa membuat file GIF itu sendiri dan kemudian menambahkannya ke aplikasi whatsapp untuk dikirimkan ke teman kamu.

Kamu bisa membuat file GIF ini dengan menggunakan file video yang ada pada galeri hp kamu. Untuk membuat file GIF ini tidak diperlukan aplikasi tambahan apapun dari pihak ketiga sehingga hal ini tentu menjaga keamanan data pribadi.

Berikut adalah cara untuk membuat file GIF sendiri:

  1. Buka aplikasi pesan WhatsApp di HP kamu
  2. Cari pengguna yang akan kamu kirimkan file GIF agar lebih menarik interaksi chat.
  3. Ketuk pada ikon paper clip di kolom tulis pesan layar hp.
  4. Lalu pilih Galeri pada opsi.
  5. Pilih video yang akan kamu buat GIF dari galeri hp kamu.
  6. Geser dua titik timeline video setelah video muncul. Pilih berapa durasi video yang kamu inginkan untuk dijadikan GIF. Durasi file GIF biasanya hanya mengambil waktu singkat jadi potong video kamu sesingkat mungkin pada bagian yang menurut kamu menarik untuk dijadikan GIF.
  7. Ketuk pada opsi GIF setelah semua selesai pada timeline bawah video.
  8. Kamu dapat menambahkan file GIF yang tadi dengan tulisan atau emoji yang lucu-lucu dengan mengetuk layar pada ikon ‘T’ untuk teks dan pilih Emoticon jika ingin menambahkan ikon.
  9. Setelah semua selesai pilih atau ketuk enter berbentuk pesawat kertas putih pada kanan bawah layar.
  10. GIF akan segera diterima oleh  pengguna lain.

Nah, jadi seperti itulah cara untuk menambahkan file GIF sendiri pada aplikasi whatsapp. Pilihlah GIF yang menurut kamu dapat menambah interaksi kepada pengguna lain agar chat kamu semakin menarik.