Jenis Lampu Mobil HID, LED, Halogen Ketahui Perbedaan dan juga Kelemahannya

Jenis Lampu Mobil HID, LED, Halogen Ketahui Perbedaan dan Juga Kelemahannya

Telah Berbagai macam cara yang akan dilakukan pemilik kendaraan khusus nya kendaraan mobil untuk dapat terlihat keren,  memodifikasi lampu mobil dapat membuat tampilan mobil anda terlihat lebih keren. Selain itu modifikasi lampu mobil juga bisa dilakukan termasuk pada semua bagian dari komponen mobil. Untuk memodifikasi dengan mengganti bentuk lampu mobil adalah cara agar kendaraan mobil Anda akan terlihat lebih keren karena memiliki mata  berbentuk tajam. Dalam komponen bagian dari mobil, lampu merupakan salah satu komponen yang termasuk penting dalam Fungsi penerangan mobil. Maka dari itu di Indonesia ada 3 jenis bohlam lampu mobil yang pada umumnya telah banyak digunakan.

Jenis Lampu Mobil HID, LED, Halogen Ketahui Perbedaan dan Juga Kelemahannya


  •  Lampu Mobil Halogen

Lampu mobil Halogen adalah jenis sebuah bohlam lampu yang paling banyak dipakai dalam melengkapi lampu utama pada mobil. Untuk lampu jenis ini juga memiliki filamen disebut kawat pijar. Salah satu  Keunggulan dalam bohlam halogen ini  yaitu pada perawatannya yang mudah serta harganya lebih terjangkau. Tapi jenis lampu ini juga ada kelemahannya, Kelemahannya yaitu cahayanya kalah terang dan butuh daya yang besar.

  •  Lampu Mobil HID (High Intensity Discharge)/Xenon

Pada jenis lampu mobil model HID telah ada sejak tahun 90-an dan juga dapat dipakai untuk pertama kalinya khususnya di mobil-mobil mewah, yaitu seperti mobil BMW, Mercedes, dan juga Audi. Untuk sumber cahaya lampu mobil HID ini juga berasal dari gas Xenon yang juga dialiri listrik. Dalam cahaya yang akan dihasilkannya pun akan lebih terang daripada lampu Halogen dan juga punya daya tahan lebih lama, selain itu tidak butuh watt tinggi lagi.

  • Lampu mobil LED (Light Emitting Diodes)

Jenis lampu mobil selanjutnya adalah Jenis lampu mobil LED. Jenis Lampu mobil LED pada awalnya lebih banyak digunakan yaitu sebagai lampu penerang ruangan, lampu rem, dan juga lampu plat nomor. Tetapi, pada saat ini lampu jenis ini sudah banyak digunakan sebagai lampu utama karena berkat teknologi yang juga semakin berkembang. 

Dan untuk Kelebihan dari jenis lampu mobil LED ini adalah ketahanannya yang juga lebih baik serta kualitas intensitas cahayanya yang di hasilkan akan lebih terang tentunya dengan daya Watt yang lebih kecil apabila dibandingkan dengan lampu mobil HID. 

Untuk proses pengaplikasiannya lampu jenis mobil LED sudah tidak membutuhkan ballast seperti HID, tetapi lampu jenis LED tetap perlu penambahan relay maupun conversion kit yang juga biasanya sudah tersedia dalam satu paket saat pembelian lampu tersebut.

 

Baca Juga :  Apa Mobil Bekas Perlu Asuransi? Simak Ulasannya!

Bahaya lampu HID

Sebagian besar masyarakat yang telah menggunakan lampu HID ini sebagai bohlam lampu utamanya. Tetapi jenis lampu HID itu sendiri adalah lampu yang menghasilkan cahaya yang sangat Terang sama seperti sinar matahari. Sebab itu karena keterangan cahayanya itu menurut Divisi Humas Polri, lampu ini bisa saja membahayakan pengendara ataupun kendaraan lain yang juga ada di depannya.

 

Baca Juga :  Minyak Rem Mobil Bekas Harus Diganti Setiap 40.000 Km dan Inilah Alasannya
Artikel Terkait: Bohlam Halogen- Modifikasi Lampu Mobil - Lampu Led Utama Mobil - Lampu Led Untuk Mobil - Lampu Led Mobil - Lampu Led Dalam Mobil - Lampu Hid Mobil - Lampu Hid - Lampu Halogen Mobil - Lampu Halogen Led - Jenis Lampu Led Mobil - Jenis Lampu Halogen - Bohlam Led Mobil - Bohlam Lampu Led Mobil - Bohlam Hid - Bohlam Halogen Mobil - Tipe Lampu Halogen -