Cara Mengatasi Rem Mobil Matic Blong

Mobil matic adalah salah satu jenis mobil yang menjadi favorit bagi kebanyakan masyarakat modern saat ini. Hal ini karena kemudahan yang ditawarkan oleh mobil Matic ketika kita mengemudikannya. Namun bagaimana jika ternyata rem mobil matic kita blong? Apa yang harus kita lakukan? Selain itu banyak juga kabar yang beredar jika mobil matic lebih rentan mengalami rem blong, apakah itu benar?

Benarkah Mobil Matic Mudah Mengalami Rem Blong?

Banyak sekali mitos yang beredar di masyarakat jika Mobil matic sangat rentan mengalami masalah pada pengeremannya yang tidak bisa berfungsi. Sebenarnya anggapan terkait mobil matic yang mudah mengalami rem blong tersebut sepenuhnya salah. Karena pada dasarnya mobil matic ini sampa seperti mobil bertransmisi manual.

Yang membedakan antara mobil matic dengan mobil bertransmisi manual adalah kemudahan yang sudah diberikan saat kita mengendarai jenis mobil Matic ini. Memang saat kita mengalami rem blong, tentu saja kita akan secara langsung reflek panik. Lalu apa yang harus kita lakukan saat mengalami rem blong?

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Mengalami Rem Blong?

Namanya di jalan raya tentu saja tidak menutup kemungkinan terjadi banyak hal, salah satunya adalah masalah rem yang blong. Lalu apa yang harus kita lakukan saat mengalami rem blong di jalan raya? Berikut dibawah ini sudah saya tuliskan beberapa hal yang harus anda lakukan saat mobil matic rem blong.

Menyalakan Lampu Hazard

Lampu Hazard berguna untuk memberikan tanda kepada pengendara lain di jalan raya. Jadi saat anda mengalami rem blong, sebaiknya anda langsung menyalakan lampu hazard di mobil untuk memberitahu kepada pengendara lain jika anda dalam keadaan darurat.

Pengendara yang ada di depan juga akan tahu jika anda mengalami rem blong sehingga mereka akan langsung memberikan jalan untuk mobil yang anda kendarai. Namun berusahalah untuk tetap tenang walaupun dalam kondisi terdesak seperti ini.

Pindahkan Posisi Gigi

Berikutnya anda harus memindahkan tuas transmisi mobil yang anda miliki dari posisi “D” untuk dipindahkan ke posisi “S”. Jika tus sudah berada pada posisi S< maka mobil akan mulai sedikit berkurang tingkat kecepatannya. Maka langkah berikutnya adalah anda harus dapat memindahkan tuas berada di posisi L atau gigi terendah dari mobil matic yang anda gunakan.

Apabila posisi tuas sudah berada di L maka mobil akan secara otomatis melaju secara perlahan. Namun dalam hal ini kalian jangan langsung memindahkannya ke posisi L karena kemungkinan dapat membuat putaran mesin menjadi semakin tinggi. Oleh sebab itu kalian harus berhati-hati dalam melakukan langkah yang satu ini.

Tarik Rem Tangan Dengan Hati-Hati

Langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah menarik rem tangan. Sama seperti sebelumnya, saat anda menarik tuas dari rem tangan ini kalian harus bisa melakukannya dengan perlahan. Hal ini supaya mobil tidak langsung terbanting karena pengereman mendadak yang anda lakukan. Lakukan secara perlahan sampai mobil matic anda benar-benar berhenti.

Nah itulah beberapa cara mengatasi rem mobil matic blong yang sekiranya dapat membantu anda ketika mengalami permasalahan saat mengendarai mobil matic di jalan raya, terutama masalah pengereman tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Sekian dari saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda, terimakasih.