Ini Beberapa Penyebab Bohlam Mobil Yang Sering Putus Dan Juga Solusi Dalam Mengatasinya

Ini Beberapa Penyebab Bohlam Mobil Yang Sering Putus Dan Juga Solusi Dalam Mengatasinya

 

Jika anda sering berkendara dengan mobil lalu kemudian lampu mobil sering mati pada saat di tengah jalan tentunya akan menjadi hal yang juga sangat menyebalkan, begitu juga jika lampu mobil tersebut matinya pada waktu malam hari. 

Akibat lampu mobil yang telah mati tersebut dapat disebabkan oleh filamen yang juga putus. Ada banyak faktor penyebabnya lampu bohlam mobil mati yaitu mulai dari panas, getaran dan juga arus listrik yang dipakai terlalu tinggi. Maka demikian, ini  juga tak lepas pada sebuah kualitas bohlam yang juga anda gunakan. Jika anda memakai bohlam yang harganya murah  bohlam tersebut tidak kuat untuk menahan dari panas sehingga bohlam tersebut menjadi mudah putus. Bahkan jika bohlam itu ada yang juga dinyalakan selama 3 jam dan ternyata bohlam tersebut langsung terputus.

Dalam kasus ini,  umur bohlam tentunya berbeda-beda dan juga dapat  dipengaruhi dari asal pabrik lampu tersebut.  Misalkan dalam sebuah bohlam  yaitu dengan pemakaian selama 4000 jam pemakaian,dan rata-rata 4 jam bohlam itu menyala setiap hari maka demikian umur bohlam tersebut bisa saja sampai 3 tahun. Tentunya itu adalah  kondisi idealnya . Pada saat sedang dalam pabrik  banyak faktor juga yang dipengaruhi oleh faktor-faktor lain untuk mempengaruhi umur bohlam itu sendiri. faktor cuaca juga dapat berpengaruh terhadap usia bohlam.

Dan juga getaran yang telah diakibatkan akibat jalan yang jelek itu juga telah memberikan pengaruh kepada lampu bohlam yang putus. maka untuk antisipasi hal tersebut anda cukup membawa bohlam cadangan saja di mobil. Hal itu bertujuan jika sewaktu-waktu nanti bohlam lampu mobil itu mati bisa diganti sendiri. Tapi di sini sering ditemui bawa mobil yang sering putus akibat tegangan listriknya yang terlalu tinggi kemudian berakibat filamen dari dalam kolam tersebut menjadi putus karena tegangan listrik yang juga tidak sesuai.

Tidak hanya hal di atas itu, faktor lainnya yang mempengaruhi bohlam lampu cepat putus ada di bawah ini : 

  • Ada Masalah Korsleting Yang Membuat Sekring Putus

Faktor pertama untuk lampu mobil yang mati bukan dari lampunya saja yang  sedang bermasalah. Hal tersebut bisa saja rangkaian lampu tersebut yang telah terputus, contohnya yaitu pada sekering lampu bohlam tersebut. 

Hal ini terjadi ketika sekering telah memutuskan rangkaian dari kelistrikan dan terjadi korsleting, sehingga jika anda telah mendapati lampu mobil tersebut tiba-tiba mati lebih baik anda segera cek dulu sekeringnya. 

jika terdapat ada yang putus, kami sarankan anda jangan langsung  mengganti bohlam tersebut. Itu karena sekring putus itu menandakan adanya korsleting listrik dari sepanjang rangkaian pada lampu tersebut. Anda pun dapat mencoba dengan mencari apakah ada kabel yang telah terkelupas atau juga dalam kondisi soket yang juga kurang normal.

Ini Beberapa Penyebab Bohlam Mobil Yang Sering Putus Dan Juga Solusi Dalam Mengatasinya

  • Ukuran Penggunaan fuse Yang Juga Terlalu Besar

Dalam hal ini jenis fuse atau juga sekering berfungsi dalam mengamankan rangkaian listrik yaitu dari sebuah aliran arus listrik besar yang juga bisa menimbulkan bahaya kebakaran. Dan untuk cara kerja fuse itu sendiri adalah dengan menggunakan sejenis kawat tipis yang ada batas kekuatan tertentu. 

Dengan demikian, kawat tersebut secara otomatis akan mengalami terputus karena ada aliran arus listrik yang telah melebihi kapasitas tersebut. Tetapi kebanyakan dalam hal ini tidak diketahui oleh banyak orang. 

apalagi jika ada masalah sekring yang telah terputus dan juga mereka telah mengganti fuse tersebut dengan kapasitas yang juga lebih tinggi ternyata hal tersebut akan tahan lama tetapi itu sama saja telah membiarkan arus besar listrik tersebut akan melewati rangkaian listrik maka arus sebesar ini dapat membuat filamen lampu bohlam tersebut gosong dan mengakibatkan lampu  tersebut mati. 

Oleh karena itu cara mengatasinya Yaitu anda dapat mencoba melihat sekringnya dan cocokkan dengan kapasitas dari aslinya yang terdapat pada tutup box sekring dan jika benar sekring terlalu besar maka anda pun harus segera mengganti sekring dengan ukuran yang harus sesuai.

 

  • Tegangan Kelistrikan Mobil Berlebihan

Untuk itu pada dasarnya aki dalam kendaraan umumnya memiliki tegangan 12 Volt. Tetapi tegangan tersebut bisa saja melonjak sampai tegangan 14 Volt pada saat mesin hidup, hal ini dikarenakan sistem pengisian aki tersebut sedang mengisi daya tampung baterai. Maka dari itu akibat dari lonjakan dalam tegangan tinggi ini maka semua sistem kelistrikan yang akan terhubung pada sebuah baterai akan juga dapat terpengaruh, akibatnya lampu tersebut lebih terang.

Dan Selain itu, lampu bohlam mobil juga  telah memiliki batas tegangan. seperti ada juga lampu yang tegangannya 12 Volt dan ada juga tegangan lampu 24 Volt. Dan pada mobil dapat menggunakan kelistrikan yaitu tegangan 12 Volt. Jadi lonjakan yang akan didapat akan menimbulkan aliran listrik berlebih pada lampu sehingga hal tersebut membuat filamen lampu bisa saja terbakar dan akhirnya lampu tersebut terputus. 

Tetapi pada jenis mobil injeksi pada umumnya mobil ini telah dilengkapi oleh aki dengan jenis voltage stabilizer yang Tegangan nya pun mencapai 14 Volt, tetapi sistem kelistrikan mobil tersebut adalah tetap dalam 12 volt. dan jika ditemukan kasus lampu tiba-tiba mati maka yang perlu dicek adalah regulator dan juga  pada aki kering nya yang soak atau tidak atau juga dapat menggembung maka disitulah permasalahannya.

 

  • Kualitas Lampu Tersebut Jelek

Banyak juga pemilik mobil yang telah tergiur dengan harga bohlam lampu murah dengan label bersinar terang yang juga telah berkualitas tinggi. Padahal mereka pun tidak menyangka kualitas lampu Salah satunya adalah dapat dilihat  dari kualitas lampu serta bisa dilihat dari harga. Mungkin jika memang benar, lampu mobil yang telah memiliki harga lebih murah bisa saja dapat mengeluarkan cahaya dengan intensitas cahaya yang lebih tinggi.

Tetapi anda pun juga mulai bertanya  bagaimana dengan ketahanannya dari lampu tersebut? Dalam lampu yang terang dan juga telah benar-benar awet tentunya akan memiliki harga yang juga relatif lebih mahal dibanding dengan jenis lampu lainnya. Karena itu anda harus bisa memperhatikan aspek dari ketahanan lampu tersebut. Dan apabila anda  tidak mau repot dalam membeli bohlam lampu karena lampu bohlam tersebut sering putus.

 

  • Karena Soket lampu meleleh

Dalam hal soket lampu itu pada dasarnya terbuat dari bahan material plastik dan juga karet sebagai sealnya. Untuk jenis bahan ini memang terbilang ringan dan juga ekonomis, tetapi apabila bahan tersebut panas bahan ini akan rentan meleleh. 

Panas tersebut bisa timbul karena faktor dari lampu itu sendiri, maka semakin terang lampu itu maka akan semakin besar juga  arus yang dibutuhkannya.  Ini Juga dapat berpotensi menimbulkan panas pada sekitar soket yang juga bisa melelehkan soket. 

Soket yang  juga bisa meleleh dapat membuat cengkraman soket tersebut kurang kencang, sehingga dalam hubungan terminal yang ada di dalam soket tersebut akan berpotensi kendor. Jadi hal tersebut yang telah membuat lampu bohlam tersebut terkadang mati dan terkadang hidup. Dalam soket yang dapat meleleh juga bisa memicu terjadinya adanya korsleting, sehingga Hal ini dapat mengakibatkan memutuskan rangkaian kelistrikan dari lampu bohlam tersebut.

 

Di Bawah Ini Tips Sederhana Agar Lampu Mobil Awet

Untuk membuat agar lampu mobil  dapat awet, sebenarnya yang perlu anda lakukan adalah dengan anda  menggunakan jenis lampu yang hemat tenaga dan juga dilengkapi dengan sinar yang maksimal. Contohnya LED. Maka meskipun lampu LED tersebut telah mengkonsumsi daya listrik yang sedikit tetapi sinar yang di dapat juga tidak akan kalah terang dengan lampu tipe bohlam.  

 

Artikel Terkait: Bohlam Lampu Mobil - Lampu Mobil - Bohlam Mobil - Harga Bohlam Lampu Mobil - Tipe Bohlam Mobil - Tipe Bohlam Lampu Mobil - Tipe Bohlam Lampu - Tipe Bohlam - Penyebab Lampu Mobil Sering Putus - Tipe Lampu Bohlam- Lampu Mobil Sering Putus - Bohlam Lampu Tipe - Lampu Bohlam Mobil - Jenis Bohlam Mobil - Jenis Bohlam Lampu Mobil - Harga Bohlam Mobil - mengatasi ground bohlam-