Mau beli mobil bekas? simak tipsnya

Mobil bekas memang banyak dicari dan diburu karena harga yang murah dan proses kredit yang sangat mudah. Tapi sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas, Anda harus memperhatikan beberapa hal yang penting agar kelak mobil bekas yang Anda beli tidak menjadi masalah di kemudian harinya. Karena membeli mobil bekas tentu ada banyak risiko seperti mendapatkan penjual yang nakal yang menutupi kekurangan dari mobil bekas tersebut.

 

Kebanyakan orang hanya memperhatikan bagian luar dari mobil bekas tersebut sebelum melakukan pengecekan komponen lainnya. Nah, yang paling penting adalah dengan memperhatikan kondisi mesin mobil tersebut dengan beberapa metode pengecekan sederhana.

 

Berikut adalah beberapa tips yang harus anda perhatikan saat membeli mobil bekas

Membeli mobil bekas sebenarnya tidak membutuhkan keahlian khusus. Namun, setidaknya Anda harus mengetahui apa-apa saja yang perlu diperhatikan dalam membeli mobil bekas tersebut. Hal ini tentu saja untuk menghindari penipuan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang mengambil keuntungan baik itu membeli secara pribadi ke perorangan atau ke showroom mobil bekas sehingga Anda harus tetap cermat dengan mengetahui beberapa hal berikut.

 

Kriteria mesin mobil bekas yang bagus untuk anda beli

 

  1. Jumlah Kilometer pada dashboard

 

Yang harus anda perhatikan pertama kali adalah memeriksa KM pada dasar mobil dengan cermat. Agar anda mengetahui keaslian KM yang telah digunakan apakah masih asli atau sudah diubah oleh orang sebelumnya. Sehingga Anda bisa membedakan perkiraan berapa km per hari yang ditempuh oleh mobil tersebut.

 

  1. Informasi dari Histori Service

History informasi service ini bisa anda dapatkan dari bengkel resmi jika pemilik sebelumnya sering melakukan perawatan di bengkel resmi tersebut. Selama melakukan servis biasanya KM tempuh pada mobil akan dicatat secara berkala sehingga pemilik mobil bekas berikutnya lebih mudah mengetahuinya. Cara yang satu ini cukup efektif karena tentu lebih sulit untuk melakukan manipulasi km yang telah ditempuh pada mobil tersebut

 

  1. Oli mesin Mobil

Oli mesin mobil menjadi salah satu komponen yang dicek secara rutin agar kondisi pada bagian dalam mesin tetap baik kondisinya. Anda bisa melihat Apakah mobil tersebut sudah melakukan penggantian oli dengan cara melihat gantungan yang biasa digantung saat melakukan penggantian oli. Dengan ini anda dapat mengetahui kapan Tanggal penggantian oli serta KM sebelumnya dan Berapa km untuk penggantian oli berikutnya.

 

  1. Periksa Bagian Mesin

Pemeriksaan ini dilakukan dengan cara seperti Ketika anda ingin melakukan servis mobil yaitu dengan cara melihat bagian atas dan dan bawah mesin. Disini anda bisa memperhatikan kondisi mesin Apakah bersih atau berdebu, Apakah ada kebocoran oli. periksa juga Apakah ada rembesan di bagian atas maupun bawah mesin karena  mesin yang bagus biasanya tidak ada kebocoran pada bagian manapun.

 

Setelah anda melakukan pengecekan mesin lanjutkan dengan menjalankan mobil tersebut dan dengarkan secara baik-baik suara yang keluar dari mesin tersebut. Biasanya jika mobil itu bermasalah akan terdengar bunyi yang abnormal seperti bunyi yang kasar. Periksa kembali dengan menaikkan RPM mobil tersebut menjadi 3.000 Kemudian dengarkan kembali suara mobil tersebut. Naikkan gas dengan tiba-tiba hingga 5000 RPM dan lepas ke posisi ideal untuk memeriksa gas buangannya.

 

Jika gas buang berwarna putih itu menandakan gas tersebut bersih juga perhatikan kembali bunyi-bunyi mesin selama menaikkan gas. Karena bisa saja gas buang mobil tersebut Normal atau putih tetapi memiliki bunyi abnormal sehingga Kesimpulan tersebut sudah mengalami kebocoran oli mesin. Sehingga dengan kata lain kondisi mobil tersebut kurang baik karena sudah terjadi kebocoran atau keausan.

 

  1. Test Jalan Mobil atau Test Drive

Anda bisa melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu melakukan tes jalan dan mendengarkan bunyi mobil kembali dengan baik pada bagian-bagian tertentu mobil tersebut. Jika mesin terdengar ngelitik maka dapat disimpulkan ruang bahan bakar mobil tersebut kotor. kotoran ini ini berbentuk kerak yang membutuhkan biaya perawatan agar bisa kembali bersih dan normal.

 

Ketika mobil sedang melaju Anda juga bisa merasakan Apakah mobil tersebut tenaganya ringan atau berat. silahkan Anda memasukkan gigi transmisi dan rasakan Apakah sulit atau mudah. Lakukan perpindahan gigi dari satu dua tiga empat atau lima kemudian R untuk manual atau matic. Jika anda tidak menemukan hal-hal tersebut kemungkinan masing-masing dalam kondisi yang baik dan mobil masih bisa awet hingga digunakan dalam beberapa waktu kedepan.

 

 

Ciri mesin mobil yang pernah terendam banjir

 

  1. Visual Bagian Luar

Mesin yang pernah banjir biasanya jika belum diperbaiki akan sangat terlihat secara visual luarnya yang terlihat berkarat atau ada bekas karat Lumpur. Namun jika mesin sudah dilakukan pembersihan tentu akan lebih sulit dideteksi karena penjual juga tidak akan mengijinkan anda untuk membuka mesin lebih dalam lagi. namun anda masih bisa mencari ciri-cirinya dengan merasakan bau yang bisa dirasakan pada bagian dalam mobil tersebut.

 

  1. Bau yang tidak sedap

Pertama kali saat Anda membuka dan masuk ke dalam mobil yang pernah terendam banjir tentu anda akan mencium bau yang tidak sedap pada bagian dalam mobil tersebut. bagian dalam mobil ini akan sangat sulit dibersihkan sehingga masih merasakan bau yang tidak sedap ketika tercium. biasanya bau tersebut disamarkan penjual dengan memberi pengharum mobil yang sangat menyengat atau berlebihan untuk menutupi bau tersebut.

 

  1. Terdapat endapan lumpur atau kotoran

 

Mobil yang terendam banjir biasanya akan sulit dibersihkan secara tuntas sehingga menimbulkan noda pada bagian tertentu yang lupa dibersihkan oleh pemiliknya. Anda bisa memeriksanya pada bagian yang tersembunyi seperti sudut-sudut di dalam mobil apakah memiliki endapan tersebut Sehingga Anda bisa membedakan apakah itu hanya debu atau memang benar ada endapan lumpur

 

 

  1. Karat

Karat juga tentu tidak bisa dihindari jika memang benar mobil terkena banjir kecuali melakukan pergantian ketika mobil sudah terkena banjir. Bagian besi tertentu akan berkarat baik pada bagian interior atau eksterior pada mobil tersebut. lakukan saja pengecekan sederhana secara menyeluruh untuk menemukan bekas karat atau banjir. Anda bisa mengecek pada bagian jok pada mobil serta interior interiornya

 

  1. Mesin Rusak

Mesin tentu adalah bagian paling penting yang bisa rusak jika pernah terendam banjir. apalagi jika dalam kurun waktu yang lama. bagian ini juga tidak mudah dibersihkan sehingga air yang masih tersisa tersebut akan masuk dan bercampur dengan oli mesin pada mobil tersebut. Anda dapat mengecek keadaan oli mobil tersebut apabila warnanya coklat keputihan pasti kemungkinan besar mobil tersebut pernah terendam banjir.

 

  1. Elektrik Terganggu

Mobil tentu dilengkapi bagian elektrik untuk memudahkan anda mengetahui berbagai indikator pada sistem mobil tersebut. Bagian elektrik ini sangat rentan dengan air sehingga jika memang terendam banjir maka kemungkinan besar akan terganggu bahkan rusak. periksalah apakah berfungsi dan menyala dengan normal karena bagian ini akan rusak jika terendam banjir.

 

  1. Menggunakan Tenaga Ahli Teknisi atau Mekanik

Anda bisa melakukan pengecekan pada mobil dengan cara menggunakan jasa orang lain yaitu teknisi atau mekanik yang benar-benar paham tentang mobil. biasanya teknisi atau mekanik tersebut Pasti akan paham Apakah mobil tersebut pernah terkena banjir atau ada kelainan pada mobil tersebut. Jika anda masih ragu Anda dapat melakukan pengecekan di tempat lain seperti dealer resmi sebagai referensi yang akan anda gunakan.