Investasi Terbaik 2021

Investasi terbaik – Saat ini, banyak orang yang mulai memahami pentingnya berinvestasi. Dapat dikatakan bahwa investasi merupakan salah satu kebutuhan masyarakat saat ini. Apalagi di masa yang bergejolak seperti sekarang ini, keuntungan berinvestasi adalah sebagai sarana melindungi kekayaan jika kita bisa memilih alat investasi dengan bijak.

Jadi mengapa kita perlu menyadari pentingnya berinvestasi? Karena dengan berinvestasi merupakan salah satu upaya kami untuk mengurangi risiko inflasi setiap tahunnya. Inflasi adalah kenaikan semua harga dan berlangsung selama periode waktu tertentu.

Jenis Investasi Terbaik 2021

1. Investasi Saham

Saham adalah bukti kepemilikan perusahaan. Perusahaan akan membagikan dividen kepada pemegang saham, Maka saat kita memiliki saham maka kita akan menerima dividen dalam periode waktu tertentu.

Jenis investasi ini memiliki potensi yang sangat menguntungkan, tetapi juga memiliki risiko yang sangat tinggi. Oleh karena itu, diperlukan analisis yang mendalam untuk menentukan investasi terbaik pada saham perusahaan yang akan dibeli.

2. Investasi Properti

Dalam investasi Properti adalah benda fisik yang Anda miliki. Investasi Properti dilakukan dengan membeli tanah atau bangunan kemudian menjualnya di lain waktu. Jelas bahwa jenis investasi ini menguntungkan, mengingat harga Properti  di Indonesia meningkat setiap tahun sehingga menjadi salah satu investasi terbaik yang tidak terpengaruh oleh inflasi.

3. Investasi Peer to Peer Lending

Jenis investasi ini jarang kita dengar. Sistem pinjaman peer-to-peer di mana Anda meminjamkan sejumlah uang kepada perusahaan atau badan usaha. Pengembalian yang Anda dapatkan berasal dari tingkat bunga pinjaman yang disepakati bersama.

Tingkat bunga yang ditawarkan juga murni hingga 18% per tahun. Dengan investasi ini, Anda dapat melindungi dan meningkatkan jumlah kekayaan.

4. Investasi Deposito

Pada dasarnya deposito hampir sama dengan tabungan. Namun, deposito menawarkan tingkat bunga yang lebih tinggi dan tidak dapat ditarik setiap saat. Ini adalah jenis investasi terbaik, mengapa? Karena deposit melibatkan resiko kecil dengan keuntungan tertentu dan sudah pasti aman.

5. Investasi  Emas

Bagi mereka yang lebih tertarik untuk berinvestasi emas daripada investasi digital, emas adalah salah satu investasi terbaik untuk dipilih. Kami merekomendasikan memilih emas batangan daripada perhiasan. Ini karena batangan murni dinilai dari beratnya. Risiko berinvestasi emas sangat rendah, dan nilai jualnya juga stabil dan cenderung meningkat setiap tahunnya.

6. Investasi Crypto atau Mata Uang digital

Berinvestasi dalam cryptocurrency atau mata uang digital adalah jenis investasi yang menawarkan pengembalian tinggi. Cryptocurrency sendiri merupakan mata uang digital yang hanya ada dan bisa digunakan di dunia maya. Berinvestasi dalam mata uang kripto, khususnya bitcoin, pertama kali diperkenalkan oleh Satoshi Nakamoto pada Januari 2009.

Mereka digunakan untuk berbagai transaksi, seperti pembelian layanan game dan aksesoris untuk membeli barang-barang lain seperti barang untuk dipakai. Dari sana, jual beli bitcoin menjadi semakin populer, hingga cryptocurrency lainnya muncul. Selain Bitcoin yang sangat populer, contoh cryptocurrency lainnya adalah Ethereum, Ripple, Litecoin, Dogecoin, Mirror, Dashcoin, dll.

Namun sebelum melakukan investasi crypto baiknya anda memahami dulu lebih dalam mengenai crypto

Aplikasi investasi terbaik 2021

Aplikasi investasi terbaik tahun 2021 juga menyediakan berita terkini tentang emiten, makro ekonomi, Bursa Efek Indonesia (BEI) dan lainnya. Aplikasi investasi ini juga menyediakan informasi mengenai nilai kapitalisasi pasar, price earning ratio (PER), price book value (PBV) dan jumlah emiten dalam aplikasi transaksi saham. Berikut daftarnya:

  1. IPOT
  2. Stockbit
  3. MOST mandiri
  4. BIONS – Sistem Trading Inovatif BNI Sekuritas
  5. Bisnis RTI
  6. Mirae HOST
  7. Ajaib
  8. ID POEMS Philips
  9. BCAS
  10. MNC Sekuritas

Sebagai investor, kita tidak hanya menggunakan modal tetapi kita juga harus memastikan bahwa kita mengetahui cara kerja sistem aplikasi agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam menjalankan bisnis ekuitas dengan aplikasi digital.

Investasi saham terbaik 2021

Investasi mulai mendapat perhatian di kalangan generasi muda. Kesadaran akan manfaat dan pentingnya berinvestasi membuat banyak anak muda mulai menggelutinya. Dari berpartisipasi dalam perdagangan, cryptocurrency, reksa dana, dan emas, hingga membeli atau menyimpan saham.

Kemajuan teknologi juga memudahkan masyarakat untuk memilih jenis investasi yang diinginkan. Banyak aplikasi investasi online yang sudah resmi terdaftar. Nah, bagi para pemula yang baru ingin terjun ke dunia investasi, Berikut adalah saham-saham yang sering dipanggil blue chip karena kapitalisasi dan keuntungannya.

  1. Bank of Central Asia (BCA) – BBCA
  2. Bank Rakyat Indonesia (BRI) – BBRI
  3. Bank Mandiri – BMRI
  4. PT Bank Negara Indonesia – BBNI
  5. Unilever – UNVR
  6. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk – ICBP
  7. Telkom Indonesia – TLKM
  8. PT Perusahaan Gas Negara – PGAS
  9. PT Astra International Tbk – ASII
  10. United Tractors Tbk – UNTR
  11. Aneka Tambang Tbk – ANTM

Strategi investasi saham untuk tahun 2021

Jangan berinvestasi sembarangan, karena ada risikonya. Anda harus memiliki strategi agar investasi Anda menguntungkan dan tidak goyah. Berikut sedikit tips untuk anda yang ingin berinvestasi saham di 2021.

  • Pilih perusahaan yang mencetak profit dan earning yang positif
  • Temukan saham perusahaan yang masih memiliki peluang pertumbuhan
  • Membeli saham saat harga turun, pasar terkoreksi, atau saat diskon
  • Diversifikasi saham. Memiliki 5-10 saham emiten, tapi tidak harus ratusan emiten.

Reksadana terbaik 2021

Reksa dana pasar uang tercatat sebagai reksa dana dengan kinerja terbaik pada kuartal I 2021. Hal itu tercermin dari kinerja Indeks Reksa Dana Infovesta 90 yang naik 1,68%.

Kinerja ini mengungguli reksa dana pendapatan tetap yang cenderung bergerak flat. Hal ini tercermin dari kinerja Infovesta 90 yang hanya tumbuh 0,63%.

Sementara itu, nasib reksa dana berbasis saham lebih buruk lagi karena terjerumus ke dalam teritori negatif. Kinerja reksa dana campuran yang tercermin dalam Infovesta 90 terkoreksi sebesar 3,74%. Sementara itu, indeks reksa dana saham Infovesta 90 yang mengukur kinerja rata-rata reksa dana terkoreksi 9,27%.

Berikut kinerja tiga reksa dana teratas dari masing-masing jenis reksa dana selama semester I tahun 2021 berdasarkan data Infovesta Utama.

  • Reksadana saham:

Treasure  Saham Mantap Fund Investama membukukan pertumbuhan kinerja sebesar 72,33%.

Saham Pacific Syariah 3 naik 46,11%. Reksa dana ini dikelola oleh Pacific Capital Investments.

Pacific Saham Syariah menempati urutan ketiga dengan tingkat pertumbuhan 32,16%. Reksa dana ini dikelola oleh Pacific Capital Investments.

  • Reksadana Campuran:

Jarvis Balanced Fund, milik Jarvis Asset Management, naik 58,55%.

Capital Sharia Balanced yang dimiliki oleh Capital Asset Management tumbuh sebesar 40,22%.

Reksadana Syailendra  Balanced Opportunities Fund yang dimiliki oleh Syailendra Capital tumbuh 31,01%.

  • ReksaDana Pendapatan Tetap:

Syailendra Fixed Income Premium milik Syailendra Capital berhasil menjadi yang terbaik dengan tingkat pertumbuhan sebesar 4,97%.

Sucorinvest Stable Fund yang dikelola Sucorinvest Asset Management mencatatkan kenaikan sebesar 4,87%.

Mega Dana Pendapatan Tetap milik Investama naik 4,62%.

  • ReksaDana investasi pasar uang:

Insight Money yang dikelola oleh Insight Investments Management berhasil menempati posisi nomor satu dengan peningkatan sebesar 2,89%.

HPAM Ultima Money Market Henan Putihrai Asset Management tumbuh sebesar 2,84%.

Danamas Rupiah Plus dari Sinarmas Asset Management naik 2,73%.

Reksadana syariah terbaik 2021

Tertarik mencoba reksa dana syariah? Jika iya, yuk simak rekomendasi reksa dana syariah terbaik tahun 2021 di bawah ini.

1. Schroeder Global Sharia Equity Fund

Reksa dana terbaik yang sah diluncurkan pertama kali pada 22 Februari 2016, dan berhasil menempati posisi nomor satu versi Bareksa, dengan imbal hasil tertinggi selama tiga bulan pertama di kuartal pertama tahun ini.

Schroder Global Sharia Equity Fund berhasil meraih imbal hasil tertinggi dengan total imbal hasil sebesar 2,72 persen.

Untuk investasi reksa dana, investor akan dikenakan kebijakan investasi minimal 85 persen pada efek syariah asing, yang termasuk dalam daftar efek syariah. Prinsip yang digunakan adalah keberlanjutan.

2. BNP Paribas Pesona Syariah

Reksa Dana BNP Paribas Pesona Syariah telah memenangkan Reksa Dana Syariah Terbaik Tahun 2021 berdasarkan jenis produk saham-rupiah.

Reksa dana ini pertama kali diluncurkan pada 7 Mei 2007, dengan total dana kelolaan Rp 815,5 miliar.

Imbal hasil yang diberikan reksa dana ini cukup besar, yakni lebih dari 5 persen dengan modal awal hanya Rp 100.000.

3. MNC Dana Syariah

Reksa Dana Syariah Terbaik 2021 Lainnya diisi oleh MNC Dana Syariah. Produk investasi ini pertama kali dirilis pada Juni 2006 dan dioperasikan oleh PT MNC Asset Management dan PT Bank Negara Indonesia (Persero).

Jenis reksa dana yang tersedia di MNC Dana Syariah adalah reksa dana pendapatan tetap dengan imbal hasil hingga 1,38 persen pada kuartal I tahun 2021.

4. Reksadana Syariah Mandiri

Jika Anda sedang mencari reksa dana syariah dengan berbagai jenis yang tersedia, mulai dari reksa dana campuran, saham, hingga pasar uang, maka ReksaDana Mandiri Syariah adalah jawabannya.

Memilih dana investasi syariah terbaik tahun 2021, dengan tingkat likuiditas yang tinggi sehingga hasilnya bisa dicairkan kapan saja. Seperti yang Anda ketahui tingkat risikonya relatif rendah.

Mengenai syarat minimal pembelian, reksadana Syariah Mandiri bisa dibeli hanya dengan Rp100.000 dengan minimal penjualan Rp10.000.

5. Simas Syariah Unggulan

Pertama kali diterbitkan pada Agustus 2014, salah satu reksa dana syariah terbaik di tahun 2021 yang dikelola oleh PT Sinarmas Asset Management. Keuntungan sebesar 22,4 persen, khusus untuk jenis reksa dana saham.

Nah, dalam perkembangannya, reksadana Simas Syariah Unggulan ini memiliki berbagai saham yang ditempatkan di Bank BRI Syariah Tbk, PT Integra IndoCabinet Tbk, PT M Cash Integrasi Tbk, PT HK Metals Utama dan PT Multistrada Arah Sarana Tbk.

Untuk memulai investasi ini, Anda hanya perlu mengeluarkan Rp 100.000 dengan minimum Rp 100.000 dan kepemilikan minimum Rp 100.000.

6. Manulife Saham Syariah Asia Pasifik Dollar AS

Di posisi keenam, kami juga merekomendasikan produk reksa dana syariah terbaik tahun 2021 dari PT Manulife Aset Manajemen Indonesia, Manulife Saham Syariah Asia Pasifik Dollar AS.

Reksa dana ini berhasil bertahan di pasar saham, terutama pada kuartal I tahun ini dengan return 2,29 persen.

7. Sucorinvest  Sharia Equity Fund

Reksa dana syariah terbaik kedua di tahun 2021 adalah Sucorinvest  Sharia Equity Fund.

Reksa dana ini pertama kali diluncurkan pada 8 November 2013, dengan total dana kelolaan sebesar Rp534,06 miliar.

Aturan investasi minimum adalah 80 persen dan maksimum 100 persen pada sekuritas yang sesuai dengan Syariah.

Untuk memulai investasi ini, Anda hanya perlu menyiapkan dana sebesar Rp100.000 dengan return 0,77 persen per hari.

8. Syailendra Sharia Money Market Fund

Reksa Dana Syariah Terbaik 2021 merupakan salah satu jenis reksa dana pasar uang dengan tujuan memberikan hasil investasi dari nilai kekayaan bersih pada instrumen pasar uang syariah.

Syailendra Sharia Money Market Fund masuk dalam daftar reksa dana syariah yang dinilai menguntungkan bahkan pada kuartal pertama tahun 2021.

Total pengembalian sebesar 1,14 persen dengan bank atau lembaga custodian.

9. Batavia Dana Saham Syariah

Reksa Dana Syariah Terbaik Tahun 2021 diluncurkan pertama kali pada 19 Juli 2007 dengan total dana kelolaan Rp 147,6 miliar.

Bank kustodian atau lembaga perbankan yang bertanggung jawab atas produk reksa dana ini adalah Deutsche Bank AG, dengan nilai aset bersih mencapar IDR 1.772,76.

Dari sisi return, Reksa Dana Batavia Dana Saham Syariah memiliki size sekitar 1,46 persen dengan kebutuhan modal awal sebesar Rp50 juta.

10. BNI-AM Saham Syariah Musahamah

Reksa Dana Sesuai Syariah Terbaik Tahun 2021 lainnya adalah dari BNI Syariah. Produk investasinya adalah BNI-AM Saham Syariah Musahamah, dimana reksa dana tersebut membentuk 80 persen dana dalam efek syariah yang bersifat ekuitas.

Risikonya relatif tinggi, namun potensi pengembaliannya sangat menjanjikan. Dengan demikian, produk reksa dana ini cocok sebagai investasi terbaik jangka panjang dengan minimal pembelian Rp100.000.

11. Emco Barokah Syariah

Terakhir, reksa dana resmi 2021 terbaik untuk dipilih adalah Emco Barokah Syariah.

Reksa dana ini dimiliki oleh PT Emco Asset Management dengan bank kustodiannya adalah Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Nilai aset bersih terendah reksa dana ini adalah 1.208, sedangkan tertinggi 1.264 membuat investasi ini relatif stabil setiap tahun.

Sedangkan untuk imbal hasil, Reksa Dana Emco Barokah Syariah mencapai 4,57% berdasarkan jenis investasi pada instrumen pasar uang syariah, surat berharga syariah, dan deposito syariah.

Manajer Investasi Terbaik 2021

PT Manulife Aset Management Indonesia (MAMI) mampu mempertahankan posisinya sebagai Manajer Investasi (MI) dengan aset kelolaan (AUM) terbesar di Indonesia pada semester pertama tahun 2021.

Merujuk data Otoritas Jasa Keuangan, hingga akhir Juni 2021, AUM di industri reksa dana tercatat sebesar Rp536,11 triliun. Angka ini turun 6,53% dibandingkan keadaan akhir Desember 2020 sebesar 570,79 triliun.

Meski industri reksa dana terkoreksi, MAMI sudah berhasil mencatatkan kenaikan dana kelolaan. Hingga akhir Juni 2021, aset kelolaan MAMI tercatat sebesar Rp56,67 triliun, meningkat 14,83% dibandingkan akhir tahun 2020 yang masih sebesar Rp49,35 triliun. Dengan demikian, MAMI kembali mengukuhkan posisinya sebagai MI dengan pengelolaan dana terbesar di Indonesia.

Di posisi kedua ada PT Bahana TCW Investment Management dengan total dana kelolaan Rp 42,33 triliun. AUM Bahana TCW mencatat penurunan sebesar 9,05% dari Rp 46,54 pada akhir tahun lalu.

Di antara sepuluh manajer investasi dengan dana kelolaan terbesar, Trimegah Asset Management mencatat kenaikan persentase terbesar pada semester pertama tahun 2021. Dana kelolaan Trimegah naik 34,41% menjadi Rp 23,88 triliun dan menempatkan manajer investasi ini di urutan kedelapan.

Berikut daftar 10 besar MI dengan dana kelolaan terbesar pada akhir semester I-2021:

Manulife Asset Management Indonesia dengan dana kelolaan 56,67 triliun

  1. Bahana TCW Manajemen Investasi 42,33 triliun
  2. Manajemen Investasi Mandiri 42,19 triliun
  3. Batavia Prosperindo Asset Management dengan dana kelolaan sebesar 40,28 triliun
  4. Schroeder Investment Management dengan 34,23 triliun dana kelolaan Indonesia
  5. Pengelolaan investasi Danareksa dengan dana kelolaan 25,35 triliun
  6. Ashmore Asset Management Indonesia dengan dana kelolaan 23,89 triliun
  7. Trimegah Asset Management dengan dana kelolaan 23,88 triliun
  8. BNI Asset Management dengan dana kelolaan sebesar 21,34 triliun
  9. Syailendra Capital dengan dana kelolaan 20,58 triliun

Itu dia informasi mengenai berbagai macam tentang investasi terbaik 2021. semoga dengan informasi ini bisa menjadikan anda referensi untuk berinvetasi. Namun perlu diketahui tujuan artikel ini hanya untuk memberikan referensi infromasi bukan untuk mengajak melakukan investasi di instrumen maupun jenis investasi lainnya. Segala keuntungan dan kerugian yang muncul merupakan tanggung jawab dari pelaku investasi itu sendiri. Terima kasih


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *