Cara Mudah Menggunakan Peta Digital Agar Tidak Tersesat di Jalan Buntu atau Hutan

Cara Mudah Menggunakan Peta Digital Agar Tidak Tersesat di Jalan Buntu atau Hutan

Cara Mudah Menggunakan Peta Digital Agar Tidak Tersesat di Jalan Buntu atau Hutan

 

Saat ingin bepergian, kini Anda sudah terbiasa menggunakan peta digital untuk menemukan cara terbaik mencapai tujuan.

 

Selain lebih praktis, penggunaan peta digital juga dapat menghemat waktu. Karena Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu di jalanan menanyakan alamat orang lain.

 

Namun, saat ini masih ada laporan pengguna jalan yang menggunakan aplikasi peta digital untuk mempermudah perjalanan namun malah tersesat. Oleh karena itu, ada beberapa tips bagi Anda untuk memudahkan pengoperasian peta digital 

 

Berikut cara termudah menggunakan peta digital:

 

1. Atur peta sesuai kebutuhan

 

Pastikan untuk menyesuaikan pengaturan peta digital sesuai kebutuhan. Cara termudah adalah memastikan bahwa moda transportasi yang digunakan adalah mobil agar tidak melewati jalan sempit yang hanya cocok untuk pengendara sepeda motor atau pejalan kaki. Pelajari juga menu dan fitur lainnya seperti opsi menggunakan jalan tol.

 

2. Tahu rute yang tepat

 

Ini adalah langkah yang paling penting untuk dilakukan. Setelah memasukkan alamat tujuan, jangan langsung meluncur ke situs. Baca di depan jalur yang ditunjukkan oleh peta digital untuk melihat ke mana harus mengarahkan untuk memberikan gambaran tentang jalur yang ditunjukkan untuk mencegah tersesat.

 

Lihat juga apakah jalur tersebut jalan utama atau jalan kecil, termasuk apakah jalan tidak berujung? 

 

Jika demikian, Anda hampir pasti akan diarahkan melalui jalan berbukit. Jangan bingung, perhatikan situasi lalu lintas jalan yang ditandai dengan warna jalur yang dipilih. Cari tahu rute alternatif abu-abu, siapa tahu jalan akan lebih akrab, nyaman dan lebih cepat.

 

3. Ikuti peta dan tetap waspada

 

Cobalah untuk fokus melihat ke jalan dan tidak terlalu menatap layar ponsel karena berbahaya. Anda dapat lebih fokus pada perintah suara yang datang dengan arah yang diinginkan dari aplikasi peta digital sehingga fokus mengemudi Anda tidak terganggu. Jangan bertindak seenaknya, seperti mundur atau dipaksa keluar di gerbang tol yang Anda lewatkan.

 

4. Lihat Patokan Legenda Tempat atau Jalan

 

Secara umum, peta digital memberikan legenda yang membuat peta lebih mudah dibaca dan dapat digunakan sebagai patokan petunjuk arah jalan. Selain itu, perhatikan rambu penunjuk arah yang tersedia. Jangan percaya 100% pada peta digital, sebaiknya pelajari rambu-rambu yang ada mengingat keakuratan aplikasi peta digital di Indonesia yang masih perlu ditingkatkan.

 

“Peta digital dibuat untuk memudahkan pengguna kendaraan. Namun, Anda juga harus memahami cara menggunakannya agar tidak mengalami masalah seperti tersesat. Selain itu, pastikan kendaraan dalam kondisi prima agar dapat mengikuti rute yang diberikan hingga sampai di tujuan dengan selamat,”


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *