Penipuan Sistem COD Makin Banyak, Simak Cara Mencegahnya!

Penipuan Sistem COD Makin Banyak, Simak Cara Mencegahnya!

Cerita ini datang dari salah satu warganet di media sosial. Ia baru saja mengalami penipuan bermodus sistem COD yang ternyata untuk saat ini memang sedang Banyak. Nah, biar kamu tidak menjadi korban sistem cod berikutnya, simak yuk ceritanya.

Awalnya Ibu Nova (bukan nama sebenarnya) bersama anaknya yang sedang bersantai-santai di rumah, sementara suami memang sedang bekerja di kantor. Lalu, datanglah: “Pakeettt!”

 

Baca Juga :  Tips Agar Barang Jualan Laris di Tokopedia Dan Banyak Menarik Minat Pembeli Dengan Mudah

Kurir tersebut kemudian bilang, “COD ya, atas nama Naufal (bukan nama sebenarnya)”. Rp200 ribu, Bu”. Karena ternyata nama suaminya memang Naufal, maka Nova pun tidak curiga sama sekalai. Ia lalu membayar paket tersebut ke kurir dengan sejumlah uang yang diminta.

 

Malamnya, Naufal sang suami pulang. Ibu Nova lalu bercerita kepada suaminya tentang paket cod tersebut. “Aku tidak beli apa-apa, kok,” kata Naufal. “Duh, benar firasatku,” timpal Nova dengan menyesal.

 

Baca Juga :  Simak Aturan COD di Marketplace Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan Blibli Agar tidak Salah kaprah!

Sebenarnya Ibu Nova memang sempat ragu saat ingin menerima paketnya. Karena si suami tidak bilang sedang memesan sesuatu kepada dirinya. Apalagi pada stiker pengiriman paket tersebut juga tidak ada label e-commerce, marketplace, ataupun merek jasa pengiriman tertentu. Nomor telepon dari pengirim juga tidak tertulis di paket itu. Isi paketnya pun ternyata hanya baju-baju biasa yang terlihat tidak mencapai harga Rp200 ribu.

Cara Agar Terhindar Dari Penipuan COD

 

Baca Juga :  Cara Melakukan Jual Beli Dalam Perdagangan Menurut Islam Agar Berkah

Nah, untuk kamu agar terhindar dari kejadian seperti ini, berikut adalah beberapa cara untuk menghindari penipuan sistem COD yang bisa kamu terapkan.

  1. Teliti

Untuk kamu yang tiba-tiba kedatangan kurir untuk mengirimkan paket cod, jangan buru-buru untuk menerima paket tersebut sebelum kamu membaca dengan detail pengirim dan alamatnya. Cek apakah terdapat logo tertentu dari marketplace, e-commerce, ataupun jasa pengiriman di stiker paket.

 

  1. Konfirmasi

 

Baca Juga :  Cara Bermain Saham Untuk Pemula Agar Mendapat Untung

Setiap pesanan online biasanya akan bisa di-tracking dengan aplikasi atau dimana tempat kamu berbelanja. Jika ternyata bukan kamu yang belanja, konfirmasi dulu ke anggota keluarga terutama untuk paket dengan sistem bayar di tempat atau COD.

  1. Cek Nomor Telepon

 

Agar kamu bisa terhindar dari modus penipuan sistem COD, jangan lupa untuk segera cek nomor telepon yang tercantum pada paket tersebut. Jika ternyata nomor ponsel yang tertera tidak dapat dihubungi, kamu harus waspada karena bisa jadi ini adalah modus penipuan COD.

 

  1. Cek Nama Pengirim

 

Baca Juga :  Beberapa Update Informasi Tentang Perkembangan Bisnis Online

Pastikan juga untuk cek siapa nama pengirim dari paket tersebut. Jika nama dari pengirim yang tercantum pada paket bukan nama yang biasa digunakan untuk pengiriman barang, kamu harus waspada karena bisa jadi ini merupakan bagian dari modus penipuan sistem COD saat belanja online.

 

  1. Berani Tolak Paket Tersebut

Jika ternayata memang kamu merasa tidak sedang memesan atau menunggu paket atau sedang tidak melakukan pembelian barang secara online, sebaiknya kamu kembalikan saja paket tersebut ke pengirimnya. Hal tersebut bertujuan agar kamu terhindar dari salah satu modus penipuan belanja online.

 

  1. Belanja Online pada Marketplace Terpercaya

Salah satu cara lainnya untuk menghindari modus dari penipuan belanja online sistem cod yaitu pastikan kamu berbelanja di marketplace besar dan terpercaya. Karena pada marketplace besar terdapat fitur untuk melakukan pengembalian barang. Jadi, apabila kurir sudah terlanjur mengirim barang, kamu bisa menolak paket tersebut dengan sopan dan mengatakan bahwa saat ini kamu tidak melakukan order barang apapun.

 

  1. Menghindari Pembayaran Sistem COD

 

Baca Juga :  Apa itu Pembayaran COD atau Pembelian COD?

Jika kamu ingin melakukan pembelian barang secara online, sebaiknya kamu melakukan pembayaran diawal dan hindari pembayaran dengan metode COD atau bayar di tempat.

Hal tersebut guna mengantisipasi barang yang kamu terima tidak sesuai dengan barang yang kamu pesan dan kamu bisa mengembalikan barang tersebut.