Berikut cara cepat mengatasi lupa password Windows 10 di laptop atau komputer

cara cepat mengatasi lupa password Windows 10 di laptop atau komputer – Lupa merupakan hal yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari, seperti lupa menyimpan kunci, lupa mengerjakan tugas dan yang lebih berbahaya lagi adalah lupa password Windows 10 di laptop atau komputer. Laptop saya tidak dapat diakses dan tidak dapat melakukan apa pun secara otomatis.

Bisakah masalah seperti lupa kata sandi Windows 10 ini diperbaiki? atau harus Instal ulang? Yang dapat menyebabkan hilangnya semua data Anda di Data C. Jangan terlalu khawatir, karena masalah ini dapat diperbaiki tanpa harus menginstal ulang! Ikuti saja cara mengatasinya yang akan dijelaskan di bawah ini.

Setel ulang akun Microsoft.com Anda

Jika laptop atau komputer Anda sudah menggunakan / menyinkronkan akun Microsoft, Anda kemudian dapat kembali menggunakan perangkat dengan mudah. Caranya adalah dengan melakukan reset dari website resmi Microsoft menggunakan laptop lain atau dari smartphone juga.

  1. Buka browser chrome dan pergi ke www.microsoft.com lalu klik Masuk di pojok kanan atas
  2. Masukkan alamat email Anda dan ketika Anda berada di bagian kata sandi cukup klik Saya lupa kata sandi saya. Masukkan kembali alamat email Anda dan klik Berikutnya.
  3. Sistem Microsoft akan mengirimkan kode pengaturan ulang kata sandi ke alamat email Anda. Buka email dan dapatkan kodenya. Masukkan kode dan klik Berikutnya.
  4. Kemudian atur ulang kata sandi Anda. Setelah selesai, kembali ke komputer Anda dan masukkan kata sandi baru. Voila, Anda dapat masuk kembali ke komputer Anda.
  5. Jika Anda memiliki akun lokal di komputer, Anda cukup mengeklik tautan “Lupa kata sandi” di layar masuk. Ini akan menunjukkan opsi untuk memasukkan jawaban keamanan yang Anda atur saat mengatur akun Anda. Setelah Anda memasukkan ini, Anda akan dapat mengatur ulang kata sandi Anda dan kembali ke komputer Anda.

disk pengaturan ulang kata sandi

Disk reset password ini merupakan solusi resmi yang diberikan oleh Microsoft untuk masalah lupa password Windows 10. Fungsinya untuk mereset password yang ada di laptop atau komputer. Namun cara ini memiliki kelemahan karena cara ini hanya berfungsi jika sebelumnya Anda telah membuat disk reset kata sandi sebelum masalah lupa kata sandi terjadi.

Cara menggunakan disk reset kata sandi Windows 10

  1. Langkah pertama hidupkan laptop atau komputer yang mengalami masalah lupa password. Setelah masuk ke layar login Windows, langsung klik Account dan pilih Reset Password.
  2. Kemudian akan muncul password wizard, klik next dan pilih disk atau folder tempat Anda sebelumnya menyimpan reset password (yang dilakukan sebelum kejadian lupa password).
  3. Klik Next dan akan muncul form ganti password di halaman selanjutnya. Selanjutnya, buat kata sandi Windows baru Anda dan pastikan Anda tidak akan pernah melupakannya lagi.
  4. Klik Berikutnya dua kali lagi dan tanda tangani bahwa Anda telah berhasil mengubah kata sandi akun pengguna Windows sehingga Anda sekarang dapat masuk ke desktop dan menggunakan komputer Anda lagi.

Reset Kata Sandi Menggunakan Command Prompt (CMD)

Anda pasti bertanya-tanya bagaimana cara mengakses CMD saat laptop/komputer Anda hanya berada di layar login Windows. Di sana, hanya ada opsi login dan shutdown pengguna. Tenang, ada cara untuk bisa membuka CMD dari layar login windows, yaitu dengan menekan kombinasi tombol pada keyboard : Caranya tekan tombol logo Windows + X pada keyboard untuk membuka menu quick access lalu klik Command Prompt (Admin).

Untuk mengatur ulang kata sandi Anda, ketik perintah berikut dan tekan Enter.

“nama pengguna bersih kata sandi baru”

Ganti username dengan akun user windows anda lalu password baru dengan password yang anda inginkan lalu enter.

Nah, itulah beberapa cara yang mungkin bisa kamu coba untuk mengatasi masalah lupa password di Windows 10 di laptop atau komputer. Metode di atas tidak mengganggu data Anda di hard drive.

Cara mereset kata sandi Windows 10 menggunakan cmd –


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *