Cara mudah berinvestasi emas

Cara mudah berinvestasi emas – Untuk memastikan masa depan Anda lebih baik, ada satu langkah yang perlu dilakukan sejak dini, yaitu berinvestasi. Berinvestasi dalam bentuk apapun, sebaiknya dilakukan selagi Anda masih memiliki penghasilan tetap. Ada banyak jenis investasi yang bisa dipilih, mulai dari saham, deposito dan investasi tanah hingga emas.

Emas tidak hanya sangat populer sebagai perhiasan, tetapi juga merupakan pilihan investasi yang sangat menguntungkan Karena emas merupakan unsur investasi yang cenderung naik harganya dan jarang turun dalam jumlah banyak.

Cara berinvestasi emas

1. Pastikan tujuan investasi emas

Sebelum Anda mulai berinvestasi emas, pastikan Anda tahu untuk apa Anda berinvestasi. Cara paling aman untuk berinvestasi emas adalah dengan mengetahui tujuan investasi dengan baik. Ada banyak tujuan yang bisa dijadikan tujuan dalam berinvestasi emas, baik untuk tabungan pernikahan, pendidikan, maupun investasi di hari tua.

Atau, misalnya, Anda telah menargetkan bahwa dalam 10 tahun ke depan Anda akan berhenti bekerja dan memulai bisnis Anda sendiri. Pendapatan dari gaji Anda kemudian sebagian dialokasikan dan diinvestasikan dalam emas. Jika Anda sudah memiliki tujuan yang jelas seperti ini, Anda akan lebih tahu berapa banyak emas yang diinvestasikan setiap bulannya. Ini adalah cara aman pertama untuk berinvestasi emas untuk pemula.

2. Pantau perkembangan harga emas secara berkala

Cara berinvestasi emas selanjutnya adalah dengan memantau perkembangan harga emas secara berkala. Saat ini, tidak sulit untuk memantau perkembangan harga emas. Banyak website di Internet menunjukkan evolusi harga emas setiap hari. Lalu ada juga aplikasi mobile yang bisa menampilkan evolusi harga emas.

Apa tujuan Anda dalam memantau perkembangan harga emas? Meskipun emas dikenal sebagai kendaraan investasi paling stabil, terkadang juga menghadapi penurunan harga. Meski jarang, tidak ada salahnya untuk membelinya. Kemudian ketika harga emas tiba-tiba naik, Anda juga memiliki opsi untuk menjualnya setelahnya. Namun, harus dipahami bahwa investasi emas harus dilakukan untuk jenis investasi jangka panjang yang jatuh dalam waktu 5-10 tahun. Ini adalah cara kedua untuk berinvestasi emas.

3. Beli emas dari tempat terpercaya

Cara berinvestasi emas selanjutnya adalah dengan mengetahui tempat membeli emas. Ada banyak tempat yang menjual emas batangan untuk investasi. Namun sebaiknya Anda membeli emas di tempat yang menjualnya secara resmi dan terpercaya. Resmi, yaitu penjualan emas dengan pencantuman surat dan sertifikat karena ada penjual emas yang menyediakan logam mulia dengan cepat, tetapi tidak dicantumkan dalam sertifikat. Emas batangan saja.

4. Penyimpanan emas yang aman

cara berinvestasi emas yang harus diikuti adalah dengan memperhatikan tempat penyimpanannya. Salah satu tips atau cara berinvestasi emas adalah Anda juga harus memahami tempat yang aman untuk menyimpan emas. Cara termudah adalah dengan menyimpannya di rumah di brankas atau lemari safety box. Jika Anda merasa tidak aman, Anda juga bisa menyimpannya di safe deposit box (SDB) yang disediakan oleh bank. Tentu saja, jika Anda memilih untuk menggunakan SDB, akan ada biaya tambahan yang terlibat. Harga penggunaan SDB relatif tergantung pada masing-masing bank. Adapun SDB sendiri selain emas juga dapat digunakan untuk menyimpan barang dagangan dan surat berharga lainnya seperti sertifikat rumah atau tanah.

5. Fokus pada masa depan investasi emas

Cara berinvestasi emas selanjutnya adalah fokus pada masa depan. Anda harus memahami bahwa investasi adalah tabungan untuk masa depan, baik itu jangka pendek atau jangka panjang, yang bisa 10 sampai 15 tahun. Jadi ketika melakukan investasi, termasuk investasi emas, Anda perlu kesabaran untuk melihat hasilnya. Investasi emas sangat cocok sebagai investasi jangka panjang dengan hasil yang baru terlihat dalam lima sampai sepuluh tahun ke depan. Ingatlah bahwa berinvestasi berbeda dengan jual beli yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat. Oleh karena itu, dalam berinvestasi emas, Anda harus fokus pada tujuan dan masa depan yang ingin Anda capai. Jadi, fokus pada masa depan adalah cara berinvestasi emas yang bisa Anda terapkan.

Perbedaan Emas Batangan Antam dan UBS

Seperti diketahui, logam mulia Antam adalah emas yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk. Perusahaan tambang ini dulunya adalah BUMN sebelum sahamnya dialihkan oleh pemerintah menjadi anak perusahaan PT Inalum (Persero) sebagai anggota holding company. Sedangkan UBS adalah emas yang dikeluarkan oleh PT Untung Bersama Sejahtera yang merupakan perusahaan swasta yang memproduksi berbagai perhiasan emas yang telah berdiri sejak tahun 1981 di Surabaya. Jika Anda masih bingung antara membeli emas batangan Antam atau memilih UBS, berikut beberapa perbedaan emas batangan Antam dan UBS.

1. Ukuran emas antam dan ubs

Emas batangan yang dikeluarkan Antam terdiri dari ukuran 0.5gm, 1gm, 2gm, 2.5gm, 3gm, 4gm, 5gm, 10gm, 25gm, 50gm, dan 100gm dengan berat hingga 1000 gram. gram atau 1 kilogram.

Sedangkan emas yang dihasilkan UBS relatif terbatas volumenya. Perusahaan ini mengekspor emas batangan hanya untuk ukuran 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram.

2. Sertifikat Emas Antam dan Ubs

Emas Antam terbaru memiliki sertifikat yang dilampirkan pada kemasan atau dilaminasi. Emas Antam merupakan produsen emas yang bersertifikat LBMA (London Bullion Market Association), sehingga mudah dijual di pasar negara manapun. Di pasaran, emas Antam masih tersedia dalam kemasan versi lama, sertifikatnya masih berupa kertas holografik tersendiri.

Sementara itu, hanya emas UBS yang memiliki sertifikat nasional yang dikeluarkan oleh PT UBS sendiri. Untuk bagian terkecil dari emas hingga 4 gram, sertifikatnya berupa kertas yang dilaminasi emasnya dalam bentuk kartu SIM. Untuk pecahan yang lebih besar dari 5g, UBS menerbitkan sertifikat berupa kertas holografik yang dipisahkan dari emas dan dapat dikeluarkan dari kemasan plastik sehingga dapat langsung ditangani.

 3. Harga serta ukuran emas antam dan ubs

Naik turunnya harga emas batangan Antam dan UBS dapat dilihat di situs resmi penjualan kedua perusahaan tersebut. Emas Antam memiliki harga yang relatif lebih tinggi dibandingkan emas UBS. Sebagai contoh, berikut harga logam mulia batangan di laman penjualan UBS dan Antam, seperti terlihat pada Selasa (24/3/2020).

Emas UBS Kelas 0.5 Gram Rp 495300. Kelas 1 Gram Rp 868.200, Kelas 2 Gram Rp 1.698.600, Kelas 3 Gram Rp 2.526.300, Kelas 4 Gram Rp 3.339.600, Kelas 5 Gram Rp 4.156.500, Kelas 10 Gram Rp 8.221.200, Kelas 25 Gram Rp 20.411.250.

Kelas Emas Antam 0.5 Gram Rp 484.000 , Kelas 1 gram Rp 919.000, Kelas 2 Gram Rp 1.787.000, Kelas 3 Gram Rp 2.559.000, 5 Gram Rp 4.415.000 Pecahan 10 Gram Rp 8.765.000, 25 Gram Rp 21.805.000

Bagaimana cara membeli emas?

Cara membeli emas kini semakin mudah, bahkan pemula pun sempat bingung ketika ingin membeli emas dalam jumlah besar dari pihak terpercaya. Sekarang, Anda tidak perlu khawatir tentang cara membeli emas

Biarkan investasi emas Anda berjalan lebih lancar dan hindari penipuan investasi emas. Berikut beberapa cara jual beli emas yang bisa Anda lakukan untuk berinvestasi emas berupa logam mulia.

Cara membeli lewat pegadaian

Pegadaian merupakan salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi oleh orang-orang yang berniat untuk berinvestasi emas. Di sini kita bisa membeli emas secara tunai atau kredit (melalui program tabungan emas).

Emas dapat dibeli dengan uang tunai dari pegadaian online dan offline. Pegadaian memiliki 24 gerai pameran, sedangkan untuk pegadaian berupa kantor cabang di daerah biasanya hanya melayani pembelian secara kredit.

Pada dasarnya semua emas yang dijual di pegadaian berasal dari PT. Aneka Tambang (Antam), yang merupakan produsen emas terbesar di Indonesia. Pegadaian tidak hanya membeli tetapi juga memberikan kemudahan dalam menjual emas yang kita beli dari mereka, karena pegadaian melakukan pembelian kembali dengan harga 97% dari harga pasar yang berlaku. Jumlah ini sedikit lebih tinggi dari harga pembelian kembali yang ditawarkan oleh PT. Antam, yang menyumbang 95% dari harga pasar.

Cara beli emas lewat Gedung Pusat Antam

  1. Antam juga memiliki Toko Emas yang terletak di Gedung Antam yang terletak di Jl. Simatupang, Jakarta. Di tempat ini Anda bisa membeli dan menjual emas. Namun harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi dari harga di Unit Bisnis Antam.

Untuk harga jual kembali butik ini juga sama dengan harga jual unit Bisnis Antam yaitu 95% dari harga pasar.

Cara beli emas lewat Unit Bisnis Antam

Selain di pegadaian, emas logam mulia juga bisa kita dapatkan di Unit Bisnis Antam yang terletak di Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur. Di tempat ini, PT. Antam menawarkan layanan jual beli emas rafinasi secara langsung, dimana harga yang ditawarkan merupakan harga jual paling murah dibandingkan dengan tempat penjualan emas lainnya.

Hal ini juga yang menyebabkan jumlah pembeli meningkat di tempat ini. Jumlah pembeli yang sangat banyak membuat daftar tunggu disini sangat panjang sehingga pembeli harian dibatasi hanya 150 orang.

Perusahaan juga melakukan penyaringan yang cukup ketat terhadap pembeli yang masuk, dan hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi hal/tindakan yang tidak diinginkan. Mengenai harga jual kembali, PT. Antam menerapkan tarif 95% dari harga pasar, dan ini khusus untuk emas yang dibeli sebelumnya dari mereka.

Di daerah-daerah tertentu, PT. Antam juga menyediakan layanan purchase by delivery order, dimana harga pembelian akan disesuaikan dengan harga yang tercantum di unit bisnis Antam. Namun, dalam transaksi delivery order, sejumlah biaya pengiriman akan dibebankan kepada pembeli sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Cara beli emas lewat Cabang Antam

Antam juga memiliki sejumlah cabang dan butik yang tersebar di beberapa daerah, dan ini bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan emas. Toko emas Antam berlokasi di Bandung, Makassar, Surabaya dan Palembang.

Harga emas di setiap cabang atau butik Antam di semua wilayah sama, namun harga ini sedikit lebih tinggi dari harga emas di unit bisnis Antam dan butik Antam di Jakarta.

Pembelian emas di daerah juga sangat tinggi, sehingga daftar tunggu juga akan panjang di setiap kantor cabang. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kita menggunakan jasa delivery order untuk membeli emas Antam, tentunya jika kita berada di area pengiriman.

Cara membeli emas lewat bank syariah

Selain tempat-tempat tersebut di atas, banyak juga bank syariah yang menawarkan jasa jual beli emas, dimana kita bisa membeli emas dengan mengikuti prinsip-prinsip syariat Islam. Bank syariah menawarkan layanan pembelian kredit yang dapat dicicil setiap bulannya. Mereka juga menyediakan layanan gadai emas yang kami beli sebelumnya dengan nilai hingga 95% dari harga pasar.

Cara membeli emas lewat toko emas

Berbeda dengan emas yang dijual oleh PT. Antam, emas di toko emas umumnya dijual dalam bentuk perhiasan. Hal ini membuat harga emas di toko akan lebih mahal, karena membutuhkan sejumlah biaya dalam pembuatan/pengolahannya.

Namun biasanya ada juga toko emas yang menjual produk emas logam mulia. Dalam hal ini, banyak toko emas tidak merilis produk emas batangan, jadi Anda juga perlu berhati-hati. Pastikan untuk membeli logam mulia dengan sertifikat dan periksa validitas logam mulia.

Contoh toko emas yang juga menjual logam mulia selain Antam adalah Logam Mulia UBS. UBS Gold adalah perusahaan produksi emas dan logam mulia milik PT Untung Bersama Sejahtera. Didirikan pada tahun 1981 di Surabaya. situs resmi ubs: https://ubslifestyle.com/.

Hindari membeli perhiasan emas untuk investasi karena harga jual emas perhiasan akan jauh lebih rendah dari harga beli karena ada potongan harga untuk biaya pembuatan perhiasan. Lebih baik bagi Anda untuk membeli hanya logam mulia.

Cara membeli emas lewat MarketPlace

Emas, perhiasan dan logam mulia juga bisa dibeli secara online melalui website marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dll. Bahkan di pasar ini, mereka juga memiliki program untuk membeli emas dengan cara mencicil, seperti menabung emas digital. Hal terpenting ketika Anda ingin membeli emas atau berinvestasi emas melalui pasar adalah pastikan Anda memilih toko emas yang terpercaya.

Cara membeli Antam Emas secara online

Cara membeli emas Antam sangat mudah. Untuk mempelajari cara membeli, Anda dapat melakukannya secara offline atau online. Untuk membeli emas Antam secara offline, Anda bisa langsung mengunjungi gerai Antam terdekat. Jika Anda ingin membelinya secara online, Anda bisa langsung mengunjungi halaman logammulia.com.

Cara Beli Emas Antam Secara Online :

  • Kunjungi https://www.logammulia.com/
  • Buat akun atau daftar dengan mengklik menu Hai, Tamu di pojok kanan atas Klik menu “Pilih Produk” Klik di “Gold Bar” menu dan pilih Membeli emas.
  • Harga yang tercantum mengacu pada lokasi yang tepat, pastikan untuk memilih tujuan terdekat dengan mengklik “Ubah lokasi” Temukan produk yang Anda inginkan,
  • masukkan jumlah yang diperlukan dan klik “Tambahkan ke troli” Klik menu “Keranjang” di sudut kanan atas untuk meninjau detail pesanan Anda. Silahkan klik “Check Out Now” untuk melanjutkan pengiriman atau “Re-shop” untuk melanjutkan belanja.
  • Untuk pembelian online, pengiriman hanya dilakukan ke alamat pelanggan. Pelanggan dapat menambahkan alamat pembayaran baru menggunakan Virtual Account (VA) dengan masa berlaku 45 menit setelah konfirmasi pesanan.
  • Dengan pelanggan VA mereka tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran. Pembayaran yang melebihi batas waktu dianggap batal.
  • Terakhir, periksa kembali pesanan, untuk diproses lebih lanjut, silakan klik “Saya menerima syarat dan ketentuan logam mulia” dan “Bayar sekarang”. Pelanggan akan menerima email pemberitahuan dengan rincian pesanan dan instruksi pembayaran.

Keunggulan Emas Antam

Produk logam mulia emas disertai dengan sertifikasi London Bullion Market Association (LBMA) yang diakui secara global dan dijamin keasliannya 99,99 persen, sehingga produk logam mulia dapat diterima di dalam negeri dan internasional. Antam juga berkomitmen untuk menjaga rantai pasokan emas yang bertanggung jawab. Antam’s Gold kini hadir dengan fitur keamanan terbaru dalam teknologi CertiCard, dengan sertifikasi yang disertakan dalam paketnya. Keaslian produk dapat dilihat dengan memindai kode batang di bagian belakang kemasan dengan aplikasi CertiEye, atau dengan melihat tanda air pada kemasan plastik di bawah sinar UV. Jika kemasan rusak, watermark dan plastik akan terlihat buram. Pastikan kemasan masih dalam kondisi baik untuk memastikan produk 99,99 persen asli dan murni.