Pemerintah Indonesia Resmi Membatalkan Pemberangkatan Haji 2021

Pemerintah Indonesia Resmi Membatalkan Pemberangkatan Haji 2021

Pemerintah Indonesia Resmi Membatalkan Pemberangkatan Haji 2021

Ibadah Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam, dalam rukun Islam sendiri ibadah haji adalah rukun Islam yang terakhir, hal ini karena tidak sembarang orang bisa berangkat haji. Hanya orang-orang yang benar mampu saja yang dapat berangkat haji mengingat biaya yang dibutuhkan untuk pemberangkatan haji sangat besar.

Namun sebenarnya biaya yang besar tersebut bukan menjadi alasan, semuanya tergantung dari niat kita apakah ingin benar-benar berangkat haji atau tidak. Tentu saja kita pernah melihat atau mendengar berita tentang pemulung atau orang yang memiliki ekonomi dibawah rata-rata mampu berangkat haji karena mereka menabung dengan sungguh-sungguh.

Namun sayangnya ada kabar buruk bagi calon jamaah haji 2021, karena Pemerintah Indonesia sendiri secara resmi membatalkan pemberangkatan ibadah haji 2021 karena beberapa alasan. Kira-kira apa alasan pemerintah Indonesia membatalkan pemberangkatan haji 2021? Semuanya saya bahas disini.

Pemerintah Indonesia Secara Resmi Membatalkan Ibadah Haji 2021

Yaqut Cholil Qoumas selaku Menteri Agama Indonesia memastikan jika tidak ada pemberangkatan ibadah haji 2021 di Indonesia pada musim haji 1442 H ini. Pemerintah Indonesia sendiri mengatakan terdapat beberapa pertimbangan kenapa sampai mengambil keputusan mengejutkan ini.

Sebenarnya keputusan dari Pemerintah untuk meniadakan ibadah haji 2021 ini bukan tanpa alasan, karena terdapat beberapa alasan serta hasil rapat dan pertimbangan yang sudah dilakukan jika lebih baik ibadah haji 2021 ditiadakan terlebih dahulu.

Jaminan Kesehatan

Seperti yang kita ketahui jika ibadah haji adalah hal yang wajib untuk umat islam yang mampu ekonomi, fisik dan juga masalah kesehatan yang terjamin. Bukan hanya itu saja, namun masalah keamanan dan juga keselamatan jemaah baik ketika masih di embarkasi hingga di Arab Saudi tentu saja harus dipertimbangkan serta diutamakan.

Harapannya tentu saja para jemaah haji yang berangkat dari Indonesia harus berangkat dalam keadaan yang sehat serta pulang dalam keadaan sehat pula. Bukan hanya sehat saja namun juga harus terjamin masalah keamanan serta keselamatan.

Pandemi Covid-19

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa saat ini dunia sedang melawan virus serta pandemi Covid-19 yang terjadi. Termasuk juga Indonesia yang sedang berjuang untuk menanggulangi permasalahan virus Corona sejak pertama kali hadir di Indonesia pada bulan Maret tahun kemarin.

Untuk menjamin keamanan serta menekan peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia, keputusan peniadaan ibadah haji 2021 ini tentu saja sangat efektif dan bijaksana.

Pemerintah Bertanggung Jawab Untuk Melindungi Warga Indonesia

Alasan terakhir kenapa ibadah haji 2021 sampai ditunda adalah karena Pemerintah sendiri memiliki kewajiban untuk menjaga keamanan serta keselamatan Warga Negara Indonesia baik di dalam negeri dan juga di luar negeri. Dengan menunda keberangkatan ibadah haji 2021 ini merupakan upaya dan juga bentuk Pemerintah Indonesia dalam tanggung jawabnya melindungi warga Indonesia.

Karena dikhawatirkan ketika warga Indonesia keluar ke negara lain, sangat beresiko terjadi penularan virus Covid-19 yang mengancam kesehatan serta keselamatan setiap jemaah haji. Untuk menanggulangi serta menghindari hal tersebut buatlah keputusan untuk membatalkan pemberangkatan haji 2021.

Nah itulah ulasan mengenai kenapa Pemerintah Indonesia sampai membatalkan pemberangkatan haji 2021. Tentu saja kita harus menghargai keputusan pemerintah tersebut, karena bagaimanapun juga keputusan Pemerintah yang diambil tersebut demi kebaikan kita bersama warga negara Indonesia agar tidak terjadi hal-hal yang beresiko.

 


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *