Tempat Jual-Beli Bitcoin Terbaik di Indonesia dan Sudah Legal Bappebti

Investasi  Mata Uang Bitcoin saat ini memang sedang popular saat ini. Keuntungan yang didapat penggunanya bisa mencapai ratusan persen dari modal namun tetap juga ada resiko didalamnya. Lalu, Dimana kita bisa melakukan beli jual bitcoin dengan aman, teregulasi dan murah fee-nya ?  Disini kami akan memberikan referensi 5 exchange atau tempat jual beli kripto bitcoin terbaik di Indonesia, yang sudan terdaftar resmi di Bappebti.

Baca Juga :  10 Situs Terpercaya untuk Tempat Mencari Lowongan Pekerjaan Terbaik 

 

Awalnya, banyak orang yang tidak memperhatikan mata uang bitcoin. Namun seiring dengan perkembangan zaman, bitcoin tersebut menjadi salah satu  jenis investasi mata uang digital yang menjadi sangat menarik.

 

Pertama, harga dari mata uang Bitcoin merupakan jenis koin (token) kripto yang paling popular dan meningkat secara drastis. Hanya dalam beberapa bulan saja nilainya bisa menjadi semakin naik.

Pada tahun 2020 kenaikan mata uang Bitcoin mencapai 354% sekaligus menembus rekor harga tertingginya di tahun 2017. Sehingga, hal ini mengalahkan return dari aset keuangan lainnya.

Baca Juga :  Cara Berjualan Online Agar Tetap Laris di Tengah Pandemi, Simak Tipsnya!

 

Kedua, kami mengamati bahwa mata uang digital atau kripto semakin diterima menjadi alat pembayaran pada beberapa negara serta perusahaan.

Sifat cryptocurrency atau mata uang digital yang terdesentralisasi, tanpa berhubungan dengan bank sentral, membuatnya semakin mudah untuk melakukan transfer pada dunia digital. Hal ini cocok sekali untuk sistem pembayaran jual beli online.

Baca Juga :  Cara Membuat Link Whatsapp Untuk Langsung Ke Chat! Cocok untuk Marketing Toko Online

 

Ketiga, perdagangan aset Kripto atau mata uang digital sudah mendapat lampu hijau di Indonesia yaitu dibawah naungan Bappebti, Bappebti adalah lembaga yang mengatur perdagangan komoditi berjangka. Sehingga Jual beli mata uang digital atau cryptocurrency seperti Bitcoin, telah legal di indonesia.

Baca Juga :  Daftar Bisnis Yang Produknya Banyak di Minati Warga Setempat

 

Yang belum boleh di Indonesia adalah menggunakannya sebagai alat untuk transaksi pembayaran. Di Indonesia sendiri anda tidak akan bisa membeli sesuatu dan kemudian membayarnya menggunakan Bitcoin.

 

Kenaikan harga Bitcoin membuat kebanykan orang bertanya bagaimana cara untuk jual beli bitcoin tersebut? di mana tempat jual-beli nya?serta apa nama aplikasi kripto yang resmi dan aman?

Baca Juga :  Cara Buka Toko di Shopee Lewat Hp Terlengkap, Pemula Pasti Bisa!

 

Disini kami akan mereview 5 exchange bitcoin yang ada di Indonesia dan akan berbagi pengetahuan mengenai hal dasar soal bitcoin serta regulasi aset kripto di Indonesia.

 

1. Indodax

Indodax adalah platform jual beli (marketplace) aset kripto yang pertama ada di Indonesia. Pengguna indodax sekarng ini lebih dari 1,9 juta member yang sudah terverifikasi, exchange ini diperkirakan menjadi yang terbesar di Indonesia saat ini.

Baca Juga :  Cara Menghasilkan Uang di Tiktok

Untuk Indodax sendiri sekarang tersedia versi aplikasi mobile dan website. Versi apps sendiri bisa anda unduh gratis di PlayStore.

Untuk Indodax sendiri adalah milik PT. INDODAX NASIONAL INDONESIA yang secara resmi sudah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto sesuai surat Pengumuman NOMOR 331/BAPPEBTI.4/PENG/04/202 yang dikeluarkan pihak Bappebti.

  • Persyaratan Mendaftar
Baca Juga :  Ide Bisnis Modal Kecil Untung Besar Yang Cocok untuk Anak Muda Terbaru

Anda harus membuka akun terlebih dahulu di situs Indodax lalu isi data yang diminta, seperti nama, e-mail, username, password dan nomor handphone. Pastikan kamu mengisinya dengan benar ya.

Setelah akun telah selesai dibuat, selanjutnya adalah melakukan verifikasi agar bisa melakukan transaksi seperti deposit, withdrawal dan perdagangan pada aset kripto di indodax. Verifikasi ini dilakukan dengan cara (1) mengambil foto KTP dan (2) foto selfie sambil memegang KTP.

Baca Juga :  Daftar Bisnis Yang Produknya Banyak di Minati Warga Setempat

Agar tidak mengalami kegagalan dalam melakukan verifikasi. Pertama, KTP tidak boleh dengan cara upload dan diambil dengan menggunakan fotodari  kamera hp yang digunakan untuk mendaftar. Kedua, lakukan foto selfie sambil memegang KTP dan harus diambil tanpa menggunakan kacamata.

Setelah data sudah di isi dengan benar, proses verifikasi akun akan berjalan kurang dari 12 jam dan kemudian akun telah berhasil diverifikasi.

Baca Juga :  Cara Berjualan Online Agar Tetap Laris di Tengah Pandemi, Simak Tipsnya!

Namun jika data anda tidak sesuai maka anda akan menerima e-mail yang berisi keterangan bahwa proses verifikasi ditolak. Jika hal ini terjadi, user perlu melakukan kembali proses verifikasi dan memastikan bahwa pengisian dilakukan secara benar.

Untuk usia indodax mematok usia minimal sekurang-kurangnya 18 tahun untuk WNI dan 19 tahun untuk WNA atau telah menikah. Jika usia tidak mencapat maka tidak akan diijinkan untuk membuka akun di Indodax.

Baca Juga :  10 Situs Terpercaya untuk Tempat Mencari Lowongan Pekerjaan Terbaik 

 

  • Deposit

Indodax dapat menerima deposit dengan beberapa cara, yaitu:

  1. Transfer bank (rekening & virtual account) sesuai dengan nama pemilik akun
  2. Melalui e-wallet (OVO, GoPay, ShoppePay)
  3. Dengan cara setor tunai
  4. Ritel di Alfamart terdekat.

Untuk Biaya deposit dengan transfer bank biayanya adalah gratis, sementara untuk yang lainnya dikenakan biaya tambahan.

Baca Juga :  Daftar Ide Bisnis Usaha Rumahan Yang Lagi Booming Saat Ini

 

  • Keamanan

Sistem Indodax menerapkan 2FA ( Two Factor Authentication ) yang merupakan fitur keamanan online yang biasa di gunakan saat ini dimana biasanya user akan melakukan verifikasi identitas sebanyak 2 kali.

Setelah melakukan proses log in pada akun di Indodax yaitu seperti memasukan user ID dan password, user akan diminta untuk input kode khusus yang dikirim melalui SMS atau menggunakan Google Authenticator di ponsel yang sudah terdaftar.

Baca Juga :  Cara Membuat Link Whatsapp Untuk Langsung Ke Chat! Cocok untuk Marketing Toko Online

Cara ini akan menjamin bahwa setiap transaksi pengguna divalidasi oleh pengguna akun sendiri. Jadi tidak hanya harus mengetahui  user ID dan password saja, tetapi juga harus memiliki akses dari ponsel untuk dapat membuka akun.

  • Aset Kripto & Fitur Trading

Exchange Indodax menyediakan 110 koin/token aset kripto yang bisa diperdagangkan atau bisa bertambah dan berkurang sesuai dengan kebijakan dari indodax. Jadi, tidak hanya Bitcoin dan Ethereum saja yang ada, tetapi masih banyak mata uang digital lainnya yang bisa diperdagangkan di Indodax.

Baca Juga :  Cara Menghasilkan Uang di Tiktok

Fitur-fitur yang menurut kami penting yang disediakan oleh Indodax untuk trading adalah:

  1. Fitur Analisa chart untuk menganalisa harga mata uang secara teknikal
  2. Stop Loss. Fitur cut-loss yang menurut kami sangat penting untuk mengelola resiko dari fluktuasi harga mata uang digital.
Baca Juga :  Cara Menambang Bitcoin, Simak Ulasannya Secara Lengkap!

Indodax saat ini tidak menyediakan fitur short-selling, sehingga para trader tidak bisa untuk melakukan short-sell ketika pasar atau market mata uang digital sedang turun.

 

  • Biaya Fee Layanan Transaksi
  1. Untuk Penjualan/pembelian mata uang digital dengan Rupiah dikenakan tariff 0,3% (taker)
  2. Sedangkan untuk melakukan penarikan biayanya sebesar 0,5%* dari total jumlah penarikan, dengan biaya minimal mulai dari Rp 25.000,-.
  3. Lalu untuk biaya deposit: transfer gratis, virtual account sendiri tidak dikenakan biaya sedangkan untuk setor tunai dikenakan biaya 1% dari jumlah deposit.
Baca Juga :  Ide Bisnis Modal Kecil Untung Besar Yang Cocok untuk Anak Muda Terbaru

Maksud dari Taker artinya ketika  investor melakukan jual beli pada harga yang tersedia saat itu pad market. Dengan begitu cara ini akan membuat transaksi jual-beli langsung terjadi.

Sedangkan biaya penarikan adalah ketika pengguna ingin mencairkan Bitcoin atau aset kripto lain ke dalam rekening rupiah. Bitcoin atau mata uang digital lainnya akan di konversi terlebih dahulu ke rupiah, baru kemudian di transfer ke rekening user.

Baca Juga :  Membuat Usaha Rumahan Dengan Modal 50 Ribu

2. TokoCrypto

Tokocrypto adalah exchange atau platform aset digital yang kegiatannya melakukan transaksi aset kripto. TokoCrypto sendiri Berdiri sejak bulan Juni 2017 dan pada Mei 2020 TokoCrypto mulai menerima investasi dari Binance. Binance adalah salah satu exchange kripto terbesar yang ada di dunia untuk saat ini.

Baca Juga :  Cara Buka Toko di Shopee Lewat Hp Terlengkap, Pemula Pasti Bisa!

TokoCrypto Tersedia dalam bentuk aplikasi mobile serta website. Versi aplikasi ini bisa anda unduh gratis di PlayStore.

Tokocrypto yang dimilki oleh PT. Crypto Indonesia Berkat ini sudah resmi mendaftarkan dirinya pada Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto sesuai Pengumuman 001/BAPPEBTI/CP-AK/11/2019 yang telah diterbitkan oleh Bappebti.

  • Persyaratan Pendaftaran
Baca Juga :  10 Situs Terpercaya untuk Tempat Mencari Lowongan Pekerjaan Terbaik 

Syarat untuk membuka akun di Tokocrypto yaitu dengan mengisi Nama, Email, Address, dan menyetujui Ketentuan Perjanjian dan Kebijakan Privasi dari tokocrypto.

Setelah anda membuka akun, user atau pengguna  harus melanjutkan dengan melakukan verifikasi KYC. Tanpa verifikasi ini maka pengguna tidak akan bisa melakukan transaksi meski sudah membuka akun.

Baca Juga :  Daftar Bisnis Yang Produknya Banyak di Minati Warga Setempat

Proses verifikasi KYC sendiri yaitu melakukan unggah foto ID, mengisi data pribadi secara benar, mengambil foto selfie dengan melakukan gerakan normal serta dengan gerakan acak. Data KYC tersebut akan diproses dan memerlukan waktu biasanya 1 hari kerja.

Tidak jarang juga pengguna yang mengalami kegagalan verifikasi ini. Oleh karena itu hal yang perlu diperhatikan saat ingin melakukan verifikasi adalah pastikan anda belum mempunyai akun di Tokocrypto, mengisi data pribadi secara benar dan akurat, memberikan foto yang sesuai dengan identitas KTP.

Baca Juga :  Cara Menghasilkan Uang di Tiktok

KTP yang digunakan harus asli dan harus jelas pada saat melakukan upload. Saat mengambil gambar pun anda harus memastikan wajah terlihat dengan jelas tanpa memakai topi dan juga kaca mata.

Saat melakukan selfie pastikan wajah anda berada di tengah agar foto sesuai dengan wajah. Sedangkan pada foto liveness, user atau pengguna akan diminta melakukan salah satu gerakan. Nah, ketika mengambil foto tersebut pastikan anda menahan gerakan selama 3 detik, jika ternyata gagal anda bisa mengulangi kembali sampai batas maksimal 3 kali, jika ternyata sudah berhasil pilih tombol selesai dan tunggu konfirmasi yang akan dikirimkan ke email.

  • Minimum Deposit
Baca Juga :  Cara Membuat Link Whatsapp Untuk Langsung Ke Chat! Cocok untuk Marketing Toko Online

Setoran minimum untuk TokoCrypto sebesar Rp 50,000.

TokoCrypto menerima deposit melalui transfer bank dan lewat platform OVO. Keduanya dikenakan biaya gratis untuk melakukan deposit.

 

  • Keamanan

Dari segi keamanan Tokocrypto sendiri sudah menerapkan 2FA ( Two Factor Authentication ) yang merupakan fitur keamanan online, dimana penggunanya akan diminta melakukan verifikasi identitas sebanyak 2 kali.

Baca Juga :  Ide Bisnis Modal Kecil Untung Besar Yang Cocok untuk Anak Muda Terbaru

 

  • Aset Kripto & Fitur Trading

TokoCrypto sendiri menyediakan 34 koin/token aset kripto yang bisa diperdagangkan untuk saat ini dan bisa berkurang serta bertambah sesuai dengan kebijakan dari TokoCrypto.

Fitur TokoCrypto yang digunakan untuk trading adalah:

  1. Analisa chart yang biasanya digunakan untuk menganalisa harga secara teknikal, seperti pada histori transaksi (order dan trade)
  2. Stop Loss. Fitur cut-loss yang ini sangat penting untuk anda agar dapat mengelola resiko dari fluktuasi mata uang digital harga yang tajam
  3. Short-Selling. Bisa melakukan short-sell ketika pasar atau market mata uang digital sedang turun.
  4. OCO, atau “One Cancels the Other” digunakan untuk menempatkan dua pesanan dalam waktu yang sama yaitu pesanan limit dan stop-limit, hal ini bertujuan agar kita dapat mengambil keuntungan dan meminimalkan potensi kerugian.
  5. Biaya Fee Layanan Transaksi
  • Untuk transakasi Penjualan/Pembelian aset digital dengan Rupiah dikenakan biaya sebesar 0,01% (taker)
  • Untuk Penarikan pada TokoCrypto dikenakan biaya Rp 5,500 flat.
  • Sedangkan untuk Biaya deposit sendiri untuk saat ini tidak dikenakan tarif atau gratis
Baca Juga :  Daftar Ide Bisnis Usaha Rumahan Yang Lagi Booming Saat Ini

 

3. Rekeningku

Rekeningku.com adalah marketplace atau exchange mata uang digital di Indonesia yang mempertemukan pembeli dengan penjual cryptocurrency (aset digital) antar member Rekeningku. Saat ini rekeningku tersedia dalam versi aplikasi mobile dan website, untuk apps rekeningku dapat anda unduh di PlayStore.

Baca Juga :  Cara Menambang Bitcoin, Simak Ulasannya Secara Lengkap!

Rekeningku dimiliki oleh PT Rekeningku Dotcom Indonesia yang yang sudah secara resmi terdaftar pada Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto sesuai Pengumuman  006/BAPPEBTI/CP-AK/03/2020 30 Maret 2020 yang telah dikeluarkan.

 

  • Persyaratan Pendaftaran

Isi data-data untuk melakukan registrasi seperti nama lengkap yang sesuai dengan identitas (KTP, SIM, atau Paspor), email dan password yang digunakan untuk mengakses web atau aplikasi Rekeningku.com.

Baca Juga :  Cara Menambang Bitcoin, Simak Ulasannya Secara Lengkap!

Lakukan proses unggah foto kartu identitas (KTP, SIM, PASPOR) dan Foto selfie sambil memegang kertas yang dituliskan “Verifikasi di Rekeningku.com” kemudian lengkai dengan tanda tangan.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan permintaan verifikasi akun anda ditolak.

  1. Masih Berumur di bawah 18 tahun.
  2. Foto Kartu Identitas yang anda unggah terpotong dan/atau tidak terbaca secara jelas.
  3. Masa berlaku kartu dari identitas diri telah kadaluarsa.
  4. Menggunakan Foto selfie yang tidak sesuai ketentuan, wajah tidak terlihat dengan jelas dan/atau kertas verifikasi tidak dapat terbaca dengan jelas saat upload.
  5. Nomor kartu identitas anda telah digunakan pada akun lain.
Baca Juga :  Cara Membuat Link Whatsapp Untuk Langsung Ke Chat! Cocok untuk Marketing Toko Online

Apabila proses verifikasi ditolak, anda dapat mengajukan kembali permintaan verifikasi, namun proses permohonan KYC ini akan menunggu antrian dari awal kembali untuk diverifikasi.

 

  • Minimum Deposit

Setoran minimum untuk exchange Rekeningku sebesar Rp 50,000.

Rekeningku dapat menerima deposit dengan beberapa cara, yaitu: melalui transfer bank, virtual account bank (Mandiri, Permata) serta e-wallet (Dana, LinkAja, OVO). Namun, proses pengisian deposit dengan cara virtual account dan e-wallet akan dikenakan biaya, sementara melalui transfer bank gratis atau tanpa biaya.

Baca Juga :  Daftar Ide Bisnis Usaha Rumahan Yang Lagi Booming Saat Ini

Karena rekening bank dari exchanger Rekeningku adalah Bank BCA, maka pengguna yang memiliki rekening BCA dapat melakukan transfer secara gratis dalam jumlah besar.

  • Keamanan

Dari segi keamanan rekeningku juga sudah menerapkan 2FA ( Two Factor Authentication ) yang merupakan fitur keamanan online, dimana penggunanya akan diminta melakukan verifikasi identitas sebanyak 2 kali.

  • Aset Kripto & Fitur Trading
Baca Juga :  Membuat Usaha Rumahan Dengan Modal 50 Ribu

untuk saat ini pihak Rekeningku menyediakan 44 koin/token aset kripto atau mata uang digital yang bisa diperdagangkan. Jumlah koin bisa berkurang maupun bertambah sesuai dengan kebijakan dari pihak rekeningku

Fitur-fitur Rekeningku untuk melakukan trading, adalah:

  1. Analisa chart yang biasanya digunakan untuk menganalisa harga secara teknikal, seperti pada histori transaksi (order dan trade)
  2. Stop Loss. Fitur cut-loss yang ini sangat penting untuk anda agar dapat mengelola resiko dari fluktuasi mata uang digital harga yang tajam
  3. Short-Selling. Bisa melakukan short-sell ketika pasar atau market mata uang digital sedang turun.
  4. Biaya Fee Layanan Transaksi
  • Untuk Transaksi Penjualan/Pembelian aset digital Rupiah akan dikenakan biaya sebesar 0,1% (taker)
  • Lalu untuk Penarikan rekeningku mengenakan biaya sebesar 0,75%* dari jumlah penarikan, dengan biaya minimal mulai dari Rp 15.000,-.
  • Untuk Biaya deposit melalui transfer bank biayanya gratis, untuk virtual account dikenakan tarif sebesar Rp 1,000 flat dan 1,65% dari jumlah total deposit.
Baca Juga :  Cara Berjualan Online Agar Tetap Laris di Tengah Pandemi, Simak Tipsnya!

 

4. Pintu

Pintu adalah marketplace atau exchange untuk membeli, menjual, menyimpan serta mengirim mata uang crypto berbasis aplikasi pada smartphone. Meski tergolong masih baru, fitur-fitur pada platform Pintu yang fokus pada mobile apps membuatnya menjadi sangat mudah dipakaim dan menjadi pembeda dari para kompetitornya yang menjual-beli bitcoin.

Baca Juga :  Daftar Bisnis Yang Produknya Banyak di Minati Warga Setempat

Pintu dimiliki oleh PT Pintu Kemana Saja yang sudah terdaftar resmi pada Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto sesuai Pengumuman  006/BAPPEBTI/CP-AK/03/2020 30 Maret 2020 ytang telah dikeluarkan Bappebti.

  • Persyaratan pendaftaran

Anda bisa mengunduh aplikasi Pintu melalui apps store dan setelah itu melakukan pendaftaran akun. Lakukan verifikasi KYC untuk bisa melakukan transaksi jual beli kripto.

Baca Juga :  Ide Bisnis Modal Kecil Untung Besar Yang Cocok untuk Anak Muda Terbaru

Melakukan verifikasi akun atau KYC pada aplikasi Pintu cuku mudah yaitu dengan memasukkan nomor handphone, kartu identitas (KTP, Paspor, atau SIM), dan alamat tinggal sesuai yang tertera pada kartu identitas anda. Proses verifikasi akun pada platform Pintu cukup cepat dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja apabila anda melakukan pendaftaran saat jam kerja (setiap hari, 08.00 – 23:59).

  • Minimum Deposit
Baca Juga :  Cara Buka Toko di Shopee Lewat Hp Terlengkap, Pemula Pasti Bisa!

Setoran minimum pada platform Pintu sebesar Rp 50,000.

Pintu menerima deposit melalui  transfer bank ke Virtual Account (VA) BNI, Bank Mandiri atau BRI yang disediakan untuk setiap penggunanya. Untuk transfer ke rekening VA dapat dilakukan dari semua bank yang ada di Indonesia, e-wallet (kecuali LinkAja) atau PPOB (Indomaret dll).

  • Keamanan
Baca Juga :  Cara Menambang Bitcoin, Simak Ulasannya Secara Lengkap!

Platform pintu menerapkan autentikasi Multi-faktor, maksudnya adalah kombinasi verifikasi via email dan SMS dari Google Authenticator. Cara ini diyakini dapat menjamin setiap transaksi telah ditandatangani serta divalidasi oleh pengguna platform pintu sendiri.

  • Aset Kripto & Fitur Trading

Platform Pintu menyediakan 10 koin/token aset kripto yang bisa diperdagangkan dan dapat bertambah atau berkurang sesuai dengan kebijakan. Platform pintu tidak menyediakan fitur untuk melakukan trading, seperti analisa chart, stop loss dan short-selling.

  • Biaya Fee Layanan Transaksi
  1. Untuk Transaksi Penjualan/Pembelian aset digital dengan Rupiah akan dikenakan biaya sebesar Rp. 0
  2. Untuk Biaya Penarikan dikenakan biaya sebesar Rp 4,500 flat
  3. Untu Biaya deposit dikenakan Rp. 0
Baca Juga :  Cara Berjualan Online Agar Tetap Laris di Tengah Pandemi, Simak Tipsnya!

 

5. Luno

Luno adalah marketplace atau exchange jual, beli, simpan dan transfer aset kripto yang berasal dari Inggris dan telah masuk ke Indonesia pada tahun 2014. Saat ini Luno tersedia dalam versi aplikasi mobile yang bisa diunduh di PlayStore.

Baca Juga :  Cara Membuat Link Whatsapp Untuk Langsung Ke Chat! Cocok untuk Marketing Toko Online

Luno dimiliki oleh PT Luno Indonesia Ltd yang sudah resmi terdaftar pada Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto sesuai Pengumuman 007/BAPPEBTI/CP-AK/03/2020 31 Maret 2020 yang telah dikeluarkan Bappebti.

  • Persyaratan Pendaftaran
  1. Lakukan konfirmasi nomor telepon dan data pribadi Anda
  2. Mengirimkan foto/scan dari kartu identitas resmi Anda (dokumen yang kami terima) dan juga sebuah foto selfie yang diambil kurang dari 24 jam sebelum pengiriman
  3. Masukkan alamat tempat tinggal dan pilih status pekerjaan anda lalu jenis pekerjaan serta sumber dana yang anda peroleh
Baca Juga :  Daftar Bisnis Yang Produknya Banyak di Minati Warga Setempat

 

  • Minimum Deposit

Untuk Setoran minimum di Luno sebesar Rp 50,000 dan menerima deposit melalui transferke  rekening bank atau melalui Virtual Account (VA) BNI.

 

  • Keamanan

Dari segi keamanan Luno menerapkan 2FA ( Two Factor Authentication ) yang merupakan fitur keamanan online yang biasa digunakan, dimana pengguna akan diminta melakukan verifikasi identitas sebanyak 2 kali.

Baca Juga :  10 Situs Terpercaya untuk Tempat Mencari Lowongan Pekerjaan Terbaik 

 

  • Aset Kripto & Fitur Trading

Saat ini Luno menyediakan 5 koin/token aset kripto yang bisa diperdagangkan dan bisa bertambah maupun berkurang sesuai dengan kebijakan dari luno.

Fitur-fitu trading dari Luno untuk adalah:

  1. Terdapat Analisa chart yang dapat anda gunakan untuk menganalisa harga secara teknikal yang terdiri atas orderbook, histori transaksi (order dan trade)
  2. Stop Loss. Fitur ini digunakan untuk cut-loss yang menurut kami sangat penting karena berfungsi untuk mengelola resiko dari fluktuasi harga yang sangat tajam pada mata uang digital
  3. Luno tidak menyediakan fitur short-selling sehingga trader tidak bisa melakukan short-sell ketika pasar atau market sedang turun.
Baca Juga :  Membuat Usaha Rumahan Dengan Modal 50 Ribu

 

  • Biaya Fee Layanan Transaksi
  1. Pada platform luno Penjualan/Pembelian aset digital dikenakan biaya mulai dari 0.08% – 0,1% (tergantung jumlah transaksi)
  2. Untuk anda yang akan melakukan Penarikan dikenakan biaya sebesar Rp 6,500 flat
  3. Biaya deposit pada platform luno dikenakan biaya Rp 4,000 flat
Baca Juga :  10 Situs Terpercaya untuk Tempat Mencari Lowongan Pekerjaan Terbaik 

 

Gimana? Sudah dapat kan pilihannya? Disini kami hanya memberikan anda referensi marketplace atau exchanger mata uang digital yang dapat kamu gunakan untuk melakukan transaksi jual-beli mata uang digital. Sekali lagi kami mengingatkan bahwa perdagangan jual beli asep kripto atau mata uang digital memiliki resiko yang tinggi baik itu dari segi keuntungan maupun kerugian. Jadi anda harus siap untuk resiko tersebut.  Semoga bermanfaat!

Baca Juga :  Daftar Ide Bisnis Usaha Rumahan Yang Lagi Booming Saat Ini
Artikel Terkait: daftar broker legal bappebti-