Sejarah Daihatsu Rocky Mobil Legendaris Daihatsu Di Indonesia

Sejarah Daihatsu Rocky Mobil Legendaris Daihatsu Di Indonesia

Seperti yang sudah sama-sama kita ketahui jika Daihatsu adalah salah satu pabrikan mobil terkenal di Indonesia bahkan dunia saat ini. Namun tidak banyak yang tahu jika Pabrikan mobil yang satu ini mempunyai sejarah yang sangat panjang, bahkan dulunya pabrikan mobil ini memulai perjalanannya dengan memproduksi kendaraan roda tiga.

Baca Juga :  Situs Jual Beli Mobil Bekas Selain Situs OLX Yang Populer di Indonesia

Daihatsu didirikan di negara Jepang pada tahun 1907 dengan nama awal Hatsudoki Seizo yang mulai memproduksi mesin domestik dengan menggunakan sistem pembakaran internal sebagai bentuk kerjasama antara dunia industri yang bekerja sama dengan akademisi. Nah barulah di tahun 1931, Daihatsu mulai melakukan bisnis produksi mobil pertama nya dengan membuat kendaran roda 3.

Baca Juga :  Mau beli mobil bekas? simak tipsnya

Sejarah Daihatsu Rocky Di Indonesia

Daihatsu Rocky versi terbaru secara resmi sudah mengaspal di Indonesia melalui launching virtual kemarin. Dimana mobil terbaru dari Daihatsu ini berhasil mencuri perhatian masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak? Daihatsu Rocky 2021 ini menggunakan platform mobil baru milik Daihatsu dan sudah dilengkapi oleh berbagai macam fitur pendukung untuk kenyamanan dan keselamatan.

Baca Juga :  Minyak Rem Mobil Bekas Harus Diganti Setiap 40.000 Km dan Inilah Alasannya

Namun apakah anda mengetahui seperti apa sih sejarah dari perjalanan Daihatsu Rocky di Indonesia? Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas sejarah panjang perjalanan Daihatsu Rocky di Indonesia.

Daihatsu Rocky sendiri bukanlah mobil baru yang diproduksi oleh Daihatsu, melainkan sebelumnya mobil  ini pernah diproduksi dan populer sejak tahun 1980 an hingga tahun 1990 an. Namun dulunya mobil ini diberi nama Daihatsu Taft Rocky F75 yang mulai diproduksi untuk global sejak tahun 1984.

Daihatsu Rocky tahun 1984 ini hadir dengan memiliki sudut kaku dan mulai masuk ke Indonesia di tahun 1988 dengan menggunakan mesin diesel DL41 dengan memiliki kapasitas mesin 2.765 cc. Penggunaan mesin ini setara dengan Taft Independent.

Baca Juga :  Lelang 75 Mobil Kia Rio Masuk Tahap Kedua, Catat Tanggalnya, Begini Prosedurnya!

Selain itu, terdapat juga Daihatsu Feroza yang memiliki bentuk serupa dengan Daihatsu Rocky namun memakai mesin yang berkapasitas 1.600 cc. Nah mengingat mobil Daihatsu Rocky ini mulai diburu oleh banyak orang di Indonesia, pada tahun 1990an Daihatsu Rocky mulai mendapat penyegaran dengan menjadi Daihatsu Rocky F78.

Baca Juga :  Ini Bahayanya jika Anda Membuka Tutup Radiator Saat Mesin Masih Panas!

Daihatsu Rocky F78 sendiri merupakan mobil Daihatsu yang menggunakan mesin DL42 yang mempunyai kapasitas mesin 2.765 CC dengan tenaga 76 dk dan juga torsi maksimal yang bisa dihasilkan adalah 245 Nm. Mesin handal tersebut kemudian dipadukan dengan penggunaan sistem transmisi manual 5 percepatan. Yang membedakannya adalah penggunaan mesin baru yang sudah memakai timing belt serta sistem bahan bakar yang sudah injeksi.

Baca Juga :  Cara Aman dan Benar Menyalip Kendaraan di Depan Agar Terhindar Kecelakaan

Perubahan yang diberikan oleh Daihatsu ini juga membuatnya menjadi semakin lebih baik lagi yaitu penggunaan mesin diesel yang jauh lebih senyap dibandingkan dengan mesin sebelumnya. Suspensi mobil juga sudah menggunakan suspensi independen, dimana sebelumnya masih menggunakan per daun di depan. Sedangkan untuk suspensi belakang, sebelumnya menggunakan per keong.

Baca Juga :  Ban Mobil Mulai Keras, Ini Bahayanya Jika Masih Terus Di Pakai

Sehingga dengan adanya ubahan seperti itu membuat mobil Daihatsu ROcky menjadi sangat nyaman walaupun memiliki Ground Clearance yang lumayan tinggi. Walaupun tergolong sebagai mobil lawas, namun kita masih bisa menemukan mobil Daihatsu Rocky era 90an di jalan raya saat ini. Bahkan Daihatsu Rocky juga menjadi salah satu mobil legendaris yang layak untuk dikoleksi loh.

Baca Juga :  Berkendara Irit BBM yang Bisa Anda Lakukan Dengan Mudah

Nah itulah sejarah Daihatsu Rocky sebagai mobil legendaris Daihatsu di Indonesia, semoga informasi ini dapat menambah wawasan untuk anda.