Begini Cara Menghentikan Laptop Hanging Yang Benar

Cara Menghentikan Laptop Hanging Yang Benar – Nah, cara-cara tersebut dilakukan agar tidak menimbulkan kerusakan software atau hardware.

Anda pasti mengalami masalah laptop Tiba-tiba berhenti kan? Sekarang mouse tidak dapat digerakkan secara otomatis untuk mengklik tombol restart atau shutdown dan keyboard tidak berfungsi. Masalah seperti ini sering terjadi pada komputer/komputer juga dan mengharuskan kita untuk mencari solusi atau prosedur seperti yang akan dibahas sekarang yaitu cara mematikan laptop hang.

Sebenarnya, apa yang menyebabkan sering berhenti? Beberapa faktor yang biasanya menjadi sumber masalah ini, yaitu:

  1. Laptop adalah spesifikasi standar, tetapi tugas berat sehingga CPU/prosesor bekerja cukup keras.
  2. Banyak program diinstal dan dijalankan saat startup.
  3. Banyak layanan file dijalankan dari program yang diinstal di laptop (dapat dilihat dari Windows Task Manager)
  4. Ada program yang dijalankan oleh virus, sehingga kinerja laptop semakin berat.
  5. Terlalu banyak aplikasi atau program yang terbuka secara bersamaan.
  6. Terlalu banyak memori yang digunakan
  7. Sering terjadi bahwa banyak file sampah/junk menumpuk di hard drive dan mungkin ada banyak faktor lain yang menyebabkan hang ini.

Kiat untuk mematikan laptop yang ditangguhkan dengan benar

Hal pertama yang dapat Anda lakukan jika tiba-tiba mengalami masalah ini adalah me-restart laptop Anda. Jika masih tidak berfungsi, maka Anda harus mencoba metode berikut untuk mematikan paksa laptop Anda:

  • Jika langkah pertama adalah me-restart laptop dengan mengklik Mulai (logo windows) -> matikan / mulai ulang Tidak bisa karena respon mouse lambat atau tidak bisa benar-benar bergerak lagi maka anda bisa mencoba cara kombinasi tombol keyboard Alt + F4.
  • Dengan menekan kombinasi Alt + F4, kita akan memaksa menutup aplikasi yang sedang terbuka. Coba beberapa kali, jika cara ini berhasil, akan ada respon gerakan kursor saat Anda menggerakkan mouse dan Anda bisa langsung mengklik tombol shutdown.
  • Jika cara ini tidak berhasil, maka cara selanjutnya adalah masuk ke task manager Windows dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Delete.
  • Jika berhasil, layar laptop Anda akan menampilkan opsi seperti (Kunci PC ini, Ganti pengguna, Keluar, Ubah kata sandi, Mulai Pengelola Tugas).
  • Pilih start task manager untuk melihat aplikasi mana yang sedang berjalan saat itu dan bisa tepat di akhir task/shutdown.
  • Namun kombinasi tombol Ctrl+Alt+Delete ini merupakan cara cepat untuk mematikan suspensi laptop karena pada saat menekan tombol grup akan ada tombol shutdown di bagian bawah, jadi tanpa harus masuk ke task manager terlebih dahulu, Anda dapat segera mematikan komputer ponsel.
  • Jika cara sebelumnya tidak merespon, maka Anda bisa menggunakan cara terakhir ini yaitu dengan mematikan laptop secara paksa. bagaimana? Cukup tahan tombol power selama 1-5 detik atau tekan dan tahan tombol power sampai layar laptop mati total.

Jadi jangan langsung marah atau langsung terkena dampak merusak laptop kamu, cukup dengan mengikuti tips dan beberapa cara agar laptop kamu tidak hang, kamu bisa mengatasi masalah ini.

matikan stop laptop –


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *