Pintu Mobil Anda Terkunci dan juga Tidak Bisa Dibuka? Simak Penyebab dan juga Cara Mengatasinya

Pintu Mobil Anda Terkunci dan juga Tidak Bisa Dibuka? Simak Penyebab dan juga Cara Mengatasinya

Apakah anda pemilik mobil? Ketika anda hendak mengemudi pernahkah anda tidak sengaja menemukan kunci mobil yang justru saat anda kendarai tertinggal di dalam mobil. 

Anda jangan panik dulu, Mari kita cari Solusi untuk hal tersebut. Kebanyakan orang yang telah berpikir dengan cara mudah saja, misalkan dengan memecahkan kaca mobil atau juga dengan cara anda mencongkel lis karet yang berada di kaca tersebut. Padahal ada banyak cara untuk mengatasi pintu mobil yang terkunci dari dalam tanpa harus merusak komponen mobil anda. 

Pintu Mobil Anda Terkunci dan juga Tidak Bisa Dibuka? Simak Penyebab dan juga Cara Mengatasinya

Faktor penyebab pintu mobil terkunci

Sebelum kita akan membahas cara untuk mengatasi pintu mobil yang terkunci dari dalam, mari kita bahas terlebih dahulu hal apa saja yang menyebabkan pintu mobil terkunci. Anda pun tentunya sudah mengetahui, fungsi dari kunci mobil itu sendiri yaitu berguna untuk menghidupkan mesin mobil dan juga sekaligus untuk dapat membuka dan menutup pintu mobil.

Maka jika kunci mobil anda hilang, sedangkan pintu mobil tersebut dalam keadaan terkunci andapun yang hendak akan membukanya mengalami kesulitan. Sebelum membahas lebih jauh mari kita cari tahu apa saja faktor- faktor yang menyebabkan pintu mobil terkunci dari dalam.

  • Kotoran menumpuk pada handle mobil

Faktor pertama dari pintu mobil terkunci dari dalam adalah terdapat kotoran yang menumpuk pada handle mobil. Hal ini termasuk faktor yang paling sering kita temui karena dapat menyebabkan handle pintu menjadi serat/ tersumbat. Lebih bahayanya lagi jika handle pintu yang ada kotoran nya tersebut sudah terkontaminasi dengan udara maka bisa menyebabkan handle pintu mobil tersebut akan berkarat dan mengakibatkan pintu mobil tersebut ketika akan dibuka menjadi sulit bahkan tidak mau terbuka atau terkunci sendiri.

  • Motor penggerak berkarat

Bagian dari pintu mobil memang terlihat mudah sekali kita akan menutup, tetapi untuk membukanya justru terkadang sulit. Semua ini karena selain tenaga yang akan digunakan dalam membuka pintu akan membuat tenaga lebih besar daripada ketika menutup pintu.  Itu pun dipengaruhi dari beberapa faktor yaitu bisa saja dari masalah pada motor penggerak. 

Pada motor penggerak mobil jika kurang perawatan ataupun telah usang karena usia pemakaian yang sudah cukup lama. Pintu mobil tersebut tiba-tiba bisa menjadi seret dan dapat juga berkarat. Hal ini mengakibatkan pintu mobil akan sulit untuk dibuka atau lebih bahayanya lagi untuk mobil akan terkunci dari dalam.

  • Pintu penyok / pernah terkena benturan

Faktor penyebab terjadinya Pintu Mobil Terkunci dan Tidak Bisa Dibuka adalah pintu mobil tersebut pernah terkena benturan yang juga cukup keras sehingga mobil tersebut terdapat banyak komponen pintu mobil yang rusak atau pun akan mengalami perubahan posisi lain. Contohnya yaitu handle pintu yang rusak dan juga gigi penggerak berubah pada posisi awal.

Pintu Mobil Anda Terkunci dan juga Tidak Bisa Dibuka? Simak Penyebab dan juga Cara Mengatasinya

Mengatasi pintu mobil sulit dibuka

Sudah dijelaskan di atas adalah beberapa faktor  penyebab pintu mobil tidak bisa dibuka ataupun terkunci, nah dalam pembahasan kali ini kita akan masuk ke dalam pembahasan mengatasi pintu mobil yang sulit dibuka dan juga terkunci dari dalam. Hal yang pertama dilakukan pengemudi adalah anda jangan merasa panik, jika pintu mobil terkunci dari dalam. Tetapi langsung ambil tindakan seperti di bawah ini:

  • Cara untuk membuka pintu mobil yang terkunci dengan menggunakan kawat gantungan baju

ini adalah cara membuka pintu mobil yang telah terkunci dari dalam yang terbilang paling mudah yaitu  dengan Alat sejenis kawat gantungan baju. untuk itu Anda segeralah mencari gantungan baju yang  rusak atau pun yang tidak terpakai. Setelah itu yang harus anda lakukan adalah Memotong kawat gantungan baju, lalu segera luruskanlah kawat gantungan baju tersebut Kemudian buatlah lekukan pada ujung kawat (dengan berbentuk kail). 

Setelah itu yang harus anda lakukan adalah Memasukkan kawat ke dalam bagian Antara pembatas pintu dan juga dengan jendela pada lapisan karetnya hingga hal tersebut dapat menyentuh tuas pengait. Setelah semua sampai pada pengait, anda harus segera menggerakan pengait tersebut untuk dapat membuka pintu mobil.

Setelah itu tariklah pengait tersebut dengan penuh tenaga, karena tuas dalam kunci mobil akan lebih kuat dibandingkan dengan kawat pengait tersebut. Jika anda melakukannya dengan sabar dan juga secara kuat tenaga maka pintu mobil tersebut bisa terbuka. 

  • Cara untuk membuka pintu mobil yang terkunci yang pada sistem elektrik / otomatis

Cara selanjutnya yaitu anda harus membuka pintu mobil yang terkunci secara otomatis pada mobil. Tentunya anda harus menggunakan beberapa jenis peralatan yang dibutuhkan saat membukanya. 

Anda dapat membuka dengan sedikit celah yang terletak pada bagian atas pintu kemudian dengan menggunakan alat tangkai yang  juga ukurannya panjang. Hal tersebut bisa berbentuk besi ukuran panjang. Karena hal ini berfungsi untuk segera mendorong tombol kunci (pengganti tangan). Lalu setelah itu bukalah sedikit pintu pada bagian atasnya supaya Anda bisa mendapatkan celah untuk memasukkan besi ke dalam itu tersebut.

Nah setelah terbuka, masukkan tongkat atau alat yang digunakan untuk menekan tombol yang berada di dalamnya. Cara ini biasa digunakan oleh tukang kunci pada umumnya. Jika Anda bisa melakukannya anda tidak perlu memanggil tukang kunci untuk menyelesaikan masalah ini.

  • Cara untuk membuka pintu mobil yang telah terkunci dengan cara menggunakan penggaris besi

Alternatif cara berikutnya untuk membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam adalah dengan alat penggaris besi.  Anda pun pastinya tidak menyangka bahwa fungsi dari penggaris ini dapat juga membantu untuk membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam. 

Caranya Yaitu anda siapkan dulu penggaris yang berbahan besi atau stainles. setelah itu anda selipkan penggaris tersebut melalui karet pada kaca pintu  anda tetapi dalam melakukan cara ini anda harus bersikap tenang tidak panik karena saat itu karet mobil ini mudah sekali untuk dilepas dan juga dipasang kembali. 

Setelah itu yang Anda harus lakukan adalah saat memasukkannya Anda rasakan titik panel di bagian kunci dengan melihat pergerakan arah panel kunci. jika pada saat itu pergerakan panel manual kunci sedang bergerak itu adalah tuas panel dan yang anda harus lakukan adalah membuka pintu panel itu. Lakukanlah dengan seksama dan juga teliti maka pintu mobil tersebut akan terbuka lagi.

  • Cara untuk membuka pintu mobil yang terkunci dengan menggunakan tali rafia atau tali sepatu

Cara yang selanjutnya terbilang cukup unik yaitu dengan cara membuka pintu mobil yang terkunci menggunakan tali rafia atau juga tali sepatu. Adapun langkah pertamanya yaitu bentuklah tali rafia atau tali sepatu itu menjadi sebuah tali laso yang terbentuk kencang dan juga kuat tepat pada bagian tengahnya. 

Setelah itu Anda gunakan obeng lalu sisipkan tali rafia atau tali sepatu itu masuk ke dalam bagian pintu mobil yang terletak di bagian atas. Anda juga harus mencari terlebih dahulu pengaman pintu yang telah menggunakan tali rafia sampai simpul tali dari rafia tersebut terletak tepat pada pengaman pintu. Lalu setelah itu tariklah pintu mobil tersebut sehingga pintu mobil tersebut dapat terbuka lagi. 

  • Cara untuk membuka pintu mobil yang terkunci dengan menggunakan bola tenis

Berikut ini juga cara membuka pintu mobil yang terkunci juga terbilang sangat mudah dan juga unik yaitu dengan memanfaatkan bola tenis.

Adapun caranya yaitu, yang harus pertama anda lakukan adalah buatlah sebuah lubang pada bola tenis tersebut. Lobang pada bola tenis tersebut bisa anda buat dari obeng yang telah dipanasi dengan api kemudian tusuk ke bola tenis tersebut sampai bolanya berlubang. 

Setelah bola tenis itu berlubang, gunakanlah bola tenis yang sudah berlubang untuk membuka pintu caranya dengan arahkan bagian bola tenis yang berlubang tadi tepatnya berada di depan lubang kunci yang juga terletak di bagian pintu mobil lalu tekan dengan sekuat tenaga bola tenis tersebut hingga gepeng dengan memakai tangan anda. 

Pastikan juga udara dari dalam bola tenis tersebut bisa menekan kuat ke arah lubang pintu mobil. Bila pintu masih belum terbuka ulangilah menekan bola tenis yang sedang berlubang itu ke arah tekanan yang lebih kuat secara perlahan pintu mobil tersebut akan terbuka.

  • Cara untuk membuka pintu mobil yang terkunci yaitu dengan menggunakan jasa pembuat kunci mobil

Cara yang terakhir dalam membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam adalah dengan anda memanggil jasa pembuat atau pun duplikasi kunci. Ini termasuk langkah terakhir yang juga sangat mudah anda lakukan . 

 

Baca Juga :  Jenis Lampu Mobil HID, LED, Halogen Ketahui Perbedaan dan juga Kelemahannya
Artikel Terkait: Cara Membuka Kunci Mobil - Cara Membuka Pintu Terkunci - Cara Membuka Pintu Yang Terkunci - Cara Membuka Pintu Yang Terkunci Dari Dalam - Kunci Mobil Tidak Bisa Dibuka - Membuka Pintu Mobil Terkunci - Mobil Terkunci Dari Dalam - Pintu Mobil Tidak Bisa Dibuka - Pintu Terkunci Dari Dalam- Cara Membuka Pintu Mobil Yang Terkunci Dari Dalam - Cara Membuka Pintu Mobil Yang Terkunci - Cara Membuka Pintu Mobil Terkunci - Cara Membuka Kunci Mobil Yang Terkunci - Cara Membuka Kunci Mobil Yang Terkunci Dari Dalam - Cara Membuka Mobil - Cara Membuka Mobil Yang Terkunci - Cara Membuka Mobil Yang Terkunci Dari Dalam - Cara Membuka Mobil Yg Terkunci Otomatis - Cara Membuka Pintu Mobil - Cara Membuka Pintu Mobil Dari Dalam -