Jika Lampu Mobil Anda Mati, Beginilah Cara Pengecekan Yang Benar!

Jika Lampu Mobil Anda Mati, Beginilah Cara Pengecekan Yang Benar!

Jika Lampu Mobil Anda Mati, Beginilah Cara Pengecekan Yang Benar!

Dalam aksesoris mobil, lampu mobil adalah komponen yang termasuk cukup vital terutama ketika kondisi mengemudi di malam hari. Tentu tanpa adanya lampu akan menyebabkan resiko berkendara menjadi semakin tidak aman.

Dan mungkin saja anda juga ditilang oleh pihak yang berwajib atau mungkin juga anda bisa mengalami kecelakaan karena tidak dapat melihat jalan dan juga objek disekitar dengan jelas. 

Maka untuk itu dengan adanya lampu mobil, Anda pun bisa lebih aman ketika berkendara. Baik pada siang hari atau juga pada malam hari apalagi saat  hujan deras sekalipun, lampu mobil itu pun sangat penting anda butuhkan.

Lalu jenis lampu mobil apa saja  yang perlu anda ketahui? dan juga apa saja fungsi dari masing-masing jenis lampu tersebut? Mari simak penjelasan di berikut ini. 

Jika Lampu Mobil Anda Mati, Beginilah Cara Pengecekan Yang Benar!

Jenis Lampu Mobil dan Fungsinya

Ada banyak jenis lampu mobil yang juga telah disematkan di dalam kendaraan, khususnya pada bagian depan yaitu ada jenis lampu headlamp yang dimana lampu tersebut adalah bagian dari lampu utama, lampu senja dan juga lampu sein. Lalu masih ada lagi jenis lampu di bagian depan namun agak sedikit ke bawah, ada yang namanya lampu kabut. Dan juga di bagian belakang mobil,ada juga lampu rem, lampu sein dan lampu mundur. Disini mari segera kita bedakan setiap jenis lampu tersebut berdasarkan juga fungsinya yaitu :

  • Lampu mobil bagian depan

Pada letak lampu mobil depan atau headlamp memiliki 3 tipe mode utama yaitu lampu senja, lampu dekat dan juga lampu jauh. Dalam hal ini lampu-lampu tersebut juga memiliki fungsi yang berbeda. 

Jenis fungsinya adalah yaitu lampu senja yang juga disebut sebagai lampu kota, fungsinya adalah memberi tanda khususnya kepada kendaraan lain. Jika mobil yang anda telah berada di suatu lintasan yang juga sama. Anda pun pasti bertanya apakah lampu senja  Juga anda nyalakan ketika hari sudah mulai gelap atau cuaca sedang mendung? Jawabannya adalah anda harus menyalakan nya.

Fungsi lainnya yaitu, terdapat mode selanjutnya pada sebuah lampu mobil di bagian depan yaitu lampu dekat dan juga lampu jauh. Dikutip dari divisi humas mabes polri, untuk arah sinar lampu dalam kendaraan dapat juga anda atur dalam dua pilihan. Yaitu yang pertama adalah, low beam yaitu sinar lampu yang juga menyorot ke arah bawah bagian depan jalan yang anda lalui dalam berkendara atau biasa kita sebut lampu dekat. Kedua jenis lampu tersebut adalah High Beam. Yaitu sinar lampu mobil yang terletak pada high beam ini menyorot ke bagian arah tengah-depan jalan yang juga akan dilalui pengendara mobil (sejajar posisi lampu), atau juga  biasa kita sebut sebagai lampu jauh.

Letak lampu mobil dekat yaitu digunakan pada jalan-jalan yang mempunyai penerangan lampu jalan cukup, atau juga  yang ramai lalu-lintasnya. Sementara untuk lampu jauh, digunakan pada saat jalan-jalan yang tengah sepi dan juga sangat minim jenis lampu jauh dilarang digunakan pada saat di jalan-jalan yang telah padat lalu-lintasnya atau pun jika ada dari pengendara lain yang berbeda arah atau berlawanan arah.

Karena itu sinar terang pada lampu jauh tersebut dapat menyebabkan pengendara lain di depan telah terganggu penglihatannya karena silau dari cahaya lampu mobil anda. Untuk itu  orang yang akan  mengalami gangguan mata seperti astigmatisme atau biasa juga disebut dengan mata silinder, kesilauan dari cahaya lampu mobil tadi dapat dirasa akan lebih intense.

  • Lampu Senja

Berikutnya adalah lampu senja dimana Jenis lampu mobil yang satu ini sifatnya sangat kondisional. Yang berarti Cahaya yang dihasilkan dalam lampu ini  betul-betul tergantung pada tempat dan juga cuaca. Maka dari itu ketika anda sedang berada di daerah yang berkabut, sangat jelas jenis lampu ini sebaiknya digunakan. Lampu tersebut juga bisa disebut sebagai Fog Lamp ini, yang biasanya lampu ini terletak di bagian bawah pada bagian depan mobil. Dan Fungsi Fog Lamp di belakang mobil ini adalah untuk memberi suatu tanda kepada pengendara mobil lainnya, supaya mereka dapat bisa menjaga jarak satu dengan yang lainnya.

  • Lampu mobil bagian belakang

Pada bagian lampu belakang ini  bentuknya yaitu sangat beraneka ragam  dari jenis mobilnya. Bentuk lampu tersebut ada juga  yang berbentuk horizontal maupun bentuk lampu yang juga vertikal. Jika dilihat dari intinya, walaupun jenisnya yang berbeda bentuk desain lampunya, yaitu di bagian dalam lampu mobil bagian belakang selalu akan ada lampu rem, dan juga lampu sein dan lampu mundur. 

Anda pun pernah mengalami saat mobil yang telah menginjak pedal rem akan menyebabkan lampu mobil belakang akan berwarna merah. Apa saja fungsinya? Tentunya salah satu fungsinya yaitu untuk memberi sinyal kepada mobil di belakangnya agar mengurangi kecepatan mobil tersebut. 

Dengan penjelasan jenis lampu apakah anda sudah mengerti tentang jenis jenis lampu mobil yang terdapat pada kendaraan mobil.  

Dengan ini, apakah anda sudah mengerti bila salah satu lampu mobil ada yang mati dan juga tidak berfungsi?

Jika Lampu Mobil Anda Mati, Beginilah Cara Pengecekan Yang Benar!

Berikut hal yang perlu di cek ketika lampu mobil mati:

  • Sekring lampu mobil putus

Ini adalah salah satu penyebab lampu depan mobil telah mati yang juga seringkali kita temukan adalah dalam kondisi sekring yang telah putus. Dalam arus sekring kelistrikan yang berada dalam mobil biasanya arus listrik itu terkumpul dalam sebuah wadah kotak yang juga berada di bawah kanan  dengan setir mobil. Untuk itu anda harus bisa mencari sekring yang juga berkaitan dengan lampu tersebut dan segera cek kondisinya apakah kondisinya memang putus atau tidak. 

  • Relay

Pada saat kondisi kunci kontak sedang  dan juga aki sedang aktif maka anda dapat memastikan apakah penyebab dari lampu mobil  itu mati total. Ini  merupakan masalah untuk lampu besar mobil tersebut. Relay ini adalah kotak yang juga berfungsi untuk menghubungkan antara kabel dengan sumber listrik tersebut.

  • Bohlam lampu mobil mati

Dalam penyebab lampu mobil mati berikutnya dikarenakan lampu pada bohlam yang memang kondisinya telah mati.  Penyebab bohlam mobil mati adalah adanya pemasangan bohlam lampu yang salah. Contoh saja dalam pemasangan bohlam lampu yang terletak pada bagian kacanya memang harus segera dibersihkan dari kotoran atau pun minyak. 

  • Tegangan kelistrikan tidak stabil

Penyebab selanjutnya adalah pada sistem kelistrikan yang juga kurang stabil dapat seringkali menjadi faktor dalam menyebabkan bohlam lampu mobil tersebut sering putus. Dengan adanya sistem kelistrikan yang tidak stabil atau juga sistem yang terlalu tinggi dapat menyebabkan lampu depan mobil itu tiba-tiba mati total.Dan cara  memeriksanya, anda dapat menggunakan alat voltmeter . Jika tegangan listrik itu terlalu tinggi atau rendah, maka anda dapat mencoba alat untuk mengecek Listrik Yaitu aki mobil yang juga memang sudah soak atau pun sudah drop.

  • Kondisi soket lampu kotor atau kendor

Dalam Kondisi ini soket lampu yang telah kotor atau kendor juga akan menyebabkan  tersebut mudah rusak dan juga mudah putus.

Dikarenakan suplai pada listrik yang telah menuju lampu terhalang. Anda bisa mengecek pada bagian soket lampu,dan jika disana memang kotor maka bersihkan dan juga rapikan kembali soket lampu tersebut yang telah kendur. 

  • Switch lampu meleleh

Dalam kondisi lampu mobil yang seperti ini  seringkali mati hal itu dapat disebabkan karena kondisi lampu tersebut dalam keadaan switch leleh. Maka dari itu kondisi seperti ini juga biasanya pengemudi bisa merasakan saat mengoperasikan mobil. Maka dari itu Switch yang telah meleleh akan juga terasa seret saat anda hendak dijalankan. Maka dari itu untuk mengetahui gejala-gejala yang ada , maka cobalah anda untuk segera memeriksakan ke bengkel yang sudah anda percaya.

 


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *