Tidak dapat mengisi daya laptop? Coba 6 metode efektif ini

Tidak dapat mengisi daya laptop? Laptop identik dengan kepraktisan yaitu mudah dibawa dan dapat digunakan dimana saja, namun semua itu bisa menjadi percuma jika laptop anda tidak bisa dicharge atau harus membawa adaptor untuk menancapkannya ke stop kontak/colokan listrik.

Menurut beberapa sumber situs teknologi, masalah ini sudah menjadi rahasia umum untuk laptop yang sudah lama digunakan (sudah tua) karena baterai lithium yang banyak digunakan di laptop ini akan mengalami penurunan kapasitas setiap tahun. Namun ada juga yang baterainya awet digunakan beberapa tahun, karena cara pemakaiannya yang alami.

Ternyata, bukan hanya baterai lithium yang menyebabkan laptop tidak bisa mengisi daya. Ada banyak faktor yang harus Anda ketahui, misalnya trafo rusak, kabel putus di dalam (abnormal) dan lain-lain.

Cara mengatasi baterai laptop yang tidak bisa dicharge

Dari masalah ini, sebaiknya jangan langsung buru-buru mengganti baterai dengan yang baru. Ini mungkin solusi terbaik dan Anda tidak perlu khawatir, tetapi Anda harus membayar lebih dan tidak semurah ulasan harga baterai laptop terbaru.

Jadi sebelum Anda membeli baterai Laptop baru, Anda dapat mencoba beberapa cara untuk mengatasi laptop yang tidak dapat mengisi daya secara normal:

  1. Keluarkan baterai laptop. Apakah langkah pertama ini mitos atau kenyataan? Apakah cara ini bisa berhasil? Ya, tidak semua dari kita dapat mengklaim bahwa cara ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi baterai laptop Anda yang tidak dapat diisi. Namun dengan melepas baterai anda dapat membersihkan lubang sekrup tembaga yang mungkin terdapat kotoran/debu sehingga aliran listrik tidak dapat masuk ke baterai secara normal.
  2. Pemeriksaan fluks listrik ke dalam soket (colokan listrik). Langkah kedua yang bisa dicoba adalah mengecek apakah stop kontak sudah teraliri listrik dan apakah adaptor laptop sudah tersambung dengan benar. Karena kita sering lupa untuk memastikan sudah terhubung dengan baik antara adaptor dan soket listrik ketika kita sedang terburu-buru untuk menyalakan laptop kita.
  3. Putuskan sambungan terminal adaptor laptop. Langkah ketiga ini adalah memastikan apakah adaptor berfungsi normal untuk mensuplai daya ke laptop. Cabut terminal adaptor/charger dari laptop sejenak lalu coba pasang kembali dan coba lihat indikator baterai di pojok kanan bawah apakah berfungsi atau tidak.
  4. Periksa konverter. Langkah keempat cek kondisi adaptor/charger laptop, apakah rusak atau normal? Coba periksa apakah kabelnya rusak (sobek, terkelupas, putus sebagian) atau periksa suhu trafo (jika suhu panas tidak normal, maka pasti ada kerusakan). Kondisi adaptor yang rusak atau tidak normal juga dapat merusak laptop Anda, sehingga Anda dapat menggantinya dengan adaptor lain agar tidak merusak laptop Anda.
  5. Pendingin laptop. Langkah kelima ini adalah mendinginkan laptop karena baterai laptop sangat rentan terhadap suhu tinggi.Jika suhu naik, sensor baterai dapat mengalami masalah dan benar-benar menginformasikan sistem jika baterai terisi penuh atau hilang sama sekali sehingga menyebabkan masalah saat pengisian. .
  6. Perbarui driver baterai. Langkah ke-6 ini mulai masuk ke sistem, update driver baterai yang mungkin tidak kompatibel dengan windows sehingga proses charging tidak bisa berjalan normal. Cara memperbarui driver baterai ini adalah dengan mengklik dimulai > Pilih menu ketertiban dan keamanan > Menu pengaturan perangkat > Kemudian temukan menunya baterai. Yang perlu Anda perbarui adalah baterai, pengisi daya, dan baterai dari metode kontrol yang sesuai dengan Microsoft ACPI dengan mengklik kanan pada setiap menu dan memilih Properti> tab pengemudi dan klik Pembaruan Pengemudi. Nyalakan kembali laptop Anda ketika proses pembaruan selesai (pastikan terhubung ke Internet).

Ini 6 cara mengatasi laptop yang tidak bisa dicharge dan tidak ada satupun cara yang berhasil jadi solusinya selalu gunakan adaptor atau beli baterai baru agar laptop bisa digunakan dimana saja dan kapan saja. Selama baterai sudah diisi, tidak perlu. Sekali lagi, Anda memerlukan colokan listrik untuk sementara waktu.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *