Berikut ini Ciri Dari Freon AC Mobil Habis dan Juga Solusi Mengatasinya

Berikut ini Ciri Dari Freon AC Mobil Habis dan Juga Solusi Mengatasinya

Berikut ini Ciri Dari Freon AC Mobil Habis dan Juga Solusi Mengatasinya

 

Perlu anda ketahui Freon adalah termasuk elemen penting yang ada pada sistem AC, baik untuk AC rumah ataupun jenis AC didalam mobil. Gas Freon ini juga dapat berperan sebagai sumber pendingin udara terutama pada letak ventilasi AC Sehingga jika AC mobil freonnya telah habis,maka untuk itu sudah jelas akibatnya AC mobil pun tersebut akan tidak terasa  dingin.

Untuk itu dalam hal kebocoran gas freon ini bersifat sulit sekali terdeteksi. Karena dalam freon itu gas yang ada di freon itu mudah sekali menguap bahkan di temperatur dingin sekali pun. Maka dari itu dengan adanya lubang kecil yang terdapat pada selang AC, maka dari itu bagi freon tidak butuh lama untuk menguap semuanya. Dan ketika freon habis, maka dari itu secara otomatis anda harus mengisi freon yang baru. 

Dan jika anda langsung isi freon di bengkel AC, maka demikian dalam waktu yang sebentar freon itu pun akan langsung cepat habis lagi karena ada bagian bocor pada selang AC yang belum diperbaiki, maka langkah awal yang perlu anda lakukan adalah memperbaiki selang yang bocor terlebih dahulu setelah itu baru mengisi freon tersebut. 

Dalam hal lain yang menjadi sedikit membingungkan adalah tentang gejala AC yang mengakibatkan AC tidak dingin itu tidak hanya karena faktor freon habis. Anda pun akan menjadi kebingungan jika  AC di mobil anda tidak dingin, anda tentu saja akan mengira jika isi freonnya habis. 

Setelah anda akan mengisi freon tersebut, anda pun mendapati bahwa freon di dalam mobil masih penuh ? Tentu anda pun merasa kecewa dan juga menjadi sia-sia freon yang sudah kita beli. Maka sebab itu, dalam artikel ini akan kami jelaskan tanda-tanda jika freon AC mobil akan habis.

 

 Adapun Ciri Freon AC Mobil Habis 

  • Jika di dalam mobil AC hanya akan keluar angin Dan Juga tidak dingin

Berikut ini Ciri Dari Freon AC Mobil Habis dan Juga Solusi Mengatasinya

Saat anda hendak menyalakan AC,maka dengan sekejap udara yang telah berhembus berasal dari ventilasi udara yang juga telah memiliki suhu yang dingin. Tentunya lebih dingin dari suhu kabin. Tetapi jika  AC tersebut bermasalah, jika anda sudah menyetel selektor suhu AC menjadi temperatur suhu yang paling dingin, udara yang tentunya akan berhembus dari ventilasi  tersebut  menghasilkan suhu yang sama atau pun tidak bertambah dingin. 

Maka dari itulah hal ini menandakan  gejala yang tidak beres dengan khusus nya dengan sistem AC mobil anda, ataupun bisa saja kompresor AC yang rusak, magnetic clutch yang rusak, atau juga bisa dari pendinginnya yang mati, atau karena freon habis. Jika pun freon tersebut habis, maka kondisi semuanya seolah akan berjalan dengan normal. Dan jika pun saat AC sedang dinyalakan, akan terdengar bunyi ketukan yang juga dapat menandakan kompresor AC bekerja dengan RPM maka dari itu mesin juga naik serta kipas pendingin tidak menyala. Tetapi jika hembusan angin tersebut tidak dingin, dan ini pun mengartikan bahwa freon AC mobil tersebut telah habis.

  • Kompresor AC tidak berhenti bekerja saat AC On

 

Selain itu ada juga masalah sistem AC, yaitu dimana ketika saklar AC tersebut telah dinyalakan maka dari itu magnetic clutch terus tetap saja terhubung. Dan normalnya, magnetic clutch tersebut akan dapat terhubung saat saklar AC  telah dinyalakan. Tapi dalam magnetic clutch akan juga bisa terbebas dari dalam interval pada saat waktu tertentu ketika tekanan freon tersebut sudah maksimal. 

Mungkin juga anda pun telah sering menemui ketika kondisi dimana suara ketukan dari ruang mesin sering muncul ketika AC telah dinyalakan.

Tetapi jika anda telah menemukan kondisi dimana magnetic clutch dari awal AC ON itu terus saja tersambung, maka itu pun menjadi tanda bahwa freon AC tersebut habis.

Semua ini pun telah disebabkan ketika freon habis karena adanya kebocoran, maka otomatis di dalam selang AC itu akan segera dipenuhi oleh udara. Karena sifat udara  itu dapat mudah dikompresi. Dibandingkan dengan freon, udara tersebut lebih mudah dikompresi sehingga saat kompresor sedang bekerja, hal itu hanya akan memompa udara biasa.

Dikarenakan pada kondisi udara lebih mudah dikompresi,maka dari itu tekanan udara  yang akan di stel pada selang high pressure pun tidak dapat menuju maksimal. Karena pressure switch tersebut belum dapat  memutuskan magnetic clutch karena tekanannya juga belum bisa sampai dengan maksimal. Tetapi hal itu sangat berbeda dengan freon yang jenis nya akan lebih padat, Jika  diberi tekanan sedikit saja maka tekanan tersebut bisa langsung naik.

  • Tidak ada freon di sight glass

Berikut ini Ciri Dari Freon AC Mobil Habis dan Juga Solusi Mengatasinya

Dari kedua ciri diatas, anda pun dapat merasakan suhu yang berbeda jika di dalam kabin mobil saat AC dinyalakan. Jika anda telah menemukan kondisi seperti diatas, maka yang harus anda lakukan adalah segera turun dan juga segera membuka  kap mesin untuk mengecek sirkulasi Ac tersebut.

Jika anda telah mengecek AC dalam keadaan kondisi mesin masih hidup dan AC dinyalakan, anda juga dapat  melihat pada sight glass ini. Dan jika memang freon masih ada, maka demikian akan ada cairan yang juga dapat mengalir. Tetapi jika freon tersebut habis, maka tidak ada apa-apa yang akan mengalir di balik sight glasst tersebut.

  • Tidak ada embun pada selang low pressure AC

Selanjutnya, dapat anda lihat pada suatu ruang mesin. Maka untuk Kali ini anda perhatikan selang-selang AC dari mobil anda. Dan disana terdapat dua buah selang dari kompresor yaitu selang high pressure yaitu dengan bentuk yang lebih kecil dan juga mengarah dari kompresor menuju ke kondensor tersebut.

 

Yang kedua adalah selang low pressure yaitu dengan bentuknya yang juga lebih besar mengarah dari evaporator atau di dalam kabin yang telah menuju kompresor.

Maka untuk itu saat AC dihidupkan dengan normal saat itu akan terbentuk embun pada selang low pressure. Bentuk hubungan ini merupakan hasil dari perbedaan suhu yaitu antara suhu yang terdapat dalam selang low pressure yang juga dengan  suhu mesin yang terbilang panas.

Begitu juga sebaliknya jika tidak terbentuk embun atau anda hendak  meraba tidak terasa dingin maka berarti AC Anda kehabisan freon.

 

Lalu Apa Solusinya jika Freon AC itu Habis ?

 

dapat dilihat dengan keterangan di atas bahwa jika anda mengisi freon anda perlu mencari tahu dulu penyebab mengapa freon AC AC anda habis. Hal itu bertujuan untuk mengetahui jika ada letak kebocoran dalam freon secara pasti dan juga beberapa cara yang dapat digunakan.

Caranya yaitu dengan anda dapat menggunakan air sabun. Dengan cara tradisional ini bisa terbukti Anda dapat mencari letak kebocoran freon.

Hal tersebut dilakukan dalam kondisi mesin sedang keadaan menyala dan AC harus keadaan on lalu oleskan air sabun tersebut secara merata pada setiap saluran AC. Dan jika ada kebocoran pastinya segera akan ada gelembung gelembung pada selang yang bocor tersebut.

Adapun cara yang kedua yaitu dengan menggunakan alat Leak detektor. Cara ini adalah dengan menggunakan cairan seperti tinta yang khususnya akan dimasukkan ke dalam saluran selang AC dan kemudian hasil tersebut dinyalakan tunggu selama beberapa menit setelah itu saluran AC Anda senter dengan ultrasonik maka demikian cairan tinta yang akan dimasukkan akan menunjukkan lokasi selang yang telah bocor tersebut.

Dan untuk cara yang terakhir, anda dapat lakukan dengan cara tanpa alat apapun. Cara tersebut yaitu dengan anda  memperhatikan setiap centi selang AC. Dan jika ada rembesan,dari selang tersebut. Hal itu bisa terjadi akibat dari bekas kebocoran freon tersebut.  Tetapi hal tersebut dapat  dilakukan kalau freon terus baru saja bocor, Dan jika sudah kelamaan bocor maka bekas rembesan itu tidak akan mengering sehingga akan sulit dideteksi.

 


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *