Ban Mobil Mulai Keras, Ini Bahayanya Jika Masih Terus Di Pakai

Ban Mobil Mulai Keras, Ini Bahayanya Jika Masih Terus Di Pakai

 

Ban mobil yang dibuat dari karet sintetis yang kemudian diolah agar memiliki cengkraman yang baik saat di jalan tentu menjadi syarat utama  saat akan memproduksi ban kendaraan. Tetapi, banyak orang yang belum mengetahui tentang bahaya yang mengintai pengendara kendaraan tersebut dapat berpotensi tinggi untuk mengalami kecelakaan hanya karena kita lalai dalam pengecekan ban kendaraan.

Baca Juga :  Kelebihan Daihatsu Rocky 2021 Yang Sudah Meluncur Di Indonesia

 

Masa Umur Ban

Namun,  Tahukah kamu bahwa ban mobil memiliki umur efektif saat mulai digunakan yakni sekitar 3 tahun setelah masa produksi ban tersebut.

Salah satu masalah yang terjadi pada ban mobil saat ini adalah kompon ban yang sudah mulai keras.

Kondisi ini sebenarnya adalah hal yang wajar karena pada karet ban ada bahan silikon dan bahan tersebut perlahan akan hilang seiring dengan berjalannya waktu.

Baca Juga :  Jenis Apar Mobil dan Cara Penggunaannya Yang Perlu Diketahui

Hal ini dijelaskan oleh Zulpata Zainal yang merupakan On Vehicle Training (OVT) dari PT Gajah Tunggal Tbk, Dirinya menyampaikan bahwa pada kompon ban yang keras dapat berbahaya bila terus digunakan bagi pengendara mobil.

 

Konsekuensi Penggunaan Kompon Ban Yang  Keras

“ Konsekuensi yang terjadi apabila kita tetap memaksakan memakai komponen ban yang mulai keras adalah grip ban mobil yang akan berkurang pada aspal,” Begitu ucapnya.

Baca Juga :  Harga Tiket Sirkuit Mandalika dan Cara Membeli Tiket

“ Daya cengkeram pada ban yang berkurang di aspal ini bisa membahayakan pengendara mobil saat mobil akan melakukan manuver secara mendadak atau pengereman keras,” jelasnya.

Ketika itu terjadi, maka ban sudah tidak akan mampu lagi untuk menggigit dengan sempurna pada aspal jalan.

Baca Juga :  PERBEDAAN MEMBELI MOBIL BEKAS LEWAT DEALER ATAU SECARA LANGSUNG/ PRIBADI

Hal ini mengakibatkan tingginya potensi mobil kecelakaan dikarenakan grip ban mobil yang sudah tidak bagus mencengkeram pada aspal jalan.

Kompon ban yang sudah keras ini tidak akan bisa kembali lagi pada kondisi semula. Jadi, mau tidak mau kita sebagai pengguna mobil harus mengganti ban tersebut dengan ban yang baru.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Rem Mobil Matic Blong

Jadi, sebaiknya lakukan penggantian ban dengan yang baru apabila ban lama anda sudah mulai terasa keras komponnya.

 

Demikian penjelasan ini kami buat agar anda sebagai pengguna kendaraan dapat terjaga keselamatannya dan terhindar dari potensi kecelakaan yang diakibatkan kompon ban yang sudah mulai keras. Semoga bermanfaat

Baca Juga :  Cara Rawat Kaca Film Mobil Agar Tetap Bagus dan Awet