Bila batang magnet dipotong, keberadaan kutub juga menjadi

Bila batang magnet dipotong, keberadaan kutub juga menjadi

Penjelasan tentang Bila batang magnet dipotong, keberadaan kutub juga menjadi dalam soal mata pelajaran sekolahan. Simak infonya

Bila suatu batang magnet dipotong, keberadaan kutub-kutub itu yakni….

bagian magnet

Suatu. Bagian B tak mempunyai kutub

Bagian A mempunyai kutub utara & selatan

C Bagian A hanya juga mempunyai Kutub Utara

Masing-masing bagian (a) & (b) hanya berisi satu jenis kolom

Menjawab :

Bagian A mempunyai kutub utara & selatan

Penjelasan :

Di soal ini diketahui adanya magnet. Pertanyaannya menyatakan elektroda mana yang dihasilkan sesudah magnet dipotong menjadi dua. Proses pencarian jawaban atas pertanyaan itu terdiri dari pendeskripsian penjelasan magnet & kutub magnet sehingga juga bisa disimpulkan bahwa apabila magnet dipotong menjadi dua bagian kutubnya berganti atau tak.

Mengerti magnet & jenis kutub magnet!

Magnet atau magnet yakni benda yang mempunyai medan magnet. Magnet juga juga bisa diartikan sebagai suatu benda yang mempunyai gejala & sifat yang juga bisa memengaruhi bahan-bahan tertentu di sekitarnya.

Bagian magnet yang mempunyai energi tarik terbesar disebut-sebut kutub magnet. Magnet selalu mempunyai dua kutub. Hal ini juga bisa diketahui saat batang magnet dicelupkan ke pada serbuk besi. Di bagian tengah (zona netral) tak ada serbuk besi yang menempel, sementara itu di ujungnya lebih banyak serbuk besi yang menempel di magnet.

Medan magnet yakni ruangan di sekitar magnet dimana magnet lain juga bisa merasai gaya tarik-menarik/menolak. Medan magnet umumnya berputar di sekitar kutub magnet. Medan magnet terdiri dari garis fluks imajiner yang muncul dari partikel bermuatan listrik yang bergerak atau berputar.

Contoh rotasi proton & pergerakan elektron yang mengalir di kawat yang berupa serangkaian elektronika. Medan magnet di batang magnet yakni garis tertutup. Secara konvensi, arah medan magnet yakni dari Kutub Utara (N) menuju Kutub Selatan (S).

Magnet mempunyai keunikan tersendiri, magnet dengan kutub utara & kutub selatan tak juga kehilangan medannya saat dipotong.

Magnet potong tak menghasilkan magnet dengan kutub yang berbeda seperti muatan positif & negatif pada listrik. Pemotongan magnet ini juga menghasilkan dua buah magnet yang lebih kecil dari wujud awal mula & masing-masing mempunyai medan tersendiri. Ke-2 medan itu masih terputus, masing-masing kutub utara & selatan.

Disamping persamaan, ada hubungan antara arus listrik & medan magnet. Hal ini terlihat dari eksperimen yang dijalankan oleh seorang profesor Denmark bernama Hans Christian rsted. Ia melaksanakan percobaan dengan memakai jarum kompas & kawat berarus listrik. Pada percobaan ini, ditemui bahwa saat arus listrik dihidupkan, jarum kompas bergerak menjauh dari arah aslinya.

Saat arah arus listrik terbalik, jarum kompas bergerak ke arah yang berlawanan. Dari sini juga bisa disimpulkan bahwa arus listrik juga bisa menghasilkan medan magnet.

Sumber: Brainly
Mata Pelajaran: IPA SMP/MTs Kelas IX Bab 1, Bab 6. Kemagnetan & Pemanfaatannya pada Produk Teknologi modern


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *