Ini 4 Ciri Komponen Kaki-Kaki Mobil yang Telah Rusak Yang Perlu Anda Tahu!

Ini 4 Ciri Komponen Kaki-Kaki Mobil yang Telah Rusak Yang Perlu Anda Tahu!

 

Bagi Anda yang saat ini hendak ingin membeli mobil bekas harus memperhatikan beberapa hal berikut. 

Dalam memilih mobil bekas Anda tidak hanya melihat dari kondisi mesin, bodi, atau juga segi pajak nya. Karena dalam kondisi komponen lainnya anda juga perlu memberikan perhatian terhadap kaki-kaki mobil yang juga penting. Tentu saja hal tersebut tidak boleh dilupakan. 

Lalu bagaimana mengecek komponen kaki-kaki mobil ada mobil bekas? Simak caranya

 

Baca Juga :  Cara Aman dan Benar Menyalip Kendaraan di Depan Agar Terhindar Kecelakaan

Setelah dilakukan pengecekan ternyata  penyakit dari komponen yang terletak dari kaki-kaki mobil itu sebagian besar berada di bagian Rack Steer. Maka untuk itu bagian ini wajib diperiksa terlebih dahulu karena hal ini memang paling rentan dalam mengalami kerusakan, terutama jika untuk kendaraan yang tentunya sudah berusia tidak terlalu tua yang juga telah menggunakan sistem elektrik. 

Selain pada Rack Steer, suatu bagian dari komponen kaki-kaki mobil yang juga sering mengalami kerusakan terdapat pada Tie Rods dan juga long tie rod. Bagi sistem mobil yang belum ada sistem elektrik yang terletak pada kemudinya, yaitu seperti mobil-mobil pada tahun tua.  

Selain itu dalam bagian komponen kaki-kaki mobil bisa terbilang akan lebih awet. Dan juga untuk ketahananya dapat mencapai kurang lebih 6 tahun. Hal itu disebabkan karena sistem yang lelah  digunakan itu akan berbeda tentunya dengan kondisi mobil yang masih baru. 

Dalam jenis mobil lama atau pun bekas yang sudah cukup berumur, bagian dari komponen kaki-kaki mobil tersebut masih juga menggunakan minyak. Dan juga jika untuk mobil muda biasanya bagian pada komponen kaki-kaki mobil tersebut sudah menggunakan motor sehingga berakibat akan lebih cepat rusak.

 

Baca Juga :  Rekomendasi Merk Ban Mobil Untuk Iklim di Indonesia Yang Bagus dan Berkualitas

Berikut ini komponen Kaki – Kaki Mobil Yang Juga Menjadi Bagian Wajib Untuk Diperiksa

 

Jika anda telah merasa kendaraan anda sudah tidak nyaman saat sedang dikendarai, maka dari itu kami sarankan anda untuk ikut dalam melakukan pemeriksaan terutama pada bagian komponen kaki-kaki mobil. Berikut ini adalah 4 Bagian Komponen Kaki-Kaki yang Wajib Dicek

  • Komponen Bagian Kaki-Kaki Mobil Pada Bagian Suspensi

 

Baca Juga :  Ingin Beli Daihatsu Rocky Alternatif Harga Termurah dan Ingin Tahu Punya Fitur Apa Saja? Simak Ulasannya!

suspensi pada komponen mobil ini berfungsi juga untuk meredam dari segala goncangan yang terjadi terutama akibat tekstur jalanan yang tidak rata seperti jalanan berlubang dan juga kondisi jalan lainnya.  

Suspensi itu sendiri terbuat dari bahan dasar baja yang anti karat sehingga dapat memiliki daya tahan yang terbilang sangat tinggi. Dalam indikator mobil yang dapat menyala telah mengindikasikan adanya sesuatu yang salah pada dari salah satu bagian pada mobil.

Untuk itu sebaiknya anda pahami dahulu tandanya dan juga segeralah anda lakukan pengecekan supaya Anda dapat berkendara dengan aman. Hal itu juga berpengaruh Jika mobil tersebut akan digunakan dalam jangka waktu yang telah terlalu lama atau juga terlalu sering anda gunakan, daya redam dari suspensi tersebut tentunya akan menjadi menurun. 

Dengan demikian jika saat mobil anda hendak dikendarai akan terasa limbung. Kondisi ini berarti akan semakin terasa jika anda menggunakan mobil tersebut dengan menggunakan kecepatan yang tinggi. Maka cara yang paling mudah dalam mendeteksi kerusakan pada bagian ini adalah Anda dengan memacu mobil dengan kecepatan tinggi pada jalur yang lurus kemudian jika mobil tersebut terasa akan limbung maka mobil tersebut sudah waktunya untuk mengganti shockbreaker mobil tersebut.

  • Komponen Pada Kaki-kaki Mobil Terletak Pada Bagian Bushing Arm

 

Baca Juga :  Situs Jual Beli Mobil Bekas Selain Situs OLX Yang Populer di Indonesia

Pada bagian bushing arm yaitu bagian kaki-kaki mobil yang juga fungsinya sebagai titik tumpu pada roda dan juga lengan pencengkeram roda mobil. Dalam Komponen ini juga dapat berbentuk selongsong besi dan juga bisa disokong oleh karet. 

Fungsi dari alat ini juga dapat bertanggung jawab untuk meredam getaran yang juga terjadi pada sambungan yang terdapat pada komponen suspensi di bagian kaki-kaki mobil.

Jika bushing arm mengalami kerusakan maka kondisi mobil tersebut tidak akan nyaman untuk dapat dikendarai. Di samping itu, suara bisingnya juga akan membuat berkendara menjadi tidak nyaman. 

Ada beberapa cara untuk mendeteksi kerusakan ini caranya adalah yaitu dengan mengamati arah laju mobil yang akan anda kendarai jika saat itu terasa melenceng ke arah kanan atau juga ke arah kiri maka komponen mobil ini sebaiknya harus segera diperbaiki.

  • Pada Komponen Dalam Kaki-Kaki Mobil Bagian Bearing

 

Baca Juga :  Perbedaan Mobil Baru dan Mobil Bekas, ini Pertimbangannya Sebelum Membeli

Ini adalah bagian yang terpenting dari kaki-kaki mobil yang berikutnya yaitu bearing. Dalam komponen ini juga merupakan salah satu sebuah komponen yang telah bertugas untuk menjadi sebuah bantalan di dalam roda.  Hal ini pun dapat  sangat mempengaruhi dalam putaran roda mobil anda.  

Bearing ini juga akan memberi pengaruh yang penting terhadap kestabilan laju dari sebuah mobil. Dan untuk itu cara yang tepat untuk dapat mendeteksi kerusakan pada sebuah mobil ini adalah dengan anda lebih memperhatikan suatu putaran roda satu per satu. Caranya yaitu dongkraklah ban mobil anda satu per satu dan anda putarlah secara manual. hal tersebut akan terasa ada suara gemuruh atau juga bising berarti dalam bearing mobil anda telah mengalami masalah. 

Dalam hal ini segeralah anda mengganti bearing mobil anda dengan yang baru jika memang ternyata waktu pengujian terdapat masalah.

  • Bagian Ban Pada Mobil

 

Baca Juga :  Harga Tiket Sirkuit Mandalika dan Cara Membeli Tiket

kita pun sudah membahas di atas tentang komponen kaki-kaki mobil. Begitu juga halnya dengan komponen kaki- kaki mobil maka tidak akan bisa terlepas dari sebuah ban. Jika anda sedang melakukan perjalanan panjang biasanya pada satu bagian mobil yang akan terasa dampaknya yaitu pada sebuah ban mobil. 

Semua ini dikarenakan ban mobil tersebutlah yang mendapatkan gesekan secara langsung dari aspal dan juga ban yang telah bekerja paling keras dalam sebuah komponen mobil.

Maka dari itu jika anda akan melakukan pemeriksaan pada kaki-kaki mobil seperti rak steer, tie rod dan long tie rod yang telah mengalami kerusakan kami sarankan agar tidak memperbaiki atau mengakalinya karena semua itu dipastikan akan mendapat kondisi yang sama alias Anda pun tidak akan nyaman ketika anda mengendarai mobil tersebut.

Fungsi dari perawatan ban sangatlah penting untuk dapat dilakukan bagi setiap pemilik mobil. Adapun cara termudah untuk merawat ban yaitu dengan anda melakukan rotasi ban. Untuk itu Rotasi ban adalah cara yang paling aman dalam menjaga keawetan dan juga kenyamanan ban mobil anda ketika anda hendak berkendara.

 

Baca Juga :  Minyak Rem Mobil Bekas Harus Diganti Setiap 40.000 Km dan Inilah Alasannya

Dengan demikian, itulah bagian kaki-kaki mobil yang perlu Anda rawat dan anda jaga. Semoga info dari kami dapat bermanfaat untuk anda semuanya.