Aplikasi Saham Terbaik untuk Pemula 

Aplikasi Saham Terbaik untuk Pemula 2021

Aplikasi Saham Terbaik untuk Pemula  – Menggunakan aplikasi saham adalah salah satu cara termudah dan termudah untuk berinvestasi di saham. Aplikasi ini disediakan oleh perusahaan sekuritas atau perusahaan yang bergerak di bidang sekuritas. Tentu saja masih harus mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk investor saham pemula, memiliki aplikasi saham pasti akan berguna. Dengan hanya satu aplikasi di ponsel Anda, Anda dapat mendaftar untuk membeli dan menjual saham.

Jadi apa aplikasi stok terbaik untuk pemula di tahun 2021? Simak ulasan berikut ini:

IPOT

IPOT (Indo Premier Online Technology) merupakan salah satu pilihan aplikasi sekuritas terpopuler di Indonesia yang bisa anda gunakan. Aplikasi IPOT adalah ekosistem trading online dari PT Indo Premier Sekuritas untuk investasi Saham, Reksa Dana dan ETF dengan fitur yang lengkap.

Salah satu keunggulan yang bisa ditawarkan oleh IPOT sendiri adalah mekanisme Robo Trading dan Fund Evaluator yang bisa secara otomatis mengeksekusi semua instruksi order beli dan jual pada saham dan harga yang Anda pilih saat mnelakukan transaksi. Dengan fasilitas ini, Anda tidak akan menyia-nyiakan momen trading saham dengan harga yang Anda harapkan.

Investor juga dapat membuat pilihan investasi pertama Anda di reksa dana dengan bantuan fund evaluator.

Beberapa keunggulan IPOT:

  • Akun dapat didaftarkan secara online, tanpa tatap muka
  • Tidak mempunyai batasan setoran minimum saat ingin membuka rekening saham
  • Integrasi investasi ekuitas dan reksa dana dalam satu aplikasi
  • Memiliki fitur-fitur yang bisa memudahkan investor dalam melakukan transaksi saham
  • Grafik saham dan dana sudah lengkap
  • Ada berita dan fitur penelitian mendalam oleh tim Indo Premier
  • Antarmuka pengguna memudahkan pengguna
  • Biaya penjualan saham ditetapkan sebesar 0,29 persen per transaksi, sedangkan biaya pembelian saham sebesar 01,9% per      transaksi.

Stockbit

Aplikasi Stockbit awalnya ada sebagai forum perdagangan saham alias social trading. Forum ini menawarkan banyak keuntungan karena investor dapat bertukar informasi tentang emiten atau berbagi rekomendasi.

Stockbit menjadi semakin populer karena saham merupakan sarana investasi yang pergerakan harganya sepenuhnya dipengaruhi oleh sentimen pasar, termasuk berita atau rumor. Melalui forum Stockbit, investor saham utama dapat memberikan analisis mereka mengenai sentimen pasar saat ini dan bagaimana pengaruhnya terhadap emiten tertentu.

Bagi investor saham pemula, tentunya informasi jenis ini sangat berharga. Meskipun informasi dan analisis ini tidak 100% akurat, sangat berguna untuk dipertimbangkan sebelum melakukan transaksi apa pun.

Seiring berjalannya waktu hingga saat ini, Stockbit menyediakan fasilitas untuk melakukan jual beli saham yang bekerjasama dengan perusahaan Sinarmas Sekuritas. Tapi ingat bahwa Stockbit bukan pialang saham.

Mengutip penjelasan di aplikasi Stockbit, disebutkan bahwa Stockbit adalah aplikasi investasi saham tempat Anda dapat berdiskusi, menganalisis, dan memperdagangkan saham dalam satu aplikasi seluler.

Beberapa keuntungan dari Stockbit:

  • Saham dapat diperdagangkan secara online
  • Ada fitur belajar saham
  • Belajar saham melalui virtual trading atau online stock trading simulator yang memudahkan Anda untuk belajar berinvestasi saham.
  • Forum diskusi bersama tentang saham
  • Anda dapat menganalisis informasi saham dengan investor dan pedagang di komunitas Stockbit. Lebih dari 100.000 investor dan pedagang bergabung dan berbagi tips saham di komunitas ini. Anda bisa mendapatkan saham atau rekomendasi saham dari lembaga saham dan mencarinya secara gratis.
  • Grafik saham dan indikator teknis tersedia.
  • Anda dapat membuat grafik saham di cloud dengan Chartbit (platform charting online) untuk mendukung aktivitas perdagangan Anda. Sinyal inventaris seperti aliran asing dan data kota (ilmu bandwidth) tersedia. Tersedia juga indikator teknikal lengkap dengan Foreign Flow, Bandarmology, Darva Box, Ichimoku Cloud, MACD, RSI dan masih banyak lagi.
  • Menyediakan data dasar
  • Data saham dasar yang Anda butuhkan untuk menjadi investor akuntan. Seperti rasio PE, price to book value, debt to equity, return on equity, hingga dividend yield
  • Cocok untuk investor atau trader
  • Stockbit dapat membantu investor dengan prinsip investasi nilai serta trader yang menerapkan swing trading.

MOST  mandiri

MOST adalah aplikasi perdagangan saham yang disediakan oleh Mandiri Sekuritas, salah satu pialang saham terbesar di Indonesia. Mandiri Sekuritas juga merupakan anak perusahaan dari PT Bank Mandiri Tbk. Kebanyakan dari mereka datang dengan antarmuka pengguna yang mudah atau antarmuka untuk pengguna baru atau investor saham pemula.

Dalam kebanyakan kasus, biaya penjualan saham adalah 0,28 persen per transaksi dan biaya pembelian saham adalah 0,18 persen per transaksi.

Sejumlah keuntungan Most paling banyak:

  • Pendaftaran akun lengkap dapat dilakukan secara online
  • Mandiri Sekuritas memberikan dukungan pelatihan langsung atau online bagi investor saham
  • Akses penuh ke riset harian dari analis Mandiri Sekuritas terpercaya

BIONS – Sistem Trading Inovatif BNI Sekuritas

Seperti kebanyakan, BIONS ditawarkan oleh PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), salah satu perusahaan perbankan milik negara terbesar di Indonesia. BIONS juga memiliki antarmuka tatap muka menarik yang ramah bagi investor pemula. Jika Anda tertarik untuk berinvestasi saham dengan BIONS, Anda perlu melakukan setoran awal minimal Rp 1 juta.

Beberapa keunggulan BIONS antara lain:

  • Antarmuka yang ramah untuk investor pemula
  • Ada akun demo untuk calon investor yang masih mencoba tanpa menggunakan uang. Dengan fasilitas tersebut, calon investor dapat mempelajari aktivitas perdagangan saham secara online
  • Fitur-fitur yang ditawarkan BIONS sangat lengkap, mulai dari daftar pesanan otomatis, daftar pantauan, segmen perdagangan, riset, fundamental, hingga aksi korporasi. BIONS juga menyediakan berita dan informasi terkini serta hasil pencarian dari BNI Sekuritas

RTI Business 

Dapat dikatakan bahwa aplikasi ini sangat berguna bagi investor saham dalam merancang strategi perdagangan saham. RTI Business menyediakan berbagai informasi mengenai IHSG, grafik, data keuangan, berita masing-masing emiten dan nilai tukar. Anda juga dapat melihat informasi tentang kinerja perusahaan dalam lima tahun melalui laporan laba rugi, arus kas, profitabilitas, neraca, dan pertumbuhan pendapatan.

Menariknya, RTI Business juga menyediakan fitur virtual BEI untuk online trading atau simulasi perdagangan saham. Fitur ini cocok bagi Anda yang baru berinvestasi saham dan ingin mengetahui terlebih dahulu seluk beluk perdagangan saham.

Mirae Host

Aplikasi ini juga sangat populer di kalangan investor saham. Aplikasi yang ditawarkan Mirae Asset Sekuritas Indonesia kepada investor saham adalah HOST untuk pengguna PC atau laptop dan NEO HOST untuk pengguna mobile.

Meski minimal setoran cukup besar, yakni Rp 10 juta, nasabah memiliki pilihan untuk membuka Rekening Dana Nasabah (RDN) di empat bank. Oleh karena itu, investor juga memiliki banyak pilihan untuk mentransfer dananya. Biaya untuk membeli dan menjual saham di Mirae juga sangat rendah, yaitu 0,25% untuk penjualan dan 0,15% untuk pembelian saham.

Philips POEMS ID

POEMS (Phillip’s Online Electronic Mart System) adalah aplikasi perdagangan yang disediakan oleh Philips Securities. POEMS menyediakan berbagai pilihan pembukaan rekening Dana Nasabah (RDN), antara lain Bank BCA, Mandiri, Permata dan Sinarmas untuk rekening tradisional dan BCA Syariah untuk rekening yang sah.

Ada dua layanan unggulan yang ditawarkan oleh POEMS ID, antara lain:

  1. ProStock

Sebuah layanan untuk berinvestasi saham secara real time, aman dan mudah. Dengan layanan POEMS ID ProStock, investor dapat melakukan analisis fundamental yang didukung oleh laporan perusahaan yang lengkap dan terkini, dan dapat melakukan analisis teknis menggunakan grafik yang didukung oleh Trading View.

  1. Profunds 

Layanan Investasi di Toko Reksa Dana Online Terdapat lebih dari 100 produk reksa dana dari manajer investasi terpercaya di Indonesia dengan biaya yang sangat terjangkau mulai dari Rp 50.000. Investor dapat melihat informasi tentang pemantauan pertumbuhan reksa dana mereka secara real time. Profunds saat ini merupakan salah satu toko reksa dana online terbesar di Indonesia.

Beberapa fitur pintar yang terdapat di aplikasi POEMS ID:

  1. SmartStart: Fitur yang memberikan rekomendasi paket reksa dana bagi investor pemula yang isinya disesuaikan dengan profil risiko konservatif, sedang, dan berat.
  2. Fitur SmartPlan: Fitur penyimpanan saham otomatis yang membantu untuk berinvestasi secara berkala dengan menentukan tanggal pembelian saham/reksa dana, jumlah yang akan dibeli dan produk saham/reksa dana.
  3. Fitur SmartSafe: Sebuah fitur yang secara otomatis mengeksekusi instruksi untuk membeli atau menjual saham, berdasarkan harga berdasarkan harga, waktu dan kondisi pasca perdagangan. SmartSafe membantu Anda mengambil keuntungan atau memotong kerugian sesuai rencana tanpa takut kehilangan momentum saat ini.
  4. Fitur AutoSweep: Memaksimalkan keuntungan dengan meningkatkan pertumbuhan dana yang disimpan di RDI secara optimal. Fitur ini memanfaatkan fasilitas berlangganan otomatis dan redemption otomatis reksa dana pasar uang tanpa mengganggu transaksi harian Anda.

BCAS Best Mobile

BCA Sekuritas juga memiliki aplikasi trading saham terpercaya bernama BCAS Best Mobile. Aplikasi ini juga menawarkan antarmuka pengguna yang mudah digunakan untuk pengguna pemula. Dengan aplikasi ini, biaya pembelian ditetapkan sebesar 0,18 persen dan biaya penjualan sebesar 0,28 persen.

Ada sejumlah fitur unggulan yang ditawarkan BCAS Best Mobile, antara lain:

  •  Data pasar waktu real
  •  informasi stok
  •  expert order
  •  file portfolio
  •  grafik saham
  •  watchlist

MNC Sekuritas 

Sesuai dengan namanya, MNC Sekuritas merupakan anak perusahaan dari MNC Group di bawah PT MNC Kapital Indonesia Tbk. Ketentuan transaksi melalui MNC Sekuritas antara lain biaya pembelian 0,18 persen dan biaya penjualan 0,28 persen. Setoran awal untuk membuka rekening hanya Rp 100.000.

Proses pembukaan rekening di MNC sangat mudah, Anda bisa online tanpa tatap muka. Namun, Anda harus memiliki rekening BCA untuk dapat membuka rekening saham di MNC Sekuritas.

Tips memilih aplikasi stok saham

Nah, itulah beberapa aplikasi saham yang cocok untuk Anda yang masih pemula dalam memulai investasi saham. Ada beberapa tips yang perlu dipertimbangkan saat memilih aplikasi stok, termasuk:

  • Sesuaikan dengan kepemilikan rekening bank Anda. Ada beberapa sekuritas yang hanya menyediakan opsi rekening dana nasabah (RDN) tertentu.
  • Bandingkan biaya perdagangan yang rendah. Hal ini tentunya memudahkan Anda dalam melakukan jual beli saham. Artinya walaupun sering bertransaksi, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak.
  • Sesuaikan dengan ketersediaan dana. Ada beberapa sekuritas yang membutuhkan penempatan dana awal yang cukup tinggi. Bahkan, Anda mungkin investor pemula yang hanya ingin mencoba alat investasi saham. Jika demikian, Anda dapat memilih sekuritas yang menawarkan persyaratan setoran awal minimum.
  • Pastikan aplikasi mudah digunakan. Anda dapat membandingkan antarmuka pengguna setiap aplikasi dengan melihat ulasan di Google Play.

 


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *