Apa itu penyimpanan cloud, dan mengapa harus digunakan

Apa itu penyimpanan cloud, dan mengapa harus digunakan?

Pikiranwarga – Salah satu cara terbaik dan termudah untuk menyimpan data adalah dengan menggunakan penyimpanan cloud. Perusahaan besar seperti Microsoft Dan apple bahkan peramban google Belum lagi lusinan penyedia yang lebih kecil yang memungkinkan Anda menyimpan file di luar situs dengan biaya bulanan. Tapi apa sebenarnya penyimpanan cloud itu, dan bagaimana cara kerjanya?

Apa itu penyimpanan cloud?

Singkatnya, penyimpanan cloud adalah saat Anda menyimpan file dan data Anda secara online, bukan di komputer Anda. Alih-alih mengisi hard drive Anda, Anda mendaftar ke layanan berbayar—Dropbox mungkin adalah contoh yang paling terkenal—dan meletakkan file Anda di server mereka.

Ini berarti bahwa file Anda disimpan di Internet dan dapat diakses dari mana saja dan dari perangkat apa pun: cukup masuk ke layanan dengan kata sandi Anda, dan Anda akan menemukannya di sana. Sebagian besar layanan penyimpanan cloud memungkinkan Anda melihat file secara online, beberapa seperti peramban google Ruang kerja, bahkan memungkinkan Anda mengerjakan dokumen dan spreadsheet.

Manfaat penyimpanan cloud

Ada beberapa alasan bagus untuk menggunakan penyimpanan cloud. Anda dapat menggunakannya untuk mengosongkan ruang di komputer Anda atau menggunakannya sebagai cadangan, semua dengan kemampuan untuk mengakses file dari mana saja. Mari kita lihat beberapa keuntungan utama.

Hemat ruang dan buat cadangan file

Jika Anda memindahkan file ke cloud alih-alih menyimpannya secara lokal, hard drive Anda tidak akan cepat penuh, yang biasanya menghasilkan kinerja yang lebih baik, terutama untuk solid state drive. Bahkan jika hard drive Anda adalah tipe yang berputar, selalu menyenangkan untuk dapat mengosongkan beberapa ruang. Misalnya, jika koleksi foto Anda memakan banyak ruang, Anda lebih suka menggunakannya dalam video permainan yang baru.

Atau, alih-alih memindahkan file dari hard drive ke cloud, Anda juga dapat menyalinnya dan membuat cadangan. Ada beberapa perusahaan khusus yang menawarkan layanan ini — IDrive dan Backblaze, untuk beberapa nama — tetapi Anda juga dapat mengaturnya sendiri menggunakan perangkat lunak otomatisasi yang tidak terenkripsi seperti Zapier. Either way, jika sesuatu terjadi pada komputer Anda, file Anda akan aman.

Menghafal

Ada insentif keuangan juga: Cara lain untuk mendapatkan lebih banyak penyimpanan adalah dengan mendapatkan hard drive baru, baik dengan mencolokkannya ke komputer Anda atau mendapatkan drive eksternal.

Meskipun tentu saja ada beberapa manfaat menggunakan hard drive tambahan melalui penyimpanan cloud (lebih lanjut tentang itu nanti), satu-satunya downside adalah biaya di muka yang signifikan. Di sisi lain, layanan penyimpanan cloud dibayar setiap tahun atau bulanan, yang berarti Anda dapat mendistribusikan apa yang Anda belanjakan sedikit lebih baik.

Selain itu, banyak layanan penyimpanan cloud memiliki paket Bebas: Penggunaan cerdas tampilan penyimpanan cloud Bebas Ini bisa berarti Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk penyimpanan, terutama jika kebutuhan Anda sederhana.

mencapai di mana-mana

Meskipun mudah untuk menghemat ruang dan uang, keuntungan utama penyimpanan cloud adalah Anda dapat mengaksesnya di mana saja dan file Anda tetap sinkron. Yang pertama adalah yang paling sederhana: Di mana pun Anda berada atau perangkat apa yang Anda miliki, Anda dapat mengakses akun penyimpanan cloud Anda – asalkan Anda memiliki koneksi. Internet dan kata sandi.

Jika Anda merekam video yang bagus di ponsel cerdas, Anda dapat mengeditnya di komputer desktop dengan mengunggahnya ke cloud. Jika Anda perlu mengedit dokumen bisnis dengan cepat di ponsel cerdas saat bepergian, Anda dapat melakukannya tanpa membuka laptop di kereta yang penuh sesak. Memiliki file yang tersedia untuk Anda di mana pun Anda berada seringkali lebih bermanfaat daripada yang Anda pikirkan.

Bahkan, hal inilah yang melatarbelakangi lahirnya Dropbox, penyedia cloud storage pertama yang tersedia secara luas. Cerita berlanjut bahwa co-founder perusahaan, Drew Houston, digunakan untuk benar-benar melupakan USB flash drive ketika dia membutuhkannya. Metode yang ada untuk menyimpan dan mengambil data dari web pada waktu itu lambat dan bermasalah, jadi dia membuat layanannya sendiri.

Sinkronisasi berkelanjutan

Dropbox juga bertanggung jawab atas manfaat besar terakhir dari penyimpanan cloud, sinkronisasi berkelanjutan. Meskipun bagus untuk memiliki file di mana-mana, itu bisa mengganggu jika perubahan tidak tercermin di semua perangkat, terutama jika Anda menggunakan satu akun penyimpanan dengan banyak orang – biasanya di lingkungan kerja.

Dengan demikian, sebagian besar layanan akan menawarkan semacam sinkronisasi persisten – dan Anda mungkin ingin menghindari layanan yang tidak. Kedengarannya mengintimidasi, sinkronisasi terus menerus, atau biasanya hanya “sinkronisasi”, hanya berarti bahwa file terus diperbarui, terlepas dari apakah mereka hanya di cloud atau juga telah disalin ke hard drive fisik.

Intinya adalah tidak peduli dari perangkat apa Anda mengakses file, Anda selalu menggunakan versi terbaru. Ini adalah inovasi hebat dan mungkin bagian terakhir untuk menyelesaikan teka-teki penyimpanan cloud.

Kekurangan penyimpanan cloud

Anda dapat mengisi buku tentang keuntungan penyimpanan cloud, tetapi dalam semua keadilan, ada beberapa kelemahan juga. Masalah utama adalah bahwa untuk semua suara di atas Anda harus memiliki koneksi Internet untuk mengambil keuntungan dari salah satu dari mereka.

Juga, itu harus menjadi koneksi yang layak juga, kecuali jika Anda benar-benar ingin sinkronisasi berlangsung beberapa menit. Jika Anda berada di suatu tempat di mana kontak Internet Jika Anda memiliki masalah, penyimpanan cloud tidak akan menjadi pilihan yang bagus.

Apakah penyimpanan cloud aman?

Pertanyaan terbesar kedua adalah apakah penyimpanan cloud aman. Jawabannya di sini adalah bahwa itu sangat tergantung pada layanan yang Anda hadapi. Dropbox, misalnya, memiliki riwayat penyalahgunaan, beberapa di antaranya sangat serius. Karena banyak orang menyimpan banyak file menggunakan layanan penyimpanan cloud, penyedia ini menjadi target yang menarik bagi peretas.

Siapa pun dapat mengakses apa pun di Internet. Jadi, ya, ada kemungkinan penjahat dunia maya bisa mendapatkan akses ke file Anda. Dengan demikian, Anda tidak boleh menyimpan file sensitif yang disimpan secara online – apakah itu foto telanjang atau rahasia perusahaan, simpan hal-hal ini di hard drive Anda.

Alasan lain untuk ini adalah bahwa tidak semua layanan penyimpanan cloud mengungkapkan kebijakan privasi mereka. Banyak yang meninggalkan ruang untuk interpretasi, jadi mungkin karyawan perusahaan memiliki akses ke file yang Anda simpan. Tidak ada bukti tentang hal ini terjadi, tetapi tidak ada bukti juga.

Namun, manfaat penyimpanan cloud lebih besar daripada kerugiannya, terutama jika Anda tidak menggunakannya untuk hal yang sangat sensitif. Jika Anda tertarik untuk mencobanya sendiri, lihat panduan kami untuk memilih layanan penyimpanan cloud terbaik untuk Anda.


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *