Apa Itu Reksadana Yuk Kenali Definisi dan Jenisnya.png

Apa Itu Reksadana? Yuk Kenali Definisi dan Jenisnya

Apa Itu Reksadana? Yuk Kenali Definisi dan Jenisnya

Pengertian Reksadana – Jika Anda ingin berinvestasi, tetapi memiliki sedikit pengetahuan tentang dunia investasi, saya sarankan Anda mulai berinvestasi di reksadana. Menurut Wikipedia, reksadana memiliki arti sebagai wadah dan gaya pengelolaan dana atau modal bagi sekelompok investor yang ingin menanamkan modalnya pada sarana investasi yang tersedia di pasar modal dengan cara membeli unit instrumen reksa dana yang tersedia.

Ada banyak alasan mengapa saya sangat merekomendasikan investasi reksadana bagi para pemula di luar sana, salah satunya karena dikelola langsung oleh manajer investasi yang berpengalaman. Selain itu, instrumen untuk berinvestasi di reksadana pun otomatis terdiversifikasi.

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dengan berinvestasi di reksadana adalah modal awal yang kecil, prosedur penukaran yang mudah, dan yang terpenting bebas pajak.

 

Apa Itu Reksadana Yuk Kenali Definisi dan Jenisnya.png

Jenis Dana Investasi Reksadana

  • Reksadana Investasi Pasar Uang

Reksadana pasar uang merupakan salah satu jenis produk reksadana yang dieksekusi dalam bentuk instrumen pasar uang. Jika Anda ingin berinvestasi dalam jangka pendek atau kurang dari satu tahun, saya sangat merekomendasikan reksa dana jenis ini untuk Anda. Ada banyak keuntungan yang harus Anda ketahui tentang reksa dana pasar uang, seperti memiliki profil risiko yang lebih rendah dibandingkan jenis reksa dana lainnya.

  • Reksadana Pendapatan Tetap

Reksa dana pendapatan tetap merupakan salah satu jenis produk reksadana yang menginvestasikan asetnya dalam bentuk obligasi atau surat utang. Besaran risiko reksadana lebih tinggi jika dibandingkan dengan reksadana pasar uang. Tahukah Anda, meski memiliki profil risiko yang cukup tinggi, produk investasi reksadana ini sangat populer di kalangan investor.

  • Reksadana saham

Kemudian yang terakhir adalah reksadana saham. Reksadana saham adalah jenis produk reksadana yang menginvestasikan 80% uangnya di saham. Di antara semua jenis investasi, reksadana saham adalah salah satu jenis produk reksadana terbaik. Pasar reksadana saham memiliki risiko yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan produk investasi lainnya. Maka tidak heran jika kebanyakan orang berinvestasi di reksadana sebagai uang jangka panjang.

Mungkin itu saja informasi yang dapat saya bagikan pada artikel kali ini. Jika informasi dalam artikel ini sangat bermanfaat, Anda dapat membagikan artikel ini kepada orang lain

 


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *